Hanya Ada Satu Varian C-Class Coupe di Indonesia. Mengapa?

Mercedes Benz C-Class Coupe Akan Segera Hadir di Indonesia – Setelah memilih Malaysia untuk peluncuran pertama kalinya di Asia Tenggara, kini model terbaru Mercedes Benz C-Class Coupe 2016 bakal giliran datang ke Indonesia. Kabarnya kendaraan premium ini akan mendarat di Tanah Air pada bulan Agustus mendatang.

mercedes benz c class coupe akan segera hadir di indonesia

Di negara sebelah, yaitu Malaysia, The All New Mercedes Benz C-Class Coupe ditawarkan dalam tiga varian yaitu C 200 Coupe, C 250 Coupe, dan C 300 Coupe. Namun, rupanya untuk pasar Indonesia, hanya akan didatangkan satu model saja yaitu C 300 Coupe, yang tak lain adalah varian tertinggi dari C-Class Coupe. Mengapa demikian?

Advertisement

Dalam keterangannya, Deputy Director Marketing Communication MBI, Hari Arifianto mengatakan seperti yang dikutip dari halaman KompasOtomotif, Sabtu (21/05/2016), “Kami baru akan memperkenalkan produk ini di Indonesia, dalam momen pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) bulan Agustus nanti. Berbeda dengan Malaysia yang menghadirkan 3 varian, untuk Indonesia C-Class Coupe 2016 hanya dihadirkan dalam satu varian saja, yaitu C 300 yang merupakan varian tertinggi,” Ujarnya.

Hal ini bukan tanpa alasan, Hari lalu menambahkan kalau di Indonesia dan Malaysia memiliki karakter konsumen yang berbeda. Konsumen Indonesia kebanyakan lebih menyukai sesuatu yang lengkap, dan ini hanya ada pada varian tertinggi saja.

“Karena memang karakter konsumen premium Indonesia, lebih suka dengan sesuatu yang lengkap. Ini merupakan produk niche (khusus) yang memang volumenya tidak banyak, kalaupun ada pembelinya, mereka cenderung menginginkan yang terbaik,” Tambahnya.

Selain itu, alasan mengapa di Malaysia varian yang dihadirkan lebih lengkap, hal ini karena mereka memasang target penjualan yang cukup besar yaitu mencapai 1.000 unit. Jadi wajar, jika varian yang dihadirkan juga lebih lengkap untuk memberi pilihan bagi konsumen.

Setiap model tentu saja ditawarkan dengan harga yang berbeda. Di Malaysia, untuk varian C 200 Coupe dilego dnegan banderol harga 308.888 ringgit atau sekitar Rp 1 miliar. Kemudian untuk model C 250 Coupe dibanderol dengan harga 333.888 ringgit atau setara dengan Rp 1,1 miliar dan terakhir varian tertinggi C 300 Coupe dibanderol dengan harga 388.888 ringgit atau setara dengan Rp 1,2 miliar.

Dibandingkan harga di Malaysia, nantinya saat C 300 Coupe masuk ke Indonesia tentu akan lebih mahal karena pajak masuk Tanah Air terbilang masih tinggi. Baca juga Mercy Klaim Produknya Terus Meningkat di Pasar Nasional dan Mercedes Benz E200 Kompressor Bekas Taksi Dijual Seharga di Bawah Rp 200 Juta

Top