Next! Astra Toyota Calya?

Duet Kerjasama Dinamai Astra Toyota Calya – Heboh kawin kontrak alias kerjasama antara Toyota dan Daihatsu dalam meracik roda empat buatan mereka memang tak dapat dihindarkan lagi. Tentunya, penyebutan kawin kontrak bisa dirasa pas lantaran transfer kelebihan dan kekurangan antar pabrikan saling dilakukan walaupun hanya sementara waktu saja. Logika untuk menggaet konsumen tentunya akan menggunakan kelebihan yang ada dan membuang kekurangan yang ditemukan. Hal ini sebelumnya telah dilaksanakan dalam varian Astra Toyota Agya beberapa waktu yang lalu.

next-astra-toyota-calya-1

Kesuksesan Astra Toyota Agya tentunya bukan isapan jempol belaka. Hal ini yang mungkin mengilhami Toyota dan Daihatsu untuk mendulang kesuksesan kedua pada segmen Low Cost Green Car di Indonesia. Setelah sebelumnya sempat heboh dengan roda empat berseri D30D, kali ini nama Astra Toyota Calya muncul sebagai sebutan pengganti seri tersebut sebagaimana dilansir dari Kompas (26/5/2016).

Mobil kali ini mengusung konsep MPV lantaran dari jumlah seat-nya dapat diduduki hingga 7 orang sudah termasuk pengemudi. Sedangkan mesinnya menggunakan 3NR-FE, berkapasitas 1.2 liter. Kekuatan mesin itu setara dengan rasa mengendalikan Etios Valco. Walaupun rasanya sama, namun Calya ini disebut akan menggunakan teknologi  Dual VVT-i agar lebih kuat dan tahan lama menghadapi kondisi jalanan di Indonesia.

Menariknya, karena mengikuti segmen LCGC di Indonesia, emblem kebanggaan terpaksa disimpan terlebih dahulu. Pasalnya, berdasarkan regulasi yang berlaku, LCGC harus menggunakan emblem khusus Indonesia. Jadi jangan harap dapat menyembunyikan kesan Low-Cost pada versi LCGC ini nantinya. Nah, karena resminya belum hadir, bocoran yang beredar saat ini Calya agan menggunakan emblem yang sama dengan saudaranya Astra Toyota Agya.

Baca juga review Mas Sena mengenai Toyota Calya

Gigi transmisinya mengusung konsep manual. Memang tak dapat dipungkiri, mobil manual masih lebih murah dari sisi ongkos produksi di Indonesia. Gigi-gigi tersebut memiliki 5 ratio alias 5 tingkat percepatan. Alhasil memang disesuaikan dengan target konsumen LCGC. Pasaran yang disasarpun terbilang tidak terlalu luas lantaran optimasi pulau Jawa dan Bali menjadi target utama.

Dilansir dari sumber yang sama, mobil yang namanya masih diragukan ini disebut akan meluncur pada tanggal 2 Agustus mendatang. Menariknya, peluncuran ini nantinya akan dihadiri orang penting dalam dunia Toyota yakni Akio Toyoda, cucu pendiri sekaligus Chief Executive Officer Toyota Motor Corporation di Jepang. Kehadirannya tentu sebagai prinsipal pemegang merek dan teknologi yang diusung oleh Toyota Jepang. Baca juga Kolaborasi Avanza-Xenia Segera Dirilis Tahun 2016 dan Daihatsu UFC-3 Siap Dipasarkan dengan Kode Produksi D30D.

Top