Harga Minerva RX 150, Review & Spesifikasi Februari 2017

Harga Minerva RX 150 dan Spesifikasi – Minerva tampaknya masih ingin turut serta meramaikan pasar otomotif dengan meluncurkan motor sport garapannya, yaitu Minerva RX 150. Produsen kendaraan roda dua yang bekerjasama dengan perusahaan Sachs asal Jerman tersebut memang tak setenar Honda dan Yamaha. Namun, jangan dianggap sebelah mata. Pasalnya, RX-150 yang merupakan motor sport hasil kolaborasinya dengan perusahaan asal Jerman tersebut akan hadir dengan desain sporty dan spesifikasi berteknologi cukup mumpuni. Bahkan, Minerva RX 150 yang dirilis perdana pada 20 Mei 2014 lalu itu, diklaim sebagai motor sport sejati dengan desain yang sporty untuk menambah sensasi berkendara ala motor balap. Selain itu, Minerva RX 150 ini memang diluncurkan untuk menambah keragaman motor sport berkapasitas 150cc di Indonesia yang selama ini dikuasai oleh perusahaan-perusahan besar asal negeri Sakura. Sampai di sini, apakah kawan-kawan Mas Sena semakin tambah penasaran dengan Minerva RX 150 ini?

Minerva RX 150

Perlu diketahui bahwa sebenarnya Minerva RX 150 ini merupakan produk motor kuda besi yang dikeluarkan oleh PT Minerva Motor Indonesia. Seperti dengan yang sudah Mas Sena singing di atas, Minerva sendiri adalah merek motor yang disebut-sebut berasal dari negara Indonesia yang kemudian pada tahun 2008 melakukan Co-Branding dengan perusahaan Jerman yaitu SACHS. Sehingga kalau boleh dibilang Minerva sebagai pembuat dari Minerva RX 150 adalah merek dari negara Indonesia-Jerman. Pabrik produksi motor-motornya sendiri ada di Jonggol, Jawa Barat. Kan selama ini pasti ada yang bertanya-tanya nih Minerva itu sebenarnya dari mana? Malah ada yang mengira produk ini dari negeri China. Nah di sini Mas Sena ingin menggaris luruskan saja kalau Minerva itu sebenarnya merek dari negara Indonesia-Jerman. Nah yuk sekarang kita balik lagi ke Minerva RX 150 yang pasti buat penasaran kawan-kawan semua. Jika dilihat dari mereknya sih pasti banyak yang belum mengenalnya ya? Tapi siapa sangka motor ini juga tak kalah dengan motor balap dari merek-merek terkenal yang selama ini beredar di Indonesia. Lalu apa sih keunggulannya? Nah, kali ini Mas Sena akan mengulas spesifikasi dan harga Minerva RX 150 pada beberapa segmen di bawah ini!

Motor Minerva RX 150

Review Minerva RX-15

Desain

Desain Sporty Full Fairing Kental dengan Nuansa Balap

Advertisement

Apabila kita melihat sektor tampilan fisik eksterior dari spesifikasi Minerva RX 150 ini, tampak sekali desan bodinya yang begitu sporty. Pasalnya, motor sport ini memang dirancang dengan mengusung desain full fairing yang sangat futuristik, modern, dan sporty layaknya MotoGP. Bahkan, perancang desainnya sendiri pun merupakan para desainer dari Jerman yang sudah teruji keahliannya. Hal itu bisa dilihat dari penggunaan headlamp dual lamp berteknologi Projection Lamp pada Minerva RX 150 yang akan memberikan pencahayan lebih maksimal. Selain itu, nuansa balap pun kian terasa dengan disematkannya bodi full fairing, windshield, dan jok yang bergaya Split Seat bertingkat dan terpisah antara pengemudi dan penumpangnya. Tak hanya itu saja, tampak juga tangki bahan bakar berkapasitas 14.2 liter yang bisa menyimpan banyak bekal bahan bakar ketika Minerva RX 150 dikendarai untuk menempuh perjalanan jarak jauh. Sehingga, pengemudi pun tak perlu bolak balik ke pom bensin untuk mengisi bahan bakar. Tak hanya itu, Stripping-stripping yang menghiasi bodinya juga tampak tegas dengan bubuhan garis-garis bersudut dan tulisan Minerva yang melekat pada bodi Minerva RX 150 ini sehingga semakin menambah kesannya sebagai motor racing yang keren dan sporty. Lalu, menginjak pada bagian belakangnya, motor sport besutan Minerva ini dilengkapi stop lamp yang didesain lebih meruncing dan winker yang berteknologi LED. Sehingga, kesan mewah dan sporty pun kian tampak jelas pada spesifikasi Minerva RX 150 ini pad setiap sisi bodinya.

Spesifikasi Minerva RX 150

Speedometer

Panel Indikator Andalkan Kombinasi Digital-Analog Tampilkan Kesan Modern dan Informatif

Selanjutnya, pada segmen berikutnya ini kita akan beralih pada pembahasan lain di mana pada sesi ini Mas Sena akan mengulas pada sektor panel indikator dari spesifikasi Minerva RX 150. Pada bagian ini, fitur indikator yang diusung motor sport besutan Minerva ini tampaknya memang bakal memikat setiap calon konsumennya. Pasalnya, panel indikator pada Minerva RX 150 ini akan ditampilkan dengan memadukan panel digital dan analog. Hal itu bisa dilihat dari dilengkapinya panel ini dengan beberapa tampilan informasi, mulai dari takometer analog yang terletak di tengah dengan warna background putih dan jarum penunjuk merah yang jelas. Sementara itu di sisi lain dari Minerva RX 150 ini, speedometer digital pun tampak di sisi sebelah kiri dengan hitungan Km/jam. Tak sampai di situ saja, untuk panel odometer dan tripmeter serta indikator bahan bakar pun akan ditampilkan secara digital pada sisi sebelah kanan. Nah, dengan kombinasi panel indikator digital-analog ini maka selain menampilkan desain yang menarik, dengan spesifikasi Minerva RX 150 tersebut juga akan memudahkan pengemudi dalam memahami kondisi kuda besi yang ditungganginya.

Spesifikasi Motor Minerva RX 150

Dimensi

Dimensi Kokoh Disokong Rangka Tipe Twinspare Frame (Delta Box) yang Ringan

Nah, pada segmen kali ini Mas Sena akan membahas terkait dimensi dari spesifikasi Minerva RX 150. Memang, secara kasat mata bisa dilihat bahwa desin yang diusung oleh motor ini tampak begitu sporty. Hal itu tak lepas dari sisi ukuran dimensinya di mana motor sport besutan Minerva ini memiliki ukuran bodi yang berbeda. Menariknya, Minerva akan mengandalkan rangka tipe Delta Box berbahan material Steel yang dikenal kokoh namun tetap ringan. Rangka tersebut akan menopang beban Minerva RX 150 ini yang memiliki panjang 1.960 mm, lebarnya 730 mm, tinggi mencapai 1.060 mm, dan memiliki bobot hingga 139 Kg dengan jarak sumbu rodanya mencapai 1.340 mm. Melihat rangka dan ukuran dimensi tersebut, wajar jika bentuk bodi dari Minerva RX 150 ini terlihat cukup ramping dan kokoh. Tak sampai di situ saja, berkendara pun akan terasa lebih nyaman dan aman mengingat ground clearance dari motor sport ini memiliki ukuran setinggi 140 mm sehingga pengemudinya pun akan mudah bermanuver di berbagai medan jalan. Secara keseluruhan, dimensi yang diusung spesifikasi Minerva RX 150 ini memang mengusung rangka kokoh dengan ukuran dimensi yang pas untuk sekelas motor sport pemula.

Review Minerva RX 150

Suspensi

Berkendara Semakin Terasa Nyaman Berkat Suspensi Kokoh dan Pengereman Handal

Untuk masalah kenyamanan dalam berkendara, tak perlu khawatir mengingat spesifikasi Minerva RX 150 ini sudah didukung dengan suspensi handal dan kuat. Pasalnya, tak diragukan lagi dengan dukungan suspensi Telescopic untuk bagian depannya dan Linked Type Monocross untuk bagian belakangnya serta dengan disematkannya teknologi Roller Rocker Arm membuat motor ini cukup pas untuk diajak kebut ataupun jalan-jalan. Bahkan, sekalipun ketika Minerva RX 150 ini melewati medan jalan yang berlubang atau bergeronjal mengingat kedua suspensi yang disematkan tersebut mampu meredam setiap getaran atau pun goncangan ketika melewati jalan yang tak rata. Selain itu, pada kaki-kakinya juga akan dilengkapi dengan velg tipe Alloy dengan ukuran diameter 17 inci. Velg pada Minerva RX 150 tersebut akan dibalut oleh ban yang berukuan 110/70-R17 pada bagian depan sedangkan untuk bagian belakangnya akan dibekali ban 130/70-R17. Tak hanya itu saja, sistem pengereman berteknologi ABS juga turut disematkan pada spesifikasi Minerva RX 150 ini sehingga kontrol pengemudi terhadap laju motor pun akan semakin mudah dan mampu memberikan tingkat pengereman yang sempurna, sekalipun ketika pengereman mendadak.

Harga Minerva RX 150 Terbaru

Mesin

Dibekali Mesin Handal Tipe SOHC Berkapasitas 149.8cc

Setelah kita ketahui desain, dimensi, dan kaki-kakinya, lalu kira-kira bagaimana dengan spesifikasi Minerva RX 150 ini dari segi dapur pacunya? Nah, pada sektor permesinan dari motor sport besutan Minerva ini akan dibekali dengan mesin tannguh berkapasitas 149.8 cc tipe Liquid-Cooled, 4 Stroke dan berteknologi SOHC dengan 2 katup. Dengan diusungnya teknologi mesin tersebut maka Minerva RX 150 ini akan mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 14.8 dk pada putaran ke 10.000 rpm. Sedangkan di sisi lain, untuk torsimya akan mampu mencapai titik maksimum hingga 11.1 Nm pada 8.500 rpm. Namun sayangnya Minerva RX 150 ini masih menggunakan sistem pengkabutan karburator di saat motor sport lainnya sudah menerapkan teknologi injeksi. Mungkin, ini menajdi salah satu kekurangan dari motor ini. Yang jelas bahwa tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut akan sistem transmisi 5 percepatan manual dengan kopling tipe Wet Multiple sehingga mampu menghasilkan rasio kompresi dengan perbandingan 10.7 : 1. Tampaknya, sektor dapur pacu dari spesifikasi Minerva RX 150 ini memang dibekali komponen mesin cukup tangguh.

Fitur

Motor Sport dengan Fitur Canggih

Nah, selain mengusung mesin yang tangguh, spesifikasi Minerva RX 150 ini pun juga dilengkapi dengan beberapa fitur canggih. Beberapa fitur tersebut memang disematkan pada motor sport ini untuk menunjang keselamatan dan kenyamanan kepada pengemudinya ketika berkendara. Salah satunya yaitu dengan disematkannya rem berteknologi ABS (Anti-Lock Brake Sistem) pada Minerva RX 150. Dengan adanya teknologi tersebut maka tingkat keselamatan ketika berkedara pun akan lebih terjamin mengingat fitur ABS ini diklaim akan mampu memberikan pengereman yang sempurna dan anti ban selip. Selain itu, Minerva RX 150 ini juga akan dilengkapi pula dengan suspensi kokoh, seperti Teleskopik dan Linked Type Monocross yang siap memberikan kenyamanan kepada poengemudi maupun penumpangnya ketika melewati jalanan yang bergeronjal. Sepertinya, spesifikasi Minerva RX 150 ini memang dilengkapi dengan fitur canggih yang siap menunjang keselamatan maupun kenyamanan kepada pengemudinya.

Spesifikasi Minerva RX 150

Mesin
Tipe Liquid-Cooled, 4 Stroke, SOHC, 2-Valve
Kapasitas 149.8cc
Sistem Pembakaran CDI
Sistem Starter Electric Start
Kapasitas Tangki 14.2 Liters
Lubrikasi Wet Sump
Tenaga Maksimum 14.8 HP / 10.000 rpm
Torsi Maksimum 11.1 N*M / 8.500 rpm
Sistem Suplai Bahan Bakar Carburator
Diameter x Langkah 57.3 x 57.8mm
Transmisi One way type 5-Speed
Dimensi
P x L x T 1.960mm x 730mm x 1.060mm
Berat 139 Kg
Jarak Terendah 140mm
Jarak Sumbu Roda 1.340mm
Tinggi Jok 750mm
Kaki-kaki
Suspensi Depan Telescopic
Suspensi Belakang Linked Type Monocross
Rem Depan Hydraulic, Single Disc
Rem Belakang Hydraulic, Single Disc
Tipe Rangka Delta box
Ukuran Ban Depan 110/70-17
Ukuran Ban Belakang 130/70-R17

Harga Minerva RX 150

Nah, setelah kita mengulas secara lengkap mengenai spesifikasinya pada beberapa segmen di atas, kini pada segmen kali ini Mas Sena akan mengulas harga Minerva RX 150. Namun, sebelumnya Mas Sena ingin sedikit memberikan kesimpulan dari pembahasan mengenai spesifikasi yang diusung motor sport ini. Memang, seperti yang sduah kita ketahui sebelumnya bahwa Minerva RX 150 ini adalah motor sport full fairing yang dibekali mesin berkapasitas 150cc di mana bodinya didesain sedemikian rupa agar tampil lebih sporty dan stylish dengan sentuhan desainer-desainer ciamik yang berasal dari SACHS Jerman. Selain itu, dengan harga Minerva RX 150 ini yang tidak akan semahal motor Jepang, motor sport ini pun juga akan dilengkapi dengan beberapa fitur canggih yang siap menunjang keselamatan dan kenyamanan si pengemudinya, seperti dengan disematkannya fitur pengereman ABS. Lantas, dengan mengetahui spesifikasinya tersebut, kira-kira berapa ya harga Minerva RX 150 yang resmi dibandrol di Indonesia?

Harga Minerva RX 150

Harga Minerva RX 150 Terbaru

Terkait banderol untuk memboyong motor sport ini, harga Minerva RX 150 sendiri kabarnya ditawarkan dengan harga yang boleh dibilang cukup kompetitif untuk ukuran motor sport full fairing. Karena motor sport ini dibandrol dengan harga yang di bawah harga-harga motor sport full fairing 150cc yang ada saat ini. Hal ini tentu merupakan strategi dari pihak Minerva untuk mencoba mendobrak pasar dengan motor bergaya balapnya agar bisa bersaing di pasar motor sport yang cukup ketat. Untuk harga Minerva RX 150 sendiri secara resmi ditawarkan dengan harga Rp 22.3 juta. Harga tersebut sudah merupakan harga On The Road untuk wilayah Jakarta saja. Sehingga, untuk daerah lain pun harga dari Minerva RX 150 ini pun akan berubah dan cenderung sedikit lebih mahal dari harga OTR di Jakarta tersebut. Di sisi lain, untuk pilihan warna yang disediakan sendiri ada 4 yang terdiri dari Merah, Putih, Hitam, dan Kuning di mana keempat warna tersebut tak berpengaruh pada fluktuasi harga Minerva RX 150 ini.

Harga Minerva RX 150
Rp.22.300.000,-

Catatan : 

  • Harga motor Minerva RX 150 diatas merupakan harga OTR Jakarta.
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Minerva RX 150
Advertisement

Sekali lagi perlu ditegaskan bahwa harga Minerva RX 150 di atas merupakan harga OTR untuk wilayah DKI Jakarta. Kemungkinan besar untuk daerah lain akan sedikit mengalami perbedaan harga. Tapi, untuk lebih jelasnya kawan Mas Sena bisa datang langsung ke dealer Minerva terdekat. Jika dilihat dari desain, mesin, serta harga yang ditawarkan oleh Minerva RX 150 ini terlihat bahwa motor sport ini rasanya cukup patut untuk anda miliki. Harganya yang murah tentunya diharapkan oleh Minerva bisa mendongkrak penjualan dari motor sport ini. Di sisi lain, dengan harga Minerva RX 150 tersebut, motor ini juga diklaim dapat menjangkau jarak 1 liter bensin untuk 38 km, sehingga dirasa cukup efisien jika motor sport ini digunakan sebagai kendaraan harian. Nah, itulah tadi pembahasan Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga Minerva RX 150. Semoga ulasan tersebut dapat bermanfaat bagi sobat semua. Jangan lupa baca juga ulasan menarik lainnya mengenai Suzuki GSX R150 dan Yamaha R15.

  • Fahmy Ramdani

    Mantap bener gan

    • dani

      Sya setuju kata hafiz … mesiin luaarr kualitas indo . Itu yg di cari…
      Tampil beda broorr. Klu masalah motif atau body. .. y a ng mirip mirip amat kook R125 sbelah . Yg penting tampil beda . Dn kencang . D boleeh tandiing . Krnsaya sala satu yg akn pembeli pertama ny .. ny . Wkwkk. Banggaa… lah cinta indo nesiaa.

  • Kriwul Pratama

    mau tanya untuk minerva RX 150cc kalo mauoper gigi sulit ato enggak ya soalnya saya punya minerva VX 150cc kalo mau oper gigi suka keras dan sulit bikin jempol kaki lecet

  • toar pitoy

    mau tanya kalau untuk pemesana dari dari sulut prosesnya gimana mas?tks

  • wawan Dll

    Sebentar lagi kawasaki bajaj pulsar 200ss kluar adiknya pulsar ss400, dan harga 200ss ful fairing kalau gk salah 23,300 jt atau 25 jt mesin lebih terjamin tampikan lebih oke brooo, maaf buat minerva….

    • Hafizh

      Tp masih lebih baik beli produk dalam negeri biarpun mesin luar. Drpd beli produk luar mesin luar jg…

  • Fadhil

    Bodynya sih stylish dan sporty… tapi sporty ala yamaha R 125… kapan yaa minerva bakalan ori model bodynya ??
    Salam Rider yamaha R 15

  • gepeng sr

    Y klo dr segi body sih bisa nyaingin produk yg lain. Tp msak sekelas motor sport kok rasio giginya cma 5 dan msh pke karburator…
    Tlg pak sena smua itu di perbaiki lagi… Soalnya agar bsa nyaingin produk luar negeri… Dan org indonesia jg cnta produk2 indonesia… #mksh

Top