Ini Dia, Mobil Listrik Garapan Mahasiswa UPI

Mobil Listrik Karya Mahasiswa UPI Siap Adu Cepat di London – Mobil listrik bertajuk Turangga Cheta EV3 buatan mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia dkabarkan akan bersiap untuk tampil adu cepat dalam ajang Shell Eco-marathon Drivers World Cahmpionship (SEM DWC). Ajang tersebut akan segera dilangsungkan di Queen Elizabeth Olympic Park, London, Inggris.

mobil listrik karya mahasiswa upi siap adu cepat di london

Mahasiswa perwakilan Indonesia yang tergabung dalam Tim Bumi Siliwangi Team 4 UPI akan segera mengikuti persaingan dengaan para peserta dari beberapa negara di Asia, Amerika dan Eropa. Pada ajang tersebut akan dicari mobil paling cepat dan paling hemat di dunia.

Advertisement

Di sisi lain, berdasarkan lansiran dari OtoDetik.com, diosebutkan bahwa kualifikasi ajang bergengsi SEM DWC pada ajang di Shell Eco-marathon Eropa tersebut akan segera dilangsungkan pada 30 Juni – 3 Juli 2016 mendatang. Terkait hal tersebut, Tim Bumi Siliwangi Team 4 yang beranggotakaan 8 orang dari mahasiswa UPI tersebut tengah mempersiapkan mobil yang bertajuk Turangga Cheta EV3 untuk mengikuti adau cepat khusus unttuk kategori UrbanConcept dengan mengandalkan enegri baterai listrik.

“Kegiatan ini baru kali pertama diselenggarakan. Ini tantangan baru buat kami. Biasanya ikut pertandingan hemat bahan bakar, nanti kita mengolah mobil agar sehemat mungkin tapi melaju dengan secepat-cepatnya,” ujar Manajer Tim Bumi Siliwangi Team 4 UPI, Amin Sobirin, saat konferensi pers di Gedung Museum Pendidikan, Kampus UPI, Jalan Setiabudhi, Kota Bandung, Jawa Barat pada Jumat (27/5/2016).

Untuk Asia, setelah perhelatan SEM Asia pada Maret 2016 lalu, hanya ada lima tim SEM Asia meraih jatah kualifikasi SEM DWC yang tiga di antaranya tim mahasiswa asal Indonesia. Salah satu timnya yaitu Bumi Siliwang Team 4 yang menorehkan prestasi setelah mobil Turangga Cheta EV3 berhasil meraih gelar Juara II untuk kategori UrbanConcept berbahan bakar baterai listrik dengan catatan jarak tempuh 78 km/kWh.

Selain itu, Haviez Gautama selaku GM External Relations PT Shell Indonesia telah menyatakan untuk memberi dukungan penuh kepada Tim Bumi Siliwangi Tewam 4 untuk bertarung pada ajang SEM DWC 2016 yang akan dilaksanakan di London. Ia juga mengungkapkan bahwa tim mahasiswa perwakilan Indonesia ini akan kembali ditantang untu berhadapan dengan negara-negara lain yang telah lolos seleksi SEM Asia 2013 lalu. “Ini menunjukkan bahwa UPI ialah institusi yang berhasil menciptakan tim mahasiswa kreatif dalam mendesain mobil masa depan yang hemat energi,” ujar Haviez. Baca juga UNY Raih Juara dan Gelar pada ISGC di Korea Selatan dan Selain Mobil Impor Bawaan APM, Mobil Buatan Anak Bangsa Juga Wajib Ditengok.

Top