Penjualan Part Aftermarket Melonjak?

Federal Part Akui Pelonjakan Penjualan – Suku cadang alias sparepart meruapakan hal yang tak mampu dipisahkan dari tangan-tangan pecinta otomotif. Walaupun tidak mutlak menjadi monopoli para pecinta kendaraan beroda, yang jelas hampir tiada satu tangan pun dimuka bumi ini yang terlepas dari jual beli suku cadang. Tentunya hal tersebut terjadi dengan skala yang berbeda-beda. Muali dari urusan bisnis hingga urusan sepele lantaran kendaraan rusak.

penjualan part aftermarket melonjak

Jika melihat kondisi tersebut, tentunya bisnis suku cadang memang menjanjikan di dunia otomotif. Namun, tak banyak pabrikan motor jadi yang enggan berurusan dengan suku cadang. Pasalnya, jenisnya terlalu banyak untuk diproduksi dan disimpan, apalagi mempromosikan ke pasaran.

Alhasil, mau tak mau pabrikan motor melempar banyak lisensi partnya ke berbagai pihak untuk menjalin simbiosis mutualisme diantara mereka. Di satu sisi, pabrikan mendapatkan jaminan ketersediaan suku cadangan untuk konsumen mereka dan di sisi lain, pabrikan sparepart mendapatkan lahan bisnis menjanjikan yang baru.

Pengenalan konsep OEM tersebut yang menjadikan Federal Part tetap eksis sampai sekarang. Sebagai penyedia part resmi, Federal Part meyakinkan konsumen bahwa part buatannya memiliki kualitas yang tak kalah daripada part produksi pabrikannya langsung maupun OEM yang lain. Alhasil, Federal Part saat ini mengklaim telah mengalami kenaikan penjualan hingga 10 persen.

separator

DIlansir dari Kompas (28/05/2016), Direktur Federal Part, Yusak Kristian menyatakan bahwa kenaikan angka penjualan tersebut merupakan pertanda yang baik. Pasalnya, kenaikan tersebut mampu menjadi bukti bahwa bisnis pembuatan suku cadang masih memiliki masa depan yang cerah dalam waktu yang panjang. Tentu hal tersebut tak lepas dari kerjasama antara 50 main dealer dan 24 sales officer Federal Part di seluruh Indonesia.

Yusak menambahkan bahwa saat ini ada 10.000 toko dan bengkel yang ikut menjadi pasukannya. Itupun masih ditambahi dengan munculnya para retailer yang jumlahnya berganda dari tahun lalu. Tentunya hal inilah yang menjadikan Federal Part lebih ramah di pasaran ketimbang merek OEM lainnya.

Bagi Yusak, komitmen Federal Part tidak muluk-muluk. Pasalnya selain mengusung kualitas yang sangat baik, Federal Part akan berusaha terus untuk membanderol part-nya dengan harga lebih murah. Di sisi lain, kehadiran part aftermarket akan menjadi lawan main sendiri apabila pabrikan juga membuat part yang sama. Namun, biasanya OEM memang menyasar pasar yang berbeda. Kalaupun pasarnya juga sama, biasanya OEM ditujukan untuk memenuhi demand di pasaran. Baca juga  Astra Otoparts Siap Libatkan Jalur Hukum Terkait Pemalsuan Suku Cadang dan Daihatsu Goda Konsumen Dengan Suku Cadang Murah.

Top