Harga Piaggio Liberty ABS, Review & Spesifikasi Januari 2017

Harga Piaggio Liberty ABS dan Spesifikasi – Berbicara mengenai Piaggio Liberty ABS rasanya perlu didahului pengenalan vendor yang membesutnya. Pasalnya, mungkin bagi sebagian orang masih belum kenal dengan pabrikan sepeda motor yang bernama Piaggio. Padahal, perusahaan sepeda motor yang berbasis di Potendera, Italia tersebut terkenal dengan produk motor skuter legendaris, Vespa. Masih mengusung segmen yang sama, Piaggio Liberty ABS ini masih saja menggunakan konsep skuter dengan pembaharuan pada sisi mesin matik. Tentunya peluncuran motor ini juga tidak sendirian. Sebagaimana kebiasaan Piaggio akhir-akhir ini yang datang kroyokan menggempur pasar, Piaggio Liberty ABS kali ini juga ditemani Medley. Selain keluarga dekat tersebut, Piaggio juga bertanggung jawab pada Vespa Primavera dan Vespa Sprint. Alhasil, lengkap sudah gempuran pasar skuter di Indonesia. Nah, supaya tidak terlalu banyak berfantasi, kali ini Mas Sena akan membahas terlebih daulu mengenai Piaggio Liberty ABS yang artinya mungkin syarat akan kebebasan.

piaggio liberty abs

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa Piaggio Liberty ABS merupakan jenis motor skuter premium yang berbeda dengan skuter yang saat ini dijual di Indonesia. Skuter besutan Piaggio ini dikabarkan memiliki keunggulan yang sangat menarik dan cukup menonjol, salah satunya yaitu mengusung teknologi mesin i-get (Italian Green Experience Technology) di mana teknologi yang diusung Piaggio Liberty ABS ini akan mengurangi konsumsi bahan bakar minyak (BBM) dan emisi sehingga akan lebih efisien. Selain itu, untuk tampilan eksteriornya pun juga tak memperlihatkan ciri khas gaya desain Italia, di mana memiliki dirancang dengan desain simple namun memberi kesan yang kokoh dan sporty. Kemudian, pada sektor dapur pacunya, mesin i-get 4 langkah silinder tunggal SOHC yang diandalkan Piaggio Liberty ABS ini memiliki kapasitas 155 cc. Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga sebesar 9,6 kW pada putaran 7.750 rpm dan mampu mencapai torsi maksimum hingga 13 Nm pada putaran ke 6.500 rpm. Lalu, komponen lain yang menjadi daya tarik Piaggio Liberty ABS ini adalah pada fitur keselamatannya. Penyematan rem depan cakram tunggal 240 mm berteknologi ABS dan rem belakang dengan Tromol 140 mm menjadi kunci keselamatan yang tak terbantahkan. Lalu, apa lagi ya keunggulan spesifikasi yang dibawa skuter garapan pabrik asal Italia ini? Nah, berhubungan dengan hal tersebut, kali ini Mas Sena akan mengulas secara rinci mengenai spesifikasi dan harga Piaggio Liberty ABS pada beberapa segmen berikut. Yuk, kita ulas bersama.

motor piaggio liberty abs

Review Piaggio Liberty ABS

Desain

Gaya Desain Simpel Namun Tampilkan Kesan Kokoh

Advertisement

Untuk mengawali pembahasan, kali ini Mas Sena akan mengulas pada sektor eksterior dari spesifikasi Piaggio Liberty ABS ini. Pada sektor eksterior dari skuter ini, jika dilihat secara keseluruhan memang memperlihatkan gaya desain yang sederhana namun tetap memberi kesan kokoh dan elegan. Sebab, pada beberapa bagian bodinya memiliki sedikit lekukan yang tegas, terutama pada bagian samping hingga buritan Piaggio Liberty ABS ini. Akibatnya, skuter yang satu ini tampak lebih segar kokoh. Pada bagian depan, desain headlamp berteknologi LED tampak terpasang dengan sederhana namun tetap memberi kesan stylish. Lalu, untuk lampu sein terpasang pada bodi depan di samping kanan-kiri dengan mengusung desain Inimitable style yang menampilkan gaya desain lebih natural. Lalu, menginjak pada sektor bodi Piaggio Liberty ABS ini, pada sisi samping terkesan agak bongsor di mana memiliki sedikit guratan tegas dengan garis pada sisi joknya sehingga memperlihatkan aura yang lebih elegan. Pada bagian bawah jok, motor ini memiliki bagasi yang handiness sehingga bisa digunakan untuk menaruh 1 helm pengendaranya. Kemudian, pada bagian buritannya, Piaggio Liberty ABS ini memiliki tampilan yang sangat elegan dan sporty. Pasalnya, stoplamp dan lampu sein belakang yang menyatu dengan desain meruncing sehingga memperlihatkan kesan yang tajam. Apabila dilihat dan dicermati secara menyeluruh, gaya desain yang diusung oleh spesifikasi Piaggio Liberty ABS ini memang menampilkan bentuk desain yang sederhana atau simple dengan tetap memberi kesan elegan.

spesifikasi piaggio liberty abs

Speedometer

Instrument Indikator Andalkan Panel Analog dan Digital

Selanjutnya, pada pembahasan berikut ini Mas Sena akan menjelaskan secara rinci mengenai panel indikator yang diusung dalam spesifikasi Piaggio Liberty ABS. Langsung saja, untuk panel instrument pada indikator dari Piaggio Liberty ABS ini mengusung panel instrument analog dan digital yang dibagi dalam 2 bagian dalam tampilan LCD, yaitu atas dan bawah. Selain itu, gaya desain yang diusung pada indikator ini juga cukup sederhana namun tetap memberikan data petunjuk yang jelas pada pengendara. Untuk bagian atas, Piaggio Liberty ABS ini ditempeli speedometer dengan instrument analog besar sehingga akan mempermudah pengendara mengetahui kecepatan tempuhnya. Lalu, pada bagian bawah mengusung instrument digital yang menampilkan indikator bensin dan indikator kecepatan tempuh melalui angka digital serta jarak yang sudah ditempuh oleh Piaggio Liberty ABS ini. Dengan kehadiran kedua instrument indikator tersebut, tentunya pengendara lebih mudah dalam mengetahui status motor yang dikendarainya. Bahkan, spesifikasi Piaggio Liberty ABS tersebut akan menjadikannya memiliki daya tawar yang cukup menarik bagi para calon konsumen.

spesifikasi motor piaggio liberty abs

Dimensi

Dimensi Tampak Kokoh dengan Frame Baru

Selanjutnya, pada sesi kali ini kita akan membahas sektor dimensi yang diusung dalam spesifikasi Piaggio Liberty ABS ini. Jika dilihat dari tampilan eksterior yang sudah dibahas sebelumnya, memang Piaggio Liberty ABS ini memperlihatkan gaya desain minimalis namun terkesan elegan. Hal tersebut juga disebabkan karena ukuran dimensi yang dimiliki skuter Piaggio Liberty ABS ini di mana memiliki panjang 1.945 mm, lebar 690 mm sehingga akan menjadikan motor ini lebih lincah dan mudah dikendarai. Lalu, untuk ketinggian joknya yaitu 787 mm yang dinilai cukup sesuai dengan postur tubuh orang Indonesia, tak terlalu tinggi dan tak terlalu rendah. Bahkan, Piaggio Liberty ABS ini pun juga akan lebih mudah dikendarai di medan yang berlubang atau bebatuan sehingga akan membuat pengendaranya merasa lebih nyaman. Lalu, untuk rangkanya menggunakan frame terbaru yang memang dirancang lebih kaku sehingga terkesan kokoh. Di sisi lain, spesifikasi Piaggio Liberty ABS  inipun memiliki kapasitas 6 liter termasuk cadangan 1,5 liter.

review piaggio liberty abs

Suspensi

Suspensi Dirancang Lebih Kokoh

Untuk pembahasan ini, kita akan membahas spesifikasi Piaggio Liberty ABS pada urusan kaki-kakinya. Meskipun sebagai motor skuter namun ketngguhan suspensi tetap harus dipertimbangkan sebab Piaggio Liberty ABS ini merupakan skuter yang memiliki bobot dan mesin yang cukup gahar sehingga kehadiran suspensi yang kokoh menjadi hal yang wajib. Nah, berhubungan dengan hal tersebut, tampaknya memang pabrikan motor skuter asal Italy ini memang sudah mengetahui hal tersebut sehingga Piaggio Liberty ABS besutannya ini bakal disokong suspensi yang tangguh. Hal ini terlihat pada bagian depan di mana unttuk susspensinya mengandalkan suspensi Teleskopik Hidrolik. Lalu, pada bagian belakang, suspensinya menggunakan predam kejut aksi ganda dengan 4 setelah kekerasa. Dengan disematkannya kedua susspenssi ini, tentunya akan membuat pengendara lebih nyaman, baik saat dikendarai sendirian maupun saat berboncengan. Lalu, menginjak pada bagian roda, Piaggio Liberty ABS ini juga dilengkapi dengan ban jenis tubeless pada bagian depan dan belakang. Untuk bagian depan, memiliki ukuran ban 90/80-16’ dan untuk bagian belaakang mengusung ban yang berukuran 100/80-14’ di aman dengan kedua ban berjesni tubeless tersebut akan membuat pengendara merasa nyaman dan tak perlu khawatir ban gembos ataupun tertancap paku. Tak hanya di situ saja, untuk keselamatan, Piaggio sendiri terfoksu pada sektor pengereman. Oleh sebab itu, Piaggio Liberty ABS ini dipersenjatai dengan fitur pengereman depan belakang, di mana pada rem depan mengandalkan teknologi pengereman cakram tunggal berdiameter 240 mm dengan teknologi sistem ABS (Anti Lock Brake). Sementara itu, untuk ban belakang mengusung rem tromol 140 mm. Dengan kehadiran kedua sistem pengereman ini, pastinya akan membuat tingkat keselamatan dari Piaggio Liberty ABS ini semakin meningkat. Palagi dengan dihadirkannya sistem peengereman ABS di mana bisa menjadi salah satu daya tarik dan keunggulan tersendiri dari Piaggio Liberty ABS ini. Spesifikasi Piaggio Liberty ABS tersebut makin memberikan kesan konsep skuter yang tangguh dan aman dikendarai di segala medan jalan.

harga vespa piaggio liberty abs

Mesin

Mesin Gahar Andalkan Teknologi i-get SOHC 155 cc

Nah, akhirnya kita sampai pada sektor permesinan yang merupakan salah satu segmen paling penting dari spesifikasi Piaggio Liberty ABS. Pada sektor dapur pacu atau permesinan dari Piaggio Liberty ABS ini bakal dibekali mesin yang tangguh dan hebat. Hal tersebut makin terbukti bahwa Piaggio Liberty ABS ini mengusung mesin berteknologi i-get 4 silinder SOHC dengan kapasitas 155 cc. Perlu diketahui bahwa teknologi i-get (Italian Green Experience Technology) yang diusung skuter ini merupakan teknologi canggih yang mampu mengurangi konsumsi bahan bakar minyak (BBM) dan emisi. Bahkan, Piaggio Liberty ABS  ini juga sudah memiliki standar emisi EURO 3 di mana dengan teknologi mesin dan standar emisi tersebut akan menjadikan motor ini lebih efisien dan ramah lingkungan. Lalu, mesin tersebut juga bakal dipadukan dengan sistem transmisi CVT Otomatis dengan sistem starter electric dan sistem suplai bahan bakar Injeksi Elektronik. Sehingga apabila dikalkulasikan, Piaggio Liberty ABS  ini akan menghasilkan semburan tenaga hingga 9,6 kW pada putaran ke 7.750 rpm dan mampu mencapai torsi maksimum hingga 13 Nm pada putaran ke 6.500 rpm. Jika mengetahui secara menyeluruh mengenai spesifikasi tersebut, tampaknya memang spesifikasi Piaggio Liberty ABS pada sektor dapur pacu ini bakal memberikan performa yang tangguh secara efisien dan lebih irit bahan bakar.

Fitur

Dilengkapi Fitur Pengereman ABS

Sampailah kita pada pembahasan terakhir tentang spesifikasi Piaggio Liberty ABS ini. Pada pembahasan terakhir ini, Mas Sena akan membahas tentang fitur-fitur utama yang diusung Piaggio Liberty ABS. Sebenarnya, Piaggio Liberty ABS ini tidak memiliki banyak fitur namun ada 1 fitur yang cukup menonjol dan menjadi salah satu keunggulan dari skuter ini. Fitur tersebut tak lain adalah pada sistem pengereman, terutama pada rem depan di mana mengandalkan rem cakram berdiameter piringan hingga 240 mm berteknologi ABS (Anti-Lock Brake System). Fitur ABS yang disematkan pada Piaggio Liberty ABS tersebut bisa dibilang sebagai fitur kunci sebagaimana namanya. Selain itu, ada juga fitur lain, seperti Electric Starter yang akan mempermudah pengendara ketika menghidupkan mesin. Terlihat tak penting? Bisa dibayangkan Piaggio Liberty ABS juga mempunyai kick starter menjorok kebelakang yang mewajibkan pengemudi turun dahulu dari singgasananya. Kehadiran headlamp dengan lampu LED tentunya menjadi bukti teknologi tinggi dan hemat energi yang melengkapi spesifikasi Piaggio Liberty ABS ini.

Video Piaggio Liberty ABS

Berikut ini adalah official video Piaggio Liberty ABS yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari motor Piaggio ini:

Spesifikasi Piaggio Liberty ABS

Body
Panjang X Lebar1945 x 690 mm
Jarak Sumbu1340 mm
Tinggi Jok787 mm
Tipe Suspensi Depanteleskopik hidrolik
Tipe Suspensi BelakangPeredam Kejut dengan Setting Kekerasan
Rem DepanCakram Tunggal 240 mm ABS
Rem BelakangTromol 140 mm
Ukuran Ban DepanTubeless 90/80-16″
Ukuran Ban BelakangTubeless 100/80-14″
Kapasitas Tangki Bahan Bakar4.5 liter +1.5 liter cadangan
Mesin
Tipe Mesini-get SOHC 4 tak
Volume Silinder155 cc
Bore X Stroke58 x 58.6 mm
Sistem PendinginanUdara Tekan
KarburatorElectronics FI
Gigi TransmisiCVT
Daya Maksimal9.6 kW/7750 rpm
Torsi Maksimal13 Nm/6500 rpm

Harga Piaggio Liberty ABS

Sekarang waktunya Mas Sena membahas harga Piaggio Liberty ABS ini. Namun sebelumnya, pada segmen terakhir ini Mas Sena akan memberikan beberapa point penting mengenai spesifikasi yang dibawa oleh skuter garapan pabrikan Italia tersebut. Pertama dari segi eksterior di mana Piaggio Liberty ABS ini mengusung desain yang minimalis namun tetap menampilkan kesan yang elegan. Mulai bagian depan, samping, hingga buritan tampak kokoh. Masalahnya, dari sisi ini saja sudah terbayang berapa harga Piaggio Liberty ABS ini. Apalagi pada dapur pacunya pun juga tak sembarangan. Pasalnya, Piaggio Liberty ABS ini mengandalkan mesin berteknologi i-get (Italy Green Experience Technology) 4 langkah silinder tunggal SOHC. Dengan adanya mesin tersebut tentunya akan menjadikan skuter ini mampu melaju dengan daya 9,6 kW/7.750 rpm dan torsi 13 Nm/6.500 rpm. Bahkan, Piaggio Liberty ABS ini pun juga sudah mengandalkan teknologi keselamatan terbaru, yaitu ABS System yang akan membuat pengendaranya lebih merasa nyaman dan aman. Lantas, berapa ya harga Piaggio Liberty ABS?

harga piaggio liberty abs

harga piaggio liberty abs terbaru

Jika didasarkan atas beberapa informasi yang didapat oleh para intelijen Mas Sena, harga Piaggio Liberty ABS ini mencapai Rp 35,7 juta. Luar biasa muahal bukan? Tentunya banderol yang diberikan sebagai harga Piaggio Liberty ABS tersebut memang merupakan banderol premium khas Piaggio. Harga itupun masih belum diketahui untuk OTR (On The Road) daerah mana. Artinya, masih sangat besar kemungkinan untuk terjadinya mark-up legal terhadap harga Piaggio Liberty ABS sehubungan biaya transport antar daerah. Banderol yang diusung memang bisa dibilang menyalahi fitrah skuter di Indonesia. Namun dengan harga Piaggio Liberty ABS tersebut, ternyata konsumen sudah disuguhi pilihan warna, antara lain Blue, Green, dan White.

Harga Piaggio Liberty ABS
Sekitar Rp 35.700.000,- (Harga Dasar)
Advertisement

Jika melihat spesifikasi dan branding yang diusung skuter yang satu ini, tampaknya memang harga Piaggio Liberty ABS tersebut sudah cukup sesuai dan cocok. Pasalnya, memang skuter garapan Piaggio ini bukanlah skuter biasa namun skuter yang memang menyasar pada kelas menengah atas. Sebab, dengan mengusung mesin berteknologi i-get 4 langkah silinder tunggal SOHC tampaknya bakal membuat Piaggio Liberty ABS ini memiliki daya dorong yang mantap dan lebih efisien. Kehadiran sistem pengamanan dengan teknologi ABS memang disebut-sebut pendongkrak harga Piaggio Liberty ABS yang pasti. Walaupun fiturnya tergolong sudah lengkap, namun bukan berarti tanpa tanding. Sebut saja Yamaha N-Max yang notabene juga memiliki mesin yang dinilai cukup gahar dengan tampilan sangat sporty siap menjadi penghambat sepak terjang Piaggio Liberty ABS ini. Namun, semuanya kembali kepada calon pembeli atau konsumen sebab setiap konsumen memiliki selera yang berbeda-beda. Itulah ulasan yang Mas Sena informasikan mengenai spesifikasi dan harga Piaggio Liberty ABS. Sekian dan sampai jumpa. Baca juga Piaggio Medley ABSHarga Vespa S 125, dan Harga Vespa.

Top