Keren! China Kembangkan Bus Anti Macet

Atasi Terjebak Kemacetan Lalu Lintas, China Kembangkan Bus Anti Macet – Melihat padatnya lalu lintas kota yang dipenuhi oleh kendaraan pribadi, tentu memicu adanya peningkatan angka kemacetan. Hal ini, juga akan berimbas pada alat transportasi umum seperti bus. Meskipun pada sejumlah negara, kendaraan umum seperti bus telah memiliki jalur sendiri namun dalam kenyataannya kemacetan tetap menjadi problematika tersendiri.

atasi terjebak kemacetan lalu lintas china kembangkan bus anti macet

Untuk mengatasi terjebak kemacetan lalu lintas, China telah mengupayakansebuah inovasi baru yaitu pengembangan bus anti macet.

Bus tersebut, kabarnya dirancang untuk berjalan di atas rel selayaknya kereta api. Pembuatan rel tersebut juga berada di jalur khusus sehingga tak akan mengganggu lalu lintas yang sudah ada, dan tentu saja akan sanggup tetap melaju pada arus lalu lintas yang padat.

Untuk menghindari bus dari kemacetan lalu lintas, para insinyur lalu lintas di China mengatakan bahwa dengan membangun lorong di bagian bawah bus, maka nantinya bus akan terhindar dari macet, atau tetap bisa melaju meskipun dalam kondisi arus padat.

Tentu saja, kemungkinan tersebut akan membuat bus berjalan di atas kepadatan setinggi apapun bahkan dalam kondisi macet sekalipun. Bus membawa bodi berukuran 7,8 meter serta panjang 60 meter ini dibekali dengan sebanyak empat rangkaian yang saling terhubung. Informasi tersebut seperti pada Carbuzz yang dirangkum dari Okezone, Senin (30/05/2016).

Jika dikatakan mirip dengan kereta, benar sekali. Konsep dari bus ini memang mirip dengan kereta. Tak hanya itu saja, daya tampung dari bus anti macet ini juga cukup besar. Untuk melakukan sekali perjalanan, bus dengan konsumsi bahan bakar gas ini akan sanggup menampung sebanyak 1.400 orang penumpang. Jumlah tersebut setara dengan kapasitas 40 unit perjalan bus berkapasitas besar.

Meski demikian, masih belum diungkapkan untuk sektor keamanan dan keselamatannya sendiri. Namun, jika melihat teknologi automotif yang ada di China saat ini, rasanya untuk sektor-sektor tersebut juga telah diperhitungkan secara matang agar kendaraan dapat beroperasi dengan maksimal.

Saat ini proses pengembangan bus ini masih terus dilakukan, dan belum diketahui secara pasti kapan bus tersebut akan mulai beroperasi di China. Baca juga Beijing Motor Show Tampilkan Kendaraan-kendaraan Bertenaga Listrik dan Lagi, Kualitas Mobil China Dipertanyakan

Top