Harga Terra e-Bike S750, Review & Spesifikasi Maret 2017

Harga Terra e-Bike S750 dan Spesifikasi – Jika melihat perkembangannya, kendaraan listrik merupakan masa depan manusia modern. Tentunya hal ini tak lepas dari kesadaran akan lingkungan yang semakin rusak akibat bahan bakar fosil. Melihat hal tersebut, Terra sebagai pemain otomotif dunia akhirnya mencetuskan produk apiknya dengan branding Terra e-Bike S750. Bisa dibilang pasaran yang disasar Terra untuk skuternya ini cenderung unik. Pasalnya, untuk kendaraan listrik sejauh ini bisa dibilang lebih disasarkan pada segmen roda empat. Memang, hal yang paling dipikirkan adalah lokasi baterai yang nampaknya terlalu jumbo untuk disematkan ke dalam roda dua. Namun nampaknya hal tersebut tidak berlaku bagi Terra e-Bike S750 ini. Buktinya, varian skuter ini sudah siap melenggangkan rodanya di jalanan umum. Tak heran orang menjadi bertanya-tanya sekuat apa Terra e-Bike S750 ini jika harus menapaki jalan kehidupannya di aspal. Jika menilik lebih jauh, konsep yang dihadirkan oleh Terra terhadap produknya kali ini tidak diakui sebagai skuter listrik dengan jargonnya, ‘This is Why E-bike not E-Scooter’. Walaupun demikian, jika sepeda motor adalah sepeda yang diberi motor, maka tak ada salahnya apabila menyebut sepeda yang diberi motor listrik juga disebut sepeda motor. Karenanya, segmen e-bike dan e-scooter dari Terra e-Bike S750 ini tak perlu diperdebatkan jangka panjang.

terra e bike s750

Masih berhubungan dengan hal tersebut, Terra e-Bike S750 ini didatangkan langsung dari Jepang ke Indonesia melalui PT Jaya Mimika Lestari (JML) dengan memberikan tampilan yang cukup menarik dan terkesan futuristik. Meskipun disuguhkan dalam segmen skuter listrik dan bentuknya agak sedikit berbeda dari skuter umum kebanyakan namun skuter besutan Terra Motors ini tetap merupakan  skuter mewah dan berkelas. Pasalnya, Terra e-Bike S750 ini sudah dilengkapi dengan beberapa fitur menarik dan canggih seperti penunjuk digital yang futuristik, dengan menampilkan indikator kecepatan, jarak tempuh, dan status baterai. Bahkan, skuter ini juga dilengkapi dengan pedal sebagai pengganti jika tenaga baterai habis. Sebagai ‘bensin’ utamanya, Terra e-Bike S750 ini mengandalkan baterai Lead-Acid Battery 48V12Ah removable yang bisa dicharge hanya dalam waktu kurang lebih 5 jam. Baterai tersebut mampu menghasilkan tenaga dengan daya kecepatan hingga 50 km/jam. Tak hanya itu saja, dalam sekali pengisian saja, baterai bisa bertahan hingga jarak 50 km. Lalu, apa lagi ya menariknya skuter listrik ini? Berhubungan dengan hal tersebut, pada sesi kali ini Mas Sena akan memberikan informasi secara lengkap serta rinci mengenai spesifikasi dan harga Terra e-Bike S750. Yuk, kita simak bersama.

motor terra e bike s750

Review Terra e-Bike S750

Desain

Desain Minimalis Namun Tampilkan Aura Futuristik

Pada awal pembahasan kali ini, Mas Sena akan mengawalinya dengan mengulas pada sektor luar yang disuguhkan oleh spesifikasi Terra e-Bike S750 ini. Memang, tampilan dari skuter listrik asal Negeri Sakura ini terlihat sedikit berbeda dengan skuter lain pada umumnya yang dipasarkan di Tanah Air saat ini. Namun, meskipun demikian, skuter listrik ini merupakan salah satu jenis skuter mewah yang bergaya minimalis namun memperlihatkan aura futursitik. Pasalnya, Terra e-Bike S750 ini mengusung desain yang cukup bersahabat dan elegan. Hal tersebut tampak terlihat pada bentuk bodi yang ramping, mungil, dan hampir menyerupai skuter matik sehingga semakin terlihat unik. Selain itu, aura sporty juga tampak sedikit terlihat dengan beberapa garis lekukan tegas pada bodi samping dari Terra e-Bike S750 tersebut. Lalu, desain lampunya depannya pun dirancang juga menampilkan aura yang elegan dan modern dengan bentuk yang menyerupai segitiga tumpul pada setiap sudutnya. Ditambah pula dengan lampu sein yang terpasang manis di sudut atas kanan kiri bagian depan pada bodi yang semakin mempercantik skuter listrik ini. Menginjak pada bodi belakang, Terra e-Bike S750 pun juga memperlihatkan desain yang cukup unik dan menarik dengan terpasangnya stop lamp yang menyatu dengan lampu sein belakang. Tak sampai di situ, bentuk jok yang disematkan dalam spesifikasi Terra e-Bike S750 inipun tampak terlihat minimalis seimbang dengan bentuk bodinya yang mungil dan ramping.

spesifikasi terra e bike s750

Speedometer

Panel Indikator yang Fashionable dan Berteknologi Tinggi

Selanjutnya, pada pembahasan di segmen ini, Mas Sena akan mengulas pada sektor panel indikator yang disematkan dalam spesifikasi Terra e-Bike S750. Meskipun sebagai skuter listrik, jangan diremehkan begitu saja. Fitur indikator dari Terra e-Bike S750 ini pun juga tak kalah modern dan menarik dengan skuter-skuter lainnya. Pada sektor ini, Terra e-Bike S750 sudah dibekali dengan panel indikator electric scooter yang dirancang dengan gaya desain yang lebih fashionable dan futuristik. Hal tersebut tampak dari bentuknya yang sedikit membulat dan mungil dengan tampilan lampu penerang indikator berwarna biru sehingga semakin menambah aura yang lebih elegan. Lalu, pada panel indikator dari Terra e-Bike S750 ini juga dipersenjatai dengan beberapa fitur yang canggih dan modern. Pada panel indikator ini, Terra e-Bike S750 mengandalkan indikator digital (digital display) yang menampilkan jarak tempuh, status baterai dan indikator kecepatan yang bisa dilihat dengan jelas pada panel ini. Sehingga, pengendara lebih mudah memahami informasi yang ditampilkan pada indikator digital tersebut. Bisa dibilang panel yang dilekatkan dalam spesifikasi Terra e-Bike S750 ini minimalis namun tetap informatif.

spesifikasi motor terra e bike s750

Dimensi

Dimensi Mungil dan Lebih Slim Tampilkan Kesan yang Unik

separator

Lanjut pada pembahasan berikutnya, kita akan mengulas sektor dimensi dari spesifikasi Terra e-Bike S750. Sudah kita ketahui sebelumnya bahwa skuter listrik ini telah mengusung bentuk bodi yang miimlais dan futuristic. Kemudian, pada dimensinya pun juga dirancang serupa dengan gaya rancang yang lebih slim. Pada bodinya, Terra e-Bike S750 memiliki ukuran dimensi dengan panjang 1.770 mm, lebar 680 mm, dan tingginya mencapai 1.050 mm. Dengan melihat ukuran dimensi tersebut, tampaknya bentuk bodinya terlihat akan lebih ramping dan mungil sehingga akan lebih mudah untuk bermanuver di jalan atau pun menerobos kemacetan. Terra e-Bike S750 juga memiliki ketinggian jok setinggi 730 mm di mana dengan ukuran tinggi tersebut akan mempemudah pengendara dalam mengendarai skuter listrik ini. Selain itu, dengan bobot 59 kg menjadikan skuter ini tidak terlalu tinggi dan sesuai dengan tinggi orang Indonesia secara umum sehingga akan lebih mudah dikendarai. Bahkan, Terra e-Bike S750 ini pun juga memiliki ground clearance 120 mm. Sehingga, dengan jarak tanah seperti itu cukup membantu bagi orang yang bertubuh tidak terlalu tinggi untuk menunggangi skuter ini. Namun, dengan ukuran ground clearance yang hanya 12 cm, nampaknya spesifikasi Terra e-Bike S750 ini memang tidak ditujukan untuk jalanan jelek ala off-road.

review terra e bike s750

Suspensi

Suspensi Cukup Kokoh dan Kaki-Kaki Andalkan Ban 16 Inci

Menginjak pada pembahasan berikutnya, yaitu pembahasan mengenai sektor kaki-kaki dari spesifikasi Terra e-Bike S750. Sebagai skuter listrik tentunya kebutuhan sokongan dari suspensi dan kaki-kaki untuk menahan skuter pun berbeda dengan skuter pada umumnya. Oleh sebab itu, suspensi yang digunakan pada Terra e-Bike S750  ini mengandalkan mono shock yang terpasang di bawah jok pada posisi center dan simetris sehingga akan menyokong bodi lebih kuat dan seimbang. Lalu, pada sektor kaki-kaki dari Terra e-Bike S750 ini mengandalkan ban yang berukuran 16 inci untuk ban depan dan belakangnya dengan jarak sumbu rodanya 1200 mm. Dengan ukuran tersebut dirasa sudah cukup standar untuk menyokong skuter listrik besutan produsen Jepang tersebut. Di sisi lain, meskipun Terra e-Bike S750 ini tidak memiliki kecepatan setinggi skuter berbahan bakar minyak pada umumnya namun tetap dilengkapi dengan fitur keselamatan yang berupa sistem pengereman yang cukup mumpuni. Pada sektor pengereman ini, spesifikasi Terra e-Bike S750 mengandalkan rem sistem Drum Brake yang terpasang untuk bagian depan dan belakang.

harga motor terra e bike s750

Mesin

Disokong Baterai Lead Acid Hasilkan Tenaga Maksimum 50 km/jam

Setelah mengupas tuntas pada sektor luarnya, kini Mas Sena akan mengulas pada sektor mesin yang disematkan dalam spesifikasi Terra e-Bike S750 ini. Sudah kita ketahui bersama bahwa Terra e-Bike S750 merupakan skuter listrik di mana sumber tenaganya bukan dari bahan bakar minyak melainkan dari tenaga listrik. Tenaga listrik tersebut bersumber dari sebuah baterai canggih. Terkait hal tersebut, untuk mendorong Terra e-Bike S750 ini maka Terra Motors menyematkan baterai Lead Acid 48V12Ah di mana mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga mencapai 50 km/jam. Bahkan, baterai ini sekali cas hanya membutuhkan waktu 5 jam dan bisa digunakan untuk menempuh jarak sejauh 50 km. Menariknya lagi, umur baterai yang disematkan dalam Terra e-Bike S750 tersebut bisa digunakan hingga 12.000 km. Keawetan tersebut tergantung dari bagaimana cara pemrawatan maupun pemeliharaan baterainya. Dengan penggunaan teknologi sumber suplai listrik dari baterai Lead Acid tersebut, secara tak langsung pastinya akan membuat skuter ini menjadi sebuah skuter yang ramah lingkungan dan anti polusi. Penggunaan Lead Acid dalam spesifikasi Terra e-Bike S750 ini bisa dibilang cocok lantaran kualitasnya yang lebih tahan terhadap kondisi fisik daripada jenis baterai lainnya.

Fitur

Skuter Listrik yang Dilengkapi dengan Pedal Kayuh

Akhirnya, sampailah kita pada pembahasan terakhir mengenai spesifikasi Terra e-Bike S750. Pada segmen terakhir ini, Mas Sena akan mengulas tentang fitur-fitur pendukung yang diusung oleh Terra e-Bike S750 ini. Jika biasanya motor sport ataupun skuter matic selalu menggunakan bahan bakar minyak sebagai sumber tenaganya maka tidak untuk skuter listrik ini. Terra e-Bike S750 juga dilengkapi dengan pedal kayuh yang berfungsi untuk mengayuh skuter listrik ini jika suatu saat di jalan kehabisan daya baterai. Jangan khawatir, pedal kayuh yang diusung pada Terra e-Bike S750 ini tidak seberat jika kita mengayuh kendaraan besar namun justru pedal kayuh pada Terra e-Bike S750 ini sudah didesain dan diatur sedemikian rupa sehingga pengendara tak terlalu merasa capek dan berat dalam mengayuh. Selain itu, untuk fitur keselamatan pun juga tak ketinggalan. Seperti yang sudah diulas pada segmen sebelumnya bahwa Terra e-Bike S750 sudah dilengkapi dengan fitur pengereman yang mengandalkan sistem Drum Brake untuk bagian depan dan belakang. Dengan adanya fitur pengereman tersebut, Terra e-Bike S750 semakin aman untuk digunakan meskipun kecepatan tak terlalu tinggi tetapi Mas Sena sarankan agar selalu berhati-hati jika berkendara. Salah satu hal yang menarik perhatian Mas Sena, spesifikasi Terra e-Bike S750 ini menggunakan baterai yang removable. Jadi apabila malas charging, langsung beli baterai baru saja.

Spesifikasi Terra E-Bike S750

Body
Panjang X Lebar X Tinggi 1,770 mm x 680 mm x 1050 mm
Tinggi Jok 730 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 120 mm
Tipe Suspensi Depan Double Suspension
Tipe Suspensi Belakang Center Mono-Shock
Rem Depan Drum
Rem Belakang Drum
Ukuran Ban Depan 16inch-3.0
Ukuran Ban Belakang 16inch-3.0
Baterai 48V12Ah
Umur Baterai 12000 Km
Berat Kosong 59 kg
Mesin
Tipe Mesin Elektrik With Pedal
Kecepatan Max 50 km/j
Jarak tempuh 50km/charge

Harga Terra e-Bike S750

Berbicara masalah harga Terra e-Bike S750 ini sebenarnya sangat relatif dan tergantung dari spesifikasi yang diusung olehnya. Mengingat sebagai skuter listrik yang ramah lingkungan dan anti polusi tampaknya skuter ini wajarnya dibanderol dengan harga yang tidak murah. Kehadiran Lead Acid Battery sebagai nyawa skuter listrik ini bisa dibilang seharusnya tak membuat harga Terra e-Bike S750 ini menjadi mahal. Pasalnya, harga Lead Acid Battery memang lebih murah ketimbang teknologi baterai lainnya. Menariknya keberadaan fitur pedal sebagai penggerak dikala kehabisan baterai memang menjadi fitur 2 in 1. Disatu sisi sebagai fitur penyelamat, disisi lain akan menjadi hal yang menaikkan harga Terra e-Bike S750 ini lantaran ongkos produksi yang lebih tinggi. Kesemua paduan tersebut nyatanya membuat kecepatan skuter ini tidak seperti skuter pada umumnya yang dijual di Indonesia. Pasalnya, skuter listrik ini hanya mampu mencapai batas maksimal kecepatan hingga 50 km/jam saja. Wajar saja, bahan bakar yang digunakannya saja berbeda. Apabila skuter listrik yang satu ini tidak bisa berlari cepat, kira-kira berapakah harga Terra e-Bike S750 ini ya?

harga terra e bike s750 terbaru

harga terra e bike s750

Langsung saja, terkait hal tersebut, berdasarkan informasi yang didapat dari para intelijen Mas Sena, harga Terra e-Bike S750 ini ternyata hanya Rp 19 jutaan. Namun sayangnya, hingga saat ini masih belum diketahui bahwa harga tersebut mupakan harga OTR (on the road) untuk daerah mana. Yang pasti, patokan harga Terra e-Bike S750 tersebut merupakan patokan resmi sebagai dasar penilaian harga skuter listrik yang satu ini. Artinya jikalau ada perubahan tak akan berubah secara signifikan. Terlepas dari perbincangan harga motor Terra e-Bike S750 ini, Terra juga menawarkan beberapa pilihan warna, antara lain White, Dark-Blue and Red. Di mana warna juga terkadang sedikit banyak wajar akan memengaruhi harga Terra e-Bike S750 ini.

Harga Terra e-Bike S750

Rp 19.000.000,- (Harga Dasar)

Bisa dibilang, harga Terra e-Bike S750 ini yang berada nyaris kepala dua puluh juta terbilang mahal untuk kalangan masyarakat umum. Apalagi kehadirannya yang masih baru dan cenderung menyusahkan apabila dilihat dari infrastruktur Indonesia, dapat menjadi petimbangan negatif untuki meminang Terra e-Bike S750 ini. Memang, harga Terra e-Bike S750 tersebut tak lepas dari metode kedatangannya yang diimpor secara langsung oleh PT Jaya Mimika Lestari. Alhasil, tak ada banyak hal yang dapat dilakukan untuki memangkas harga motor Terra e-Bike S750 ini. Namun, sebagai pecinta alam sejati, layaknya skuter matik ini perlu dijajal. Pasalnya, sambil menunggu kehadiran Gesits ala Indoensia, harga Terra e-Bike S750  yang nyaris 20 juta masih cukup worthy untuk ditebus. Berbicara masalah pesaing, hingga kini rasanya masih dipegang oleh Zero Motorcycles SR FX 12.5 edisi 2015 lalu. Tentunya kedua varian tersebut punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi tak perlu diperdebatkan, yang penting niat untuk membeli. Demikian ulasan singkat mengenai spesifikasi dan harga Terra e-Bike S750 yang Mas Sena sampaikan. Sekian dan terimakasih. Baca juga Yamaha Grand Filano dan TVS Dazz DFI.

Top