Harga Honda Supra GTR 150, Review & Spesifikasi Januari 2017

Harga Honda Supra 150 dan Spesifiksi – Sudah bertahun-tahun lamanya Honda telah meluncurkan berbagai macam jenis motor bebek namun faktanya tak pernah membuat Honda bosan dengan hobinya tersebut. Sampai akhirnya beberapa waktu lalu, tepatnya 24 Mei 2016 di Cisarua, Bogor, bebek 150 cc besutan Honda akhirnya secara resmi diluncurkan di Indonesia dengan nama produk Honda Supra GTR 150. Jika kembali pada riwayat sebelumnya, Honda memang masih eksis dengan varian motor bebek dengan branding Supranya. Tak mengherankan apabila varian Supra selalu muncul hingga menghadirkan varian generasi Supra X. Setelah sukses dengan kelas 100 cc, kelas 125 cc pun menjadi ajang pembuktian kehebatan Honda di pasaran Indonesia. Gelagat hadirnya Honda Supra GTR 150  ini mulai muncul ketika di awal tahun 2016 sempat terdengar rumor Honda akan merilis varian 150 cc yang merupakan next-gen dari varian Supra X. Walhasil, dunia otomotif sempat meramalkan Honda Supra 150 ini dengan menyandang nama Supra X 150cc yang akan menggenapi keluarga Supra diberbagai segmen. Ramalan tersebut memang bukan tanpa alasan, pasalnya untuk kelas bebek nama Supra X memang sudah menjadi primadona. Namun nampaknya, takdir berkata lain lantaran Honda memilih nama Honda Supra GTR 150 ini sebagai jagoan barunya.

Honda Supra GTR 150

Terkait peluncuran motor bebek garapan vendor asal Jepang tersebut, Honda Supra GTR 150 memang merupakan motor bebek generasi terbaru dari Supra. Bahkan, kehadiran dari Honda Supra GTR 150 ini pun sempat disebut-sebut sebagai penantang dari Yamaha Jupiter MX. Terlepas dari itu, kemunculan motor bebek garapan pabrikan Jepang ini pun juga membawa spesifikasi mumpuni. Pasalnya, Honda Supra 150 ini bakal mengusung desain dengan lekukan yang terkesan agresif dan elegan sehingga memberikan kesan yang begitu atraktif dan gahar. Lalu, untuk urusan dapur pacunya pun dipersenjatai dengan tipe mesin generasi terbaru DOHC – 4 katup dengan kapasitas mesin 149,6 cc sehingga akan memberikan daya tenaga yang mantap untuk sekelas motor bebek. Tak hanya itu saja, Honda Supra GTR 150 ini pun juga mengusung sistem suplai bahan bakar PGM-FI dan sistem pendingin Liquid Cooled with Auto Fan di mana dengan kehadiran sistem tersebut akan menghemat bahan bakar sehingga membuat motor bebek ini lebih irit dan efisien. Sebenarnya masih banyak lagi keunggulan yang dimiliki Honda Supra 150 ini. Kira-kira apa saja ya? Nah, berkaitan dengan hal tersebut, Mas Sena akan mengajak kawan-kawan semua untuk membahas mengenai spesifikasi dan harga Honda Supra GTR 150 pada beberapa segmen di bawah ini.

Honda Supra 150

Review Honda Supra GTR 150

Desain

Desain Bodi Tampak Agresif dan Elegan dengan Lekukan Tegas

Advertisement

Mengawali pembahasan pada sesi ini, kali ini Mas Sena akan mengulas sektor eksterior yang diusung oleh spesifikasi Honda Supra GTR 150. Pada tampilan luar atau eksterior secara keseluruhan dari motor bebek garapan Honda ini, tampaknya memang memperlihatkan tampilan yang lebih sporty dan elegan. Pasalnya, hampir di setiap bodi motor memiliki lekukan garis tegas yang memberikan kesan agresif pada motor bebek ini. Dimulai dari depan, Honda Supra GTR 150 ini sudah dibekali dengan lampu utama LED tipe Dual Layer Multi-Reflection Led Headlight di mana lampu tersebut didesain dengan gaya yang hampir mirip dengan headlamp CB 150R Streetfire yang lebih sporty. Lalu, lampu sein depan masih menggunakan lampu bohlam yang terletak pada bagian depan samping kanan dan kiri dengan gaya desain yang menyatu dengan bodi depan di mana keberadaan lampu sein tersebut memperlihatkan kesan modern dan tajam dalam menjelajahi setiap medan jalan. Lalu, menginjak pada bagian samping, Honda Supra GTR 150 ini dirancang dengan bentuk yang cukup ramping dan menunjukkan kesan stylish dengan garis-garis atau pun lekukan tegas pada bodi sampingnya. Sementara itu, Honda Supra 150 ini belum dilengkapi dengan bagasi sebab bagian bawah jok digunakan sebagai tempat filter udara. Kemudian, pada segmen buritannya, Honda Supra GTR 150 ini mengusung desain bodi belakang yang masih memperlihatkan aura sporty di mana terdapat lampu belakang yang menyatu dengan lampu sein dan masih menggunakan lampu bohlam. Meskipun demikian, desain lampu belakang dari Honda Supra GTR 150 ini tetap memunculkan aura yang futuristik dan modern. Sehingga, jika dilihat secara keseluruhan, sektor eksterior dari spesifikasi Honda Supra 150 ini memang cukup menampilkan gaya desain yang tegas dan elegan.

Speedometer

Panel Indikator Terapkan Sistem Analog dan Digital

Lanjut pada pembahasan berikutnya, Mas Sena akan mengulas tentang spesifikasi Honda Supra GTR 150 pada setor panel indikator (speedometer) atau bagian dashboardnya. Pada sektor panel ini, gaya rancang speedometer dari Honda Supra GTR 150 ini memberikan tampilan yang lebih fresh dan eksklusif. Pasalnya, pada panel indikator dari motor bebek Honda ini dirancang dengan desain yang tampak sederhana tetapi memperlihatkan kesan yang lebih atraktif dan sporty. Selain itu, penerapan konsep sistem indikator dari Honda Supra GTR 150 ini pun juga diterapkan dengan menggabungkan antara indikator analog dan indikator digital. Untuk panel indikator analog akan memberikan petunjuk pada takometer dengan angka yang lebih besar. Sedangkan untuk panel digital Honda Supra 150 ini akan menunjukkan speedometer, odometer, tripmeter, fuel meter dan gear position yang tampak lebih jelas. Sehingga, jika diketahui secara keseluruhan, fitur panel indikator dari Honda Supra GTR 150  ini cukup atraktif dan akan sangat membantu pengendara agar lebih mudah mengetahui setiap data yang ditunjukkan dari panel indikator tersebut. Hal tersebut tentunya dapat menjadi daya tawar yang sangat istimewa dari spesifikasi Honda Supra 150 ini.

Spesifikasi Honda Supra 150

Dimensi

Dimensi Lebih Ramping Tampilkan Kesan Agresif dan Elegan

Berikutnya, Mas Sena akan mengulas sektor dimensional dari spesifikasi Honda Supra GTR 150. Jika dilihat dan dicermati kembali, sebenarnya Honda Supra GTR 150 mengusung gaya desain yang tampak sedikit ramping. Hal tersebut juga bisa dilihat dari ukuran dimensinya di mana memiliki panjang 2.25 mm, lebar 725 mm, dan 1.102 mm serta memiliki berat kosong 119 kg. Dengan ukuran dimensi tersebut, tampaknya akan membuat motor bebek lebih mudah dan lincah untuk dikendarai. Di sisi lain, Honda Supra GTR 150 ini juga memiliki ketinggian jok hingga 780 mm yang sudah disesuaikan dengan ukuran atau postur tubuh orang Indonesia. Selain itu, motor Honda Supra 150 ini pun juga cukup lincah dan nyaman dikendarai bahkan di medan jalan yang banyak batu dan berlubang sekalipun. Hal tersebut disebabkan Honda Supra GTR 150 ini memiliki ground clearance yang dinilai cukup tinggi, yaitu 150 mm. Tak sampai di situ saja, Honda Supra GTR 150 ini pun mengusung tipe rangka Twin Tube Steel di mana akan menjadikan motor ini lebih agresif, gesit, dan lincah. Bahkan, motor bebek asal Negeri Sakura ini pun juga memiliki jarak sumbu roda 1.284 mm yang akan menjadikan motor ini lebih mudah dikendarai terutama ketika melakukan manuver di jalanan yang berkelok. Sementara itu, untuk kapasitas tangki bahan bakar, spesifikasi Honda Supra 150 ini menggendong tangki bahan bakar yang memiliki kapasitas 4,5 liter untuk satu kali pengisian.

Suspensi

Disokong Suspensi yang Kokoh

Mengusung gaya desain yang menampilkan kesan yang gagah dan agresif, pastinya spesifikasi Honda Supra GTR 150 ini juga bakal dibekali dengan suspensi yang kuat dan mantap. Hal tersebut bisa diketahui pada kaki-kakinya, di mana suspensi pada bagian depan mengandalkan tipe teleskopik yang menggunakan as berdiameter 31 mm dengan jarak mainnya 90 mm. Ukuran suspensi Honda Supra GTR 150 tersebut merupakan ukuran suspensi yang setara dengan Honda CB 150 R sedangkan untuk motor bebek pada umumnya hanya mengandalkan as berdiameter 26 mm. Lalu, untuk suspensi belakang menggunakan suspensi model Mono Shock tanpa link atau disebut dengan konvensional (lengan ayun Suspensi Tunggal) dengan jarak main 13,5 mm. Dengan mengetahui hal tersebut, tentunya akan membuat laju dari Honda Supra 150 ini lebih stabil jika dikendarai sendirian maupun berboncengan. Kemudian, beralih pada kaki-kakinya, Honda Supra GTR 150 ini mengusung velg yang jika dilihat sekilas memiliki kemiripan dengan Sonic 150R dengan model palang Y. Selain itu, Honda Supra GTR 150 ini juga mengandalkan ban tubeless di mana pada sektor ban depan berukuran 90/80-17 yang membalut velg berukuran 1,85 x 17 mm. Sedangkan, untuk ban belakang berukuran 120/70-17 dengan velg 3,50 mm. Dengan ukuran ban tersebut tentunya akan menjadikan Honda Supra 150 ini menjadi melaju lebih lincah. Lalu, menginjak pada sektor pengereman, untuk mengurangi laju cepatnya, Honda Supra GTR 150 ini sudah dibekali dengan rem cakram hidrolik berkaliper piston pada bagian rem depan dan rem belakangnya. Spesifikasi Honda Supra 150 tersebut semakin menunjukkan konsep bebek sport yang tangguh di segala medan.

Mesin

Ruang Dapur Pacu Andalkan Mesin New Generation DOHC 6-Percepatan

Selanjutnya, kita akan mengulas sektor permesinan dari spesifikasi Honda Supra GTR 150. Tampaknya, pabrikan Honda memang ingin meluncurkan motor bebek generasi terbaru yang berbeda dari pabrikan yang lain. Hal tersebut makin tampak terlihat dari mesin yang diusung Honda Supra GTR 150 ini. Pasalnya, Honda Supra GTR 150 ini bakal dipersenjatai mesin New Generation DOHC-4 katup dengan sistem transmisi manual 6 percepatan dan tipe kopling Wet Multiplate with Coil Springs. Selain itu, dilengkapi juga tipe pengapian Full-Transistor di mana memiliki rasio perbandingan kompresi pembakaran hingga 11,3 : 1. Mesin Honda Supra 150 tersebut akan mampu menyemburkan tenaga hingga 11,6 kW (15,9Ps) pada putaran ke 9.000 rpm dan mampu mencapai torsi maksimum hingga 13,5 Nm pada putaran ke 6.500 rpm lengkap dengan sistem pelumasan basah yang akan memberikan daya dorong pada motor bebek ini lebih kencang dan agresif. Di samping itu, spesifikasi dari Honda Supra GTR 150 ini mengandalkan sistem pendingin Liquid Cooled with Auto Fan dan sistem suplai bahan bakar (injeksi) PGM-FI lengkap dengan throttle body 30 mm dan injector 8 lubang. Kesemua spesifikasi Honda Supra 150 tersebut akan bersatu padu untuk membuat bebek ini lebih irit dan efisien.

Fitur

Dilengkapi dengan Fitur Kenyamanan dan Keselamatan

Sampailah kita pada pembahasan terakhir mengenai spesifikasi Honda Supra GTR 150. Pada pembahasan terakhir dari spesifikasi Honda Supra GTR 150 ini, Mas Sena akan mengulas mengenai fitur keamanan dan kenyamanan yang dimiliki oleh Honda Supra 150 ini. Pertama untuk kenyamanan, bahwa motor bebek sporty ini sudah dilengkapi dengan fitur speedometer yang sudah lengkap dengan kombinasi panel analog dan panel digital yang akan memberikan informasi kepada pengendara. Selain itu, Honda Supra GTR 150 juga dilengkapi dengan fitur sistem start Electric dan Kick Starter di mana dengan kedua sistem tersebut, pengendara akan lebih mudah dalam menghidupkan mesin. Di samping itu, terdapat juga ruang kecil di belakang tangki yang berguna untuk menyimpan tool kit dan buku service. Lalu, menginjak pada fitur keselamatan, Honda Supra GTR 150 sudah dilengkapi rem Disc Brake untuk ban depan dan belakang yang akan mengurangi kecepatan ketika berada di jalanan. Lalu, dengan disematkannya headlamp LED tentunya akan membantu pengemudi dalam mengendarai motor ini ketika berada di daerah kabut tebal atau pun di malam hari sehingga bisa mengantisipasi setiap medan jalan yang dilalui. Bagaimana kawan? Dengan spesifikasi Honda Supra 150 tersebut pastinya kawan semua bakal bisa menikmati sensasi yang asyik dan seru ketika mengendarai motor bebek Honda ini.

Video Honda Supra GTR 150

Berikut ini adalah official video Honda Supra GTR 150 yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari motor Honda ini:

Spesifikasi Honda Supra GTR 150

Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi2025 x 725 x 1102 mm
Jarak Sumbu1284 mm
Jarak Terendah Ke Tanah150 mm
Tinggi Jok780 mm
Radius Putar1900 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar4.5 liter
Berat Kosong119 kg
Mesin
Tipe Mesin4 langkah DOHC 4 katup
Volume Silinder149,16 cc
Bore X Stroke57,3 x 57,8 mm
Kompresi11.3 : 1
Daya Maksimal15,74 dk (11,6 kW)/9.000 rpm
Torsi Maksimal13,5 Nm/6.500 rpm
Sistem Suplai Bahan BakarPGM-FI
Sistem Pendinginan MesinLiquid Cooled With Auto Fan
Koplingwet multiple with coil spring
Gigi Transmisi6 – Speed Manual
Pola Gigi(1-N-2-3-4-5-6)
Sistem StartElectric and Kick Starter
Sistem Pengapianfull transistor
Sistem PelumasanBasah
Kapasitas Oli Mesin1.1 Liter (Periodik)
Rangka
Tipe RangkaTwin Tube Steel
Tipe Suspensi Depanteleskopik
Tipe Suspensi BelakangLengan ayun dengan Monoshock
Rem Depanhidraulic disc
Rem Belakanghidraulic disc
Ukuran Ban Depan90/80-17 46P (Tubeless)
Ukuran Ban Belakang120/70-17 58P (Tubeless)
Kelistrikan
Tipe PengapianFull Transistor
Tipe BateraiMF 12 V, 5.0 Ah
Tipe BusiNGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9

Harga Honda Supra GTR 150

Seusai kita membahas spesifikasi motor bebek sporty terbaru garapan Honda dalam tiap segmen, pada sesi kali ini kita akan mengulas tentang kisaran harga Honda Supra GTR 150 ini. Namun, sebelum jauh membahas mengenai harga, Mas Sena akan sedikit memberikan kesimpulan singkat tentang spesifikasi Honda Supra 150 yang sudah dibahas rinci sebelumnya. Pertama, jika dilihat pada sektor tampilan, Honda Supra GTR 150 memiliki tampilan yang cukup atraktif dan agresif dengan memperlihatkan lekukan tegas pada setiap sisi bodinya. Tenjtu dan tak usah ditanya lagi apabila Honda akan bermain dengan harga Honda Supra 150 melalui tampilannya yang memukau tersebut. Untuk sektor permesinannya, Honda Supra GTR 150 ini juga mengusung mesin tipe generasi terbaru DOHC-4 katup dengan 6-percepatan. Mesin tersebut juga sudah dilengkapi dengan sistem suplai bahan bakar PGM-FI yang akan membuat mesin jauh lebih irit dan efisien. Lantas, dengan spesifikasi yang diusung Honda Supra GTR 150 tersebut, kira-kira berapa ya harga Honda Supra GTR 150 ini?

Harga Honda Supra 150

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari para intelijen Mas Sena, harga Honda Supra GTR 150 ini terbagi dalam 2 varian, yaitu sporty dan eksklusif. Untuk varian sporty memiliki harga Rp 21,3 juta dengan 2 pilihan warna, antara lain Spartan Red dan Cruiser White di mana memiliki bentuk tampilan warna polos yang dipoles dengan gaya desain striping yang sporty. Lalu untuk varian eksklusif, harga Honda Supra 150 akan naik 200 ribu rupiah di angka Rp 21,5 juta. Angka tersebut menyediakan 2 pilihan warna, yaitu Exclusive Grande Blue dan Exclusive Gun Black dengan gaya warna terkesan exclusive dan berdesain lebih tegas. Harga Honda Supra GTR 150 tersebut merupakan harga resmi sejak peluncuran perdananya. Namun, harga tersebut merupakan harga OTR (On The Road) untuk wilayah Jakarta saja dengan kata lain sangat wajar apabila untuk harga Honda Supra GTR 150 tersebut akan lebih mahal di daerah lain.

Harga Honda Supra GTR 150

TipeHarga
Honda Supra GTR 150 SportyRp. 21.300.000,00
Honda Supra GTR 150 EksklusifRp. 21.500.000,00

Catatan : 

  • Harga Honda Supra GTR 150 diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Honda Supra 150
Advertisement

Dengan mengetahui spesifikasi dan berbagai macam fitur canggih yang disematkan pada Honda Supra 150 ini, tentunya harga Honda Supra GTR 150 tersebut dirasa sudah cukup sesuai dan cocok. Hal ini disebabkan karena Honda Supra GTR 150 mengusung mesin DOHC 6 percepatan dengan kapasitas hampir mencapai 150 cc sehingga menjadikan motor ini salah satu motor bebek yang berkapasitas mesin yang setara dengan motor sport, seperti CB 150 R atau pun CBR 150 R. Jika perbandingannya demikian, maka harga Honda Supra 150 tersebut malah bisa dibilang sangat murah di kelasnya. Namun, tampaknya Honda jangan berbangga diri mengingat masih ada Yamaha Jupiter MX yang mengusung spesifikasi dan harga yang terbilang cukup kompetitif. Sehingga, merupakan salah satu pesaing terberat dari Honda Supra GTR 150. Akan tetapi, semuanya tergantung dari pilihan calon konsumen yang memiliki kebutuhan dan selera masing-masing. Demikian ulasan yang Mas Sena sampaikan mengenai spesifikasi dan harga Honda Supra GTR 150. Semoga bisa bermanfaat dan terimakasih. Baca juga Yamaha MX King dan Honda Supra X 125.

  • Lampu led depan gak beda jauh sama honda CB 150r

  • doan andrhopo aritonang

    Tangkainya cuma 4.5 liter dgn cc 150, bisa bolak balik ngantri di pom bensin, gw lebih milik verza ketahuan motor gede.

Top