Bagaimana Nasib VW Tiguan di Indonesia Tahun Ini?

VW Tiguan Nampaknya Semakin Sulit Masuk Indonesia – Sejak terkena skandal emisi, pemasaran VW memang tak sejaya sebelumnya. Terkait perubahan fokus Volkswagen Indonesia sejak tahun lalu dari segmen SUV ke hatchback, rupanya membawa perubahan yang cukup signifikan. Jika biasanya model Tiguan menjadi model yang paling diminati konsumen, namun tahun ini diprediksi yang memiliki peran penting terhadap pemasaran adalah Polo, Golf dan Scirocco. Lantas, bagaimana dengan Tiguan?

vw tiguan nampaknya semakin sulit masuk indonesia

Dalam keterangannya, Jonas Chendana selaku National Sales Manager PT Garuda Mataram Motor selaku Agen Pemegang Merek VW Indonesia menjelaskan seperti yang dilansir dari halaman KompasOtomotif, Sabtu (21/05/2016) Saat ini pihaknya masih mengusahakan model terbaru dari SUV andalan VW tersebut akan bisa datang ke Indonesia. Hal ini dikarenakan selain masalah penyesuaian emisi, nilai tukar mata uang juga ikut mempengaruhi.

Memang jika melihat nilai tukar rupiah saat ini, bisa jadi nantinya mobil tersebut akan sesampainya di Indonesia akan mendapat banderol harga yang sangat mahal. Percuma, jika demikian hanya kalangan tertentu saja yang akan membeli produk tersebut.

“Sejak beberapa bulan terakhir, nilai tukar mata uang rupiah melemah, harga Tiguan pun ikut tinggi. Oleh karena itu, jumlah permintaan juga semakin menurun, berbeda dengan saat ini sejak Polo 1,2 liter. Jika melihat pasar, tentu masyarakat lebih meminati model tersebut. Ujarnya.

Lantas jika ditanya apakah Tiguan juga akan diimpor dari India seperti yang dilakukan Polo 1,2 liter, Jonas menegaskan hal tersebut tak semudah itu. Terlebih lagi VW India juga tidak memproduksi Tiguan, sehingga kemungkinan besar tetap akan diimpor dari Afrika Selatan seperti model Polo 1,4 liter.

Selain Afrika, sebetulnya ada pasar China yang juga memproduksi model ini. Namun, China hanya memproduksi untuk pasar domestik saja, bukan untuk diekspor. Jadi, untuk mendatangkan Tiguan, pihak VW Indonesia masih mempertimbangakannya, belum ada keputusan.

Jika mengacu pada laporan penjualan dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang bulan Januari-April 2016 , VW Tiguan mencapai penjualan sebanyak 87 unit. Angka tersebut memang terbukti lebih kecil daripada model Polo yang pada periode sama terjual seanyak 92 unit. Baca juga Mercy Siapkan Kendaraan Baru Ramah Lingkungan dan Mercedes Benz Segera Luncurkan Mobil Ramah Lingkungan di Pasaran

Top