Pabrik Baru Toyota Malaysia Siap Beroperasi di Tahun 2019 Nanti!

Toyota Akan Membangun Pabrik Baru di Malaysia – Langkah produsen raksasa otomotif Jepang Toyota untuk mengembangkan sayapnya ke kancah dunia sepertinya tidak main-main, tepatnya hari Rabu (25/05) yang lalu secara resmi Toyota mengumumkan akan segera membangun pabrik rakitan mobil di Malaysia dengan dana yang tidak sedikit yaitu sebesar 489 juta dolar Amerika atau jika dirupiahkan sekitar Rp 6,67 triliun.

Toyota Akan Membangun Pabrik Baru di Malaysia

Angka yang terbilang tidak sedikit tersebut sengaja dikucurkan Toyota demi bisa membangun pabrik baru di Malaysia mengingat pasar otomotif Malaysia terus menerus tumbuh dan berkembang pesat. Seperti yang diketahui sebelumnya Toyota memang sudah mempunyai pabrik perakitan yang telah beroperasi sejak 1968. Pabrik lama itu sudah menghasilkan mobil penumpang serta mobil komersial, dan dengan adanya pabrik baru tersebut Toyota ingin memisahkannya. Untuk pabrik baru rencananya akan difokuskan untuk mobil jenis penumpang, sementara pabrik lama akan difokuskan untuk mobil komersial.

Pabrik baru yang berlokasi di Klang, Selanggor, Malaysia tersebut mempunyai luas 670 ribu meter persegi dan bisa menampung mobil dengan kapasitas mencapai 50.000 unit per tahun. Menurut rencana pabrik baru akan mulai dioperasikan pada tahun 2019 mendatang, tetapi mengenai model apa saja yang akan dihadirkan pada pabrik baru tersebut belum diketahui. Jika melihat dari yang selama ini diproduksi, Toyota di Malaysia ini memproduksi sedan Vios.

Tatsuro Takami selaku Managing Officer Toyota menjelaskan jika pabrik baru ini merupakan usaha lain untuk bisa menciptakan rencana pabrik yang kompetitif, dimana langkah ini mengikuti keputusan pada tahun lalu yang juga mendirikan pabrik baru di Mexico, jalur produksi baru di China, dan membuka dua pabrik mesin yang berlokasi di Indonesia dan Brazil pada tahun ini.

Sebagai informasi, operasional pabrik baru ini dilakukan oleh perusahaan perakitan berbasis di Malaysia, Assembly Services Sdn Bhd yang merupakan anak perusahaan dari join venture United Motor Work Toyota Motor Sdn Bhd. Baca juga  Toyota Sienta Lakukan Uji Jalan di Kawasan Salemba dan Toyota Optimis Toyota Sienta Laku Keras di Riau.

Top