Apa Strategi Malaysia Genjot Penjualan Mercedes-Benz?

Perkembangan Pasar Mercedes-Benz di Malaysia Alami Pertumbuhan, apa rahasianya? – Saat ini, negara tetangga yaitu Malaysia telah menjadi salah satu pasar utama bagi Mercedes-Benz di Asia Tenggara. Hal ini karena Malaysia telah berhasil meningkatkan perkembangan yang sangat baik untuk penjualan produk Mercy. Jika dilihat, pertumbuhan terasa sangat signifikan pada tahun 2015 lalu.

perkembangan pasar mercedes benz di malaysia alami pertumbuhan apa rahasianya

Dalam keterangannya, seperti yang dirangkum dari halaman KompasOtomotif, Sabtu (21/05/2016) Mark Raine selaku Vice President Sales & Marketing Mercedes Benz Malaysia (MBM) Mengatakan, bahwa melonjaknya angka penjualan yang terjadi di tahun 2015 lalu, memang sangat membahagiakan. Namun, capaian tersebut tak lepas dari hasil perencanaan yang telah dipersiapkan cukup lama.

“Beberapa strategi berhasil kami lakukan untuk menarik minat konsumen dan meningkatkan penjualan. Cara pertama yang kami lakukan yaitu merancang rencana menyeluruh dan itu untuk target jangka panjang, bukan hanya untuk jangka pendek,” Ujarnya.

Advertisement

Kemudian, pihaknya melanjutkan bahwa langkah kedua yang dilakukan MBM adalah mengembangkan jaringan, dengan meng-upgrade fasilitas diler yang sudah ada, agar lebih berkelas. Jadi, konsumen Mercedes Benz akan semakin mendapat pelayanan yang terbaik, sebagai pemilik kendaraan premium nomor satu di Malaysia.

Berikutnya, langkah terakhir yang dilakukan adalah memosisikan Mercedes Benz dengan sudut pandang konsumen. Dengan cara ini, pihaknya bisa mendapatkan poin penting, terkait apa yang sebenarnya diinginkan konsumen. Poin ketiga ini memang cukup cerdas.

Dalam hal ini, MBM melihat bagaimana setiap daerah memiliki konsumen dengan ketertarikan masing-masing. Untuk itu, mereka menggunakan strategi yang sesuai. Untuk karakteristik pasar, tentu saja Mercedes Benz di Malaysia akan berbeda dengan Indonesia juga China. Jadi, strategi tersebut tidak bisa diduplikasi untuk negara lain. Seperti yang telah dikatakan bahwa karakteristik konsumen berbeda-beda di setiap negara.

Jika diingat kembali, pada tahun 2014 lalu, angka penjualan Mercy di Malaysia hanya sebanyak 6.932 unit. Ledakan positif terjadi di tahun berikutnya yaitu 2015 mencapai sebanyak 56,5 persen dengan jumlah unit yang terjual adalah 10.845.

Hingga saat ini, Mercy telah memimpin pasar otomoitf roda empat premium di Malaysia dengan porsi 2,4 persen. Penjualan year to date tahun 2016 telah tercatat sebanyak 3,703 unit. Angka ini mengalami peningkatan sebanyak 31 persen dari periode yang sama tahun lalu. Baca juga Mercedes Benz C-Class Coupe Akan Segera Hadir di Indonesia dan Mercy Siapkan Kendaraan Baru Ramah Lingkungan

Top