Harga Piaggio Medley ABS, Review & Spesifikasi Mei 2017

Harga Piaggio Medley ABS dan Spesifikasi – Sudah kita ketahui bersama bahwa PT Piaggio Indonesia pada Rabu (25/5/2016) telah resmi meluncurkan 4 produk motor dari 2 merk. Yang pertama merk Vespa dengan meluncurkan Primavera dan Sprint. Sementara 2 lainnya berasal dari merk Piaggio yang menghadirkan Liberty dan Medley. Namun, pada sesi ini Mas Sena tak akan membahas semua motor tersebut melainkan akan lebih fokus untuk mengulas tentang Piaggio Medley ABS. Sebagaimana sudah Mas Sena ulas sebelumnya tentang spesifikasi dari Piaggio Liberty ABS, untuk seri Piaggio Medley ABS ini memiliki spesifikasi yang hampir sama di mana sama-sama menampilkan gaya klasik, sporty dan mewah. Namun, juga ada perbedaan di antara keduanya. Perbedaan yang cukup mencolok tampak pada sektor dapur pacunya yang sama mengandalkan teknologi i-get SOHC namun pada Piaggio Medley ABS ini ditambah dengan sistem start up dan stop. Selain itu, fitur ABS pada Piaggio Medley ABS ini pun sudah mengandalkan sistem ABS ganda depan dan belakang di mana pada varian Piaggio Liberty hanya menggunakan 1 ABS pada rem bagian depan.

piaggio medley abs

Selain itu, pada versi Piaggio Medley ABS ini juga memiliki keunggulan yang tak kalah dari varian Piaggio Liberty ABS. Bahkan, bisa dibilang bahwa Piaggio Medley ABS ini dibekali dengan spesifikasi yang lebih tinggi atau lebih canggih dari varian yang satunya. Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa hal yang cukup menonjol dan membuat varian Piaggio Medley ABS ini berbeda dari varian satunya yaitu terletak pada sektor dapur pacu atau mesin yang diusung. Di mana, pada varian Piaggio Medley ABS ini mengusung mesin i-get 4 langkah silinder tunggal SOHC yang dilengkapi dengan sistem start & stop. Mesin tersebut juga memiliki kapasitas sedikit berbeda yaitu 155,1 cc dengan sistem pendinginan cairan (radiator). Selain itu, kapasitas tangki bahan bakar pun juga lebih besar, yaitu berkapasitas 7 liter yang sudah termasuk dengan cadangan 1,5 liter. Di sisi lain, masih banyak lagi spesifikasi yang diusung Piaggio Medley ABS ini. Lalu, apa saja keunggulannya? Yuk, kita simak bersama ulasan berikut mengenai spesifikasi dan harga Piaggio Medley ABS.

motor piaggio medley abs

Review Piaggio Medley ABS

Desain

Desain Elegan Berciri khas Eropa Style

Mengawali ulasan kali ini, Mas Sena akan membahas pada bagian terluar atau tampilan dari spesifikasi Piaggio Medley ABS. Sebagai motor besutan pabrikan asal Italy, tak heran konsep yang dibawa mengusung konsep matik bergaya desain Eropa. Jika dilihat secara desain, sebetulnya skuter ini masih mempertahankan wujud konsep klasik tetapi sudah dilengkapi dengan beberapa fitur-fitur modern yang futuristik. Pada bagian depan Piaggio Medley ABS ini, headlamp dengan lampu LED-nya tampak lebih tajam terpasang secara simetris. Lalu, lampu sein juga terpasang pada bodi depan di bagian samping kanan dan kiri dengan bentuk desain yang lebih elegan. Menginjak pada bodi samping, Piaggio Medley ABS dipoles dengan guratan atau lekukan yang lebih halus sehingga kesan mewah pun makin tampak jelas. Bahkan, Gaya desain jok nya pun tampak lebih atraktif dengan desain yang mengikuti lekukan pada bodi sampingnya. Lalu pada buritan Piaggio Medley ABS ini, desain yang diusung hampir memiliki persamaan dengan Liberty ABS. Pada buritannya ini perbedaan mencolok pada gaya desain lampu belakang (stoplamp) yang sedikit lebih lebar dan menyatu dengan lampu sein belakang. Melihat spesifikasi Piaggio Medley ABS pada tampilan samping, tampaknya memang skuter asal Italy ini mengedepankan gaya desain  elegan yang berciri khas Italy.

spesifikasi piaggio medley abs

Speedometer

Panel Instrumen Indikator Lebih Sporty

Selanjutnya, Mas Sena akan mengajak kawan semua untuk mengulas pada sektor instrumen indikator yang dibenamkan dalam spesifikasi Piaggio Medley ABS ini. Panel indikator yang terpasang pada Piaggio Medley ABS ini sebenarnya juga tak berbeda dengan varian Liberty ABS di mana sama-sama memadukan instrumen analog dan digital. Hanya saja, perbedaan terletak pada gaya desain indikatornya. Selain itu, perbedaan juga terletak pada sistem indikatornya di mana Piaggio Medley ABS  ini menggunakan instrumen elektronik lengkap dengan trip komputer. Lalu, dari segi desain, panel indikator dari Piaggio Medley ABS ini lebih menampilkan kesan yang lebih sporty dan atraktif di mana pada sektor ini terbagi dalam 3 bagian. Pada samping kiri menunjukkan ukuran bahan bakar dan lampu starter. Lalu pada bagian tengahnya menunjukkan speedometer analog dan pada sisi bagian kanan memberikan data jarak yang ditempuh. Ketiga instrumen Piaggio Medley ABS tersebut mengandalkan panel analog. Sedangkan untuk instrumen digital terletak pada bagian bawah dari speedometer analog yang menunjukkan jam atau waktu setempat. Secara keseluruhan, tampaknya memang panel indikator yang dibawa dalam spesifikasi Piaggio Medley ABS tersebut memang mengusung gaya desain yang lebih sporty dan atraktif serta lengkap.

spesifikasi motor piaggio medley abs

Dimensi

Dimensi Bongsor dengan Rangka Besi Tunggal Tubular

Menginjak pada pembahasan berikutnya, Mas Sena akan mengulas secara rinci pada sektor dimensi dan rangka dari spesifikasi Piaggio Medley ABS. Memang, secara kasat mata, desain bodi Piaggio Medley ABS ini lebih tampak bongsor dari varian satunya. Hal ini disebabkan bahwa ukuran dimensi dari skuter ini memiliki ukuran yang lebih besar di mana memiliki panjang 2.020 mm, lebarnya 705 mm dan memiliki ketinggian jok 799 mm. Dengan melihat ukuran dimensi Piaggio Medley ABS  tersebut, membuat skuter ini jauh berbodi besar sehingga ketika dikendarai akan terasa lebih mantap dan stabil. Dimensi yang besar tersebut tampaknya memang dimanfaatkan Piaggio untuk membuat bagasinya memiliki kapasitas yang lebih luas di mana jika pada varian Liberty ABS hanya cukup untuk menaruh 1 helm saja, untuk varian Piaggio Medley ABS ini bahkan bisa cukup untuk menaruh 2 helm sekaligus. Hal ini tentunya bisa menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki Piaggio Medley ABS. Di sisi lain, rangka yang digunakan untuk membentuk bodinya pun mengandalkan besi tunggal tubular yang diperkuat dengan sistem pressed steel. Rangka besi ini tentunya akan semakin membuat skuter asal Italy ini makin kokoh dan mantap. Bahkan, Piaggio Medley ABS ini pun juga memiliki jarak sumbu roda 1.390 mm yang akan menjadikan motor ini lebih mudah dikendarai terutama ketika melakukan manuver di jalanan yang berkelok. Sementara itu, untuk kapasitas tangki bahan bakar, spesifikasi Piaggio Medley ABS ini menggendong tangki bahan bakar yang memiliki kapasitas 7 liter untuk satu kali pengisian.

review piaggio medley abs

Suspensi

Berkendara Nyaman Berkat Suspensi Teleskopik Hidrolik

Lanjut pada pembahasan berikutnya, pada sesi kali ini kita akan mengulas pada sektor suspensi yang dibawa oleh spesifikasi Piaggio Medley ABS. Untuk sistem suspensi dari Piaggio Medley ABS ini juga memiliki kesamaan dengan varian Liberty ABS. Pada bagian depan, mengandalkan suspensi Teleskopik Hidrolik yang akan membuat pengendara lebih nyaman jika berjalan di jalan yang bergeronjal. Lalu, untuk bagian belakangnya, Piaggio Medley ABS ini menggunakan suspensi dua peredam kejut aksi ganda dengan 5 setelan kekerasan. Dengan hadirnya suspensi peredam kejut tersebut, pastinya akan membuat motor ini tetap lincah dan stabil meskipun dikendarai dengan berboncengan. Lalu, suspensi yang kokoh tersebut didukung dengan ban tubeless. Untuk ban depan Piaggio Medley ABS ini, sudah menggunakan tubeless ukuran 100/80-16’. Sedangkan, untuk ban belakang menggunakan ban tubeless ukuran 110/80-14’. Dengan mengetahui ukuran ban berjenis tubeless tersebut tak dapat dipungkiri bahwa Piaggio Medley ABS  ini akan mampu melaju dengan sangat stabil. Selain itu, pengendara tak perlu khawatir karena dengan mengusung ban tubeless tidak akan bocor meskipun menginjak paku atau benda tajam. Di sisi lain, kecepatan dan kestabilan tinggi tersebut juga diimbangi dengan dihadirkannya fitur pengereman dengan sistem dual ABS kanal ganda. Di mana pada rem depan Piaggio Medley ABS ini menggunakan cakram berdiameter 260 mm dan untuk rem belakang menggunakan piringan cakram berdiameter 240 mm. Kehadiran sistem pengereman hidrolik yang dilengkapi ABS kanal ganda ini tentunya akan memberikan nilai tersendiri bagi keseluruhan spesifikasi Piaggio Medley ABS.

harga vespa piaggio medley abs

Mesin

Mesin Lebih Gahar dan Efisien Andalkan i-get SOHC

Menginjak pada sektor berikutnya, kita akan mengulas spesifikasi Piaggio Medley ABS pada bagian permesinan atau dapur pacu. Pada sektor ini merupakan salah satu bagian yang membedakan dengan varian sebelumnya, yaitu Liberty ABS. Meskipun sama-sama mengandalkan mesin berteknologi i-get 4 langkah silinder tunggal SOHC namun pada varian Piaggio Medley ABS ini dilengkapi dengan sistem start & stop yang memiliki kapasitas hingga 155,1 cc. Mesin tersebut dipadukan dengan sistem transmisi CVT Otomatis sehingga mampu menghasilkan daya dorong maksimal hingga 11 kW pada putaran ke 7.750 rpm dan torsi maksimum mencapai 14,4 Nm pada putaran 6.400 rpm. Mesin dari Piaggio Medley ABS inipun juga sudah dilengkapi dengan sistem pendingin cairan atau radiator dan suplai bahan bakar berteknologi Injeksi elektronik sehingga akan membuat skutik ini lebih irit dan efisien. Seluruh spesifikasi Piaggio Medley ABS tersebut akan saling bekerjasama untuk menjadikan Piaggio Medley ABS ini mampu melaju dengan kecepatan tinggi tapi tetap efisien.

Fitur

Lengkap dengan Fitur Recharge Gadget dan ABS Kanal Ganda

Akhirnya, sampailah kita pada pembahasan paling akhir pada pembahasan spesifikasi Piaggio Medley ABS ini. Di segmen terakhir ini, Mas Sena akan mengulas tentang fitur kenyamanan dan keselamatan yang diusung skutik asal Italy ini. Untuk kenyamanan, tampaknya tak perlu diragukan lagi sebab dengan perpaduan mesin dan suspensi yang kokoh serta bagasi yang luas akan membuat Piaggio Medley ABS ini lebih nyaman dan asyik dikendarai. Bahkan, untuk memberikan kenyamanan tambahan, Piaggio Medley ABS ini sudah menyediakan jack USB untuk mengisi daya baterai pada smartphone atau gadget pengendara. Hal ini menjadi salah satu fitur yang diunggulkan Piaggio Medley ABS dalam menyasar pasar segmen kelas atas. Selain itu, untuk fitur keselamatan pun motor skutik besutan Piaggio ini sudah dilengkapi dengan sistem pengereman hidrolik lengkap dengan teknologi ABS kanal ganda. Dengan kehadiran sistem pengereman tersebut, tampaknya tingkat keselamatan pengguna akan lebih meningkat. Di sisi lain, bagasi yang berkapasitas luas pun mampu menampung 2 helm full face. Tampaknya, fitur kenyamanan dan keselamatan yang diusung dalam spesifikasi Piaggio Medley ABS ini sudah dinilai cukup lengkap.

Video Piaggio Medley ABS

Berikut ini adalah official video Piaggio Medley ABS yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari motor Piaggio ini:

Spesifikasi Piaggio Medley ABS

Body
Panjang X Lebar 2020 x 705 mm
Jarak Sumbu 1390 mm
Tinggi Jok 799 mm
Tipe Suspensi Depan teleskopik hidrolik
Tipe Suspensi Belakang Peredam Kejut dengan Setting Kekerasan
Rem Depan Cakram 260 mm ABS
Rem Belakang Cakram 240 mm ABS
Ukuran Ban Depan Tubeless 100/80-16″
Ukuran Ban Belakang Tubeless 110/80-14″
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 5.5 liter +1.5 liter cadangan
Mesin
Tipe Mesin i-get SOHC 4 tak
Volume Silinder 155,1 cc
Bore X Stroke 58 x 58.7 mm
Sistem Pendinginan Radiator
Karburator Electronics FI
Gigi Transmisi CVT
Daya Maksimal 11 kW/7750 rpm
Torsi Maksimal 14.4 Nm/6400 rpm

Harga Piaggio Medley ABS

Pada sesi terakhir ini, Mas Sena akan mengajak kawan-kawan semua untuk membahas mengenai harga Piaggio Medley ABS. Namun, seperti biasanya Mas Sena akan memberikan sedikit kesimpulan mengenai spesifikasi yang diusung Piaggio Medley ABS ini. Dimulai dari eksteriornya bahwa Piaggio Medley ABS ini mengandalkan gaya desain premium khas Eropa. Desain tersebut tampak jelas mulai dari bodi bagian depan, samping hingga pada buritannya yang memperlihatkan kesan elegan. Konsep elegan yang diusungnya saja sudah akan menjelaskan berapa harga Piaggio Medley ABS yang akan diusung dipasaran. Apalagi, apabila menginjak pada mesin, Piaggio Medley ABS mengusung mesin berteknologi i-get SOHC yang sudah dilengkapi dengan sistem start & stop berkapasitas 155,1 cc dan akan dikombinasikan dengan sistem transmisi CVT otomatis. Perpaduan tersebut akan menghasilkan tenaga dorong maksimum hingga 11 kW/7.750 rpm dan torsi maksimum 14,4 Nm/6.400 rpm. Bahkan, Piaggio Medley ABS sudah dilengkapi dengan fitur menarik, seperti jack USB yang bisa digunakan untuk mengisi baterai smartphone, bagasi luas, dan sistem pengereman hidrolik lengkap dengan ABS kanal ganda. Lalu, dengan spesifikasi yang diusung skutik tersebut, kira-kira berapa ya harga Piaggio Medley ABS ini?

harga piaggio medley abs

harga piaggio medley abs terbaru

Berbicara masalah harga Piaggio Medley ABS, pastinya disesuaikan dengan spesifikasi yang diusung. Nah, berhubungan dengan hal tersebut, berdasarkan informasi yang didapat dari para intelijen Mas Sena, harga Piaggio Medley ABS yaitu Rp 44,2 juta. Harga tersebut diketahui merupakan harga OTR (On The Road) untuk daerah Jakarta. Sehingga, untuk daerah lain sangat dimungkinkan akan mengalami sedikit perbedaan harga. Tentunya, logikanya perbedaaan harga Piaggio Medley ABS tersebut di daerah lain menjadi lebih tinggi lantaran biaya transportasi. Namun, banderol tersebut akan mampu menebus segala keapikan skuter Piaggio yang satu ini. Sehingga rasanya, walaupun terasa mahal namun harga Piaggio Medley ABS tetap dapat diraih.

Harga Piaggio Medley ABS
Rp 44.200.000,- (OTR DKI Jakarta)

Jika berbicara masalah harga Piaggio Medley ABS ini, nampaknya saudaranya Piaggio Liberty ABS berada satu level di bawahnya. Tataran harga tersebut juga memberikan kelas performa yang tentunya harus lebih hebat daripada adik tingkatnya. Namun, harga Piaggio Medley ABS yang lebih tinggi tersebut akan menjadi senjata bagi dirinya sendiri. Pasalnya, dengan harga yang lebih murah tentunya Liberty lebih memiliki kesempatan untuk dijadikan pujaan hati. Harga Piaggio Medley ABS itupun musti siap bersaing dengan skuter lainnya di Indonesia yang jumlahnya tak terhitung. Jika yang dimainkan segmen kelas, maka persaingan dengan vendor sendiri memang akan lebih terasa. Namun sepertinya Piaggio tak boleh berharap banyak mampu memalingkan pengguna skuter matik standar di Indonesia untuk beralih ke produknya. Demikian ulasan mengenai spesifikasi dan harga Piaggio Medley ABS. Semoga bermanfaat dan terimakasih. Baca juga Piaggio Liberty ABSVespa S 125, dan Harga Vespa.

Top