Gaikindo Targetkan Ekspor Kendaraan Sebanyak Mungkin

Guna Memajukan Negara, Gaikindo Targetkan Ekspor Kendaraan – Selama ini, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia telah memiliki visi dan misi untuk memajukan dan mengambangkan industri otomotif Tanah Air. Hal itu ditegaskan oleh Gaikindo esniri bahwa jika industri otomotif makin maju maka negara tersebut juga akan lebih maju.

guna memajukan negara gaikindo targetkan ekspor kendaraan

Berdasarkan kutipan dari OtoDetik.com, Yohannes Nagoi yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Gaikinindo mengungkapkan bahwa jika dibandingkan industri otomotif di negara lain, memang dalam beberapa hal Indonesia masih tertinggal. Hal tersebut terlihat dari jumlah unit yang dieskpor ke luar negeri. “Indonesia jumlah penduduknya luar biasa. Kita di 250 juta penduduk, tapi industri otomotif Indonesia dibandingkan tetangga kita, dalam beberapa sisi kita menang, tapi dalam beberapa hal kita tertinggal,” kata Nangoi pada Jumat (27/5/2016).

Advertisement

Selain itu, Ia juga membandingkan industri otomotif antara Indonesia dengan Thailand di mana saat ini Negeri Gajah Putih tersebut telah berhasil mengekspor lebih banyak kendaraan jika dibandingkan dengan Indonesia. Padahal, menurutnya bahwa Thailand yang hanya memiliki jumlah penduduk sekitar 60-70 jutaan justru domestik pasarnya malah berada di atas pasar Tanah Air namun saat ini Thailand berada di bawah Indonesia untuk market domestiknya. Akan tetapi, dari segi ekspor justru Thailand lebih banyak mengekspor daripada Indonesia dengan perbandingan bahwa jika di Thailand sudah mencapai 800.000 unit per tahun sedangkan kita masih 200.000 unit per tahunnya.

Oleh sebab itu, Nangoi sendiri ingin dan sangat berharap bahwa industri otomotif Inddonesia meningkat. Menurutnya, dengan meningkatnya nilai eksspor maka negara akan mendapatkan keuntungan dan devisa negara akan bertambah. Bahkan, ia juga menurutkan kemungkinan besar justru akan banyak membuka lapangan pekerjaan dan roda perekonomian akan bergerak secara cepat.

Terlepas dari hal tersebut, salah satu hal yang menjadikan industri otomotif Indonesia masih berada di bawah Thailand yaitu kurangnya industri komponeen otomotif. Kenapa, karena di Thailand sendiri saat ini industri komponen otomotif sudah lebih dari 200o pelaku. Sementara di Indonesia saat ini masih di bawah 1000 pelaku. Baca juga Konsistensi Indonesia dalam Menuju Negara Industri Otomotif Kian Jelas dan Pemerintah dan Gaikindo Optimis Pasar Otomotif Segera Tancap Gas.

Top