Apa Kata Suzuki Tentang Skandal Mitsubishi?

Suzuki Tanggapi Kasus yang Menimpa Mitsubishi – Belakangan, berita terkait skandal manipulasi data konsumsi bahan bakar yang menimpa Mitsubishi tengah ramai dibicarakan. Bukan itu saja, hingga masalah ambil alih Nissan terhadap produsen automotif asal Jepang inipun masih menjadi topik terhangat di media. Terkait hal ini, rupanya produsen Suzuki juga turut berkomentar.

suzuki tanggapi kasus yang menimpa mitsubishi

Menurut Suzuki, seperti yang dirangkum dari halaman Automoitve News, melalui Okezone, Kamis (19/05/2016), mengungkapkan bahwa pihak Suzuki sendiri telah melakukan pengujian emisi dan konsumsi bahan bakar pada 16 model terbarunya.

Secara tidak langsung, tanggapannya tersebut adalah meyakinkan bahwa Suzuki tidak melakukan kecurangan seperti yang dilakukan oleh Mitsubishi mauoun pabrik-pabrik lainnya yang pernah terjerat kasus semacam itu.

Suzuki lalu menambahkan, bahwa dari seluruh produk yang dilakukan pengujian tidak ada satupun yang mendapat masalah dan skandal yang menjerat seperti beberapa produsen lainnya. Meski diketahui melakukan beberapa metode dalam proses pengujiannya, namun pihak Suzuki menegaskan tak melakukan pengubahan data ataupun manipulasi data dari seluruh perangkat yang digunakannya.

Advertisement

Hal itulah yang juga membuat jajaran produk Suzuki tetap aman dan sama sekali tak ditemukan adanya indikasi kecurangan dalam bentuk apapun. Data terkait emisi maupun konsumsi bahan bakar, memang merupakan hal yang paling dimungkinkan untuk dimanipulasi. Sebab, untuk setiap produk telah ditentukan standar-standarnya sendiri.

Seluruh produk dari Suzuki juga selama ini telah dipasarkan di berbagai negara, dan hasilnya selama ini tak pernah ada yang menemukan permasalahn seperti kecurangan yang dialami oleh produsen lain.

Kita sama-sama ketahui, bahwa kasus serupa yang berdampak sangat besar adalah tahun lalu yang menimpa Volkswagen. Selain kerugian secara finansial, VW Group juga harus kehilangan kepercayaan konsumen dan lagi buntutnya juga mempengaruhi masa depan dari Volkswagen sendiri. Lalu, saat ini yang menimpa Mitsubishi. Kasus Mitsubishi ini memang baru saja diketahui, masih terus dalam penyelidikan. Namun, dampak yang telah terlihat adalah anjloknya harga dari 44 persen saham perusahaan. Dan lagi, Mitsubishi harus merelakan benderanya diambil alih oleh Nissan Motor. Baca juga Mitsubishi Alami Rugi Besar, Nissan Berniat Ambil Alih Perusahaan dan Nissan Akan Recover Mitsubishi

Top