Harga Vespa Primavera 2017, Review, Spesifikasi & Gambar

Harga Vespa Primavera dan Spesifikasi – Selain Vespa LXV 150 3V, Piaggio-Vespa juga memproduksi varian Vespa yang tak kalah menariknya, yaitu Vespa Primavera. Motor Vespa Primavera ini juga merupakan satu dari skuter legendaris yang dimiliki pabrikan asal Italia tersebut tampaknya memang berusaha melengkapi jajaran Vespanya di era modern. Selain itu, Vespa Primavera ini juga muncul sebagai motor skuter kelas menengah yang mengusung konsep desain klasik-modern, spesifikasi dan berbagai macam fitur menarik. Bahkan, teknologi mesin yang diusung Vespa Primavera ini pun akan lebih canggih. Jadi, bukan suatu hal yang mengherankan jika Vespa Primavera ini banyak diprediksi akan menjadi salah satu primadona baru bagi para pecinta motor skuter Vespa modern di Tanah Air. Selain itu, kehadiran Vespa Primavera ini di pasar otomotif Indonesia juga akan semakin ketat, terutama pada segmen motor matik yang hingga sekarang dikuasai dengan berbagai macam jenis matik berdesain modern. Apalagi, Vespa Primavera ini pun sudah dilengkapi dengan beragam fitur modern yang akan mampu bersaing di pasar otomotif roda dua Tanah Air.

vespa primavera

Terkait masalah spesifikasi, Vespa Primavera yang hadir di Indonesia akan membawa desain khas retro dengan fitur modern. Selain itu, Vespa Primavera juga akan mengusung gaya desain modern, elegan, dan gaya yang leebih eksklusif sehingga meskipun dianggap sebagai motor jadul namun tetap berdesain futursitik. Selain itu, pada sektor mesinnya pun juga dinilai cukup mumpuni. Pasalnya, Vespa Primavera ini akan dibekali dengan mesin I-Get single cylinder 4 strokes 3 valves dengan kapasitas hingga 154,8 cc sehingga mampu hasilkan tenaga yang maksimal. Apalagi, dengan adanya mesin I-Get ini, tentunya membuat Vespa Primavera inbi lebih ramah lingkungan dan lebih efisien tanpa mengurangi performanya. Bahkan, dengan dilengakpi sistem Electronic Injection akan membantu mesin guna meminimalkan konsumsi bahan bakar hingga 64 km/jam pada kecepatan konstan 50 km/jam. Belum lagi pada suspensi, dimensi, dan Bergama fitur lainnya yang disematkan pada Vespa Primavera ini. Nah, berkaitan dengan hal tersebut, pad sesi kali ini Mas Sena akan mengulas secara lengkap dan mendetail mengenai spesifikasi dan harga Vespa Primavera. Yuk kita simak bersama dalam beberapa segmen berikut.

motor vespa primavera

Review Vespa Primavera

Desain

Desain Bergaya Klasik dan Futuristik

Sebagai awal pembahasan, Mas Sena akan mengajak kawan-kawan semua untuk membahas sektor terluar dari spesifikasi Vespa Primavera ini. Pada sektor luar atau eksterior dari Vespa Primavera ini pun memang menampilkan gaya desain yang unik dan menarik. Jika dilihat secara keseluruhan, sebenarnya Vespa Primavera ini memiliki gaya desain yang hampir mirip dengan Vespa 946. Gaya retro dipadukan dengan garis-garis modern dan ergonomic yang tampilkan kesan elegan. Apalagi pada bagian depan yang berbentuk ramping dan menggelembung ke bawah memperlihatkan kesan motor Vespa klasik. Pada bodi depan, Vespa Primavera  ini dirancang cukup sederhana layaknya Vespa 60an. Headlamp terpasang menyatu dengan dashboardnya ditambah dengan kedua kaca spio yang berbentuk bulat. Pada bagian tengah bodi depan, terpasang juga sepasang lampu sein yang tampak lebih manis dengan desain yang futuristic. Menginjak pada sektor bodi samping, Vespa Primavera mengusung desain yang sederhana dengan sedikit lekukan garis modern sehingga mampu menampilkan kesan yang lebih elegan. Lalu, pada joknya pun juga tampak terpasang dengan rapi dan menyatu antara jok pengemudi dan penumpang. Kemudian, pada bagian buritannya juga tampak lampu belakang (stoplamp) yang terpasang secara simetris sehingga semakin memperkuat aura modernnya. Secara keseluruhan, spesifikasi Vespa Primavera memang mengusung konsep desain yang sederhana namun tetap menonjolkan gaya desain klasik ytang futuristic.

spesifikasi vespa primavera

Speedometer

Instrumen Indikator Bergaya Klasik Namun Andalkan Panel Digital

Menginjak pada pembahasan berikutnya, kita akan mengulas secara lengkap mengenai panel indikator yang digunakan oleh spesifikasi Vespa Primavera. Panel instrumen yang diusung Vespa Primavera ini bakal menampilkan gaya klasik namun tetap memberikan kesan yang lebih modern dan futuristis. Hal tersebut tampak pada speedometer yang didesain secara lebih modern. Bahkan, aura keklasikannya makin jelas dengan gaya yang menyerupai kipas. Selain itu, panel instrumen indikator dari Vespa Primavera ini terbagi dalam 2 kategori peletakan, yaitu atas dan bawah. Untuk sektor atas, menampilkan data speedometer atau penunjuk kecepatan konvensional dengan mengandalkan panel indikator analog. Sementara itu, untuk sektor bawah menampilkan panel instrumen berteknologi digital. Di mana, pada panel indikator digital Vespa Primavera ini menunjukkan bahan bakar. Bahkan, untuk tampilannya sendiri memiliki kemiripan dengan apa yang dimiliki Vespa 946 yang mengusung panel indikator LCD berwarna biru. Panel digital juga dilengkapi dengan warna penerang biru yang semakin menambah kesan modern yang diusung oleh spesifikasi Vespa Primavera ini.

spesifikasi motor vespa primavera

Dimensi

Dimensi Lebih Besar dan Nyaman Berbahan Baja

Berikutnya, pada segmen kali ini kita akan mengulas mengenai sektor dimensi yang diusung oleh spesifikasi Vespa Primavera ini. Sebelumnya, Piaggio sendiri mengungkapkan bahwa Vespa Primavera ini akan hadir dengan gaya sasis dan bentuk bodi yang baru. Rangka untuk membangun konsep desain dari Vespa Primavera ini pun juga terbuat dari baja besar yang akan menjadikan motor ini lebih stabil, terutama ketika dikendarai dalam kecepatan tinggi. Oleh sebab itu, wajar jika bentuk dimensinya memiliki ukuran yang besar. Pasalnya, dari dimensinya sendiri Vespa Primavera ini memiliki panjang 1852 mm, lebar 680 mm dengan ketinggian jok mencapai 780 mm. Lalu, untuk tangkinya memiliki kapasitas 8,5 L. Melihat ukuran dimensi tersebut, tampaknya memang Vespa Primavera ini mengusung bodi yang lebih besar namun tetap kokoh. Apalagi, ketinggian joknya juga tergolong standar untuk ukuran tinggi orang dewasa di Indonesia. Sehingga, akan sangat cocok dan nyaman jika digunakan untuk touring jarak jauh. Pada spesifikasi Vespa Primavera ini, terlihat rangka yang lebih terasa mantap dan kokoh berkat susunan material baja.

review vespa primavera

Suspensi

Disokong Suspensi yang Lebih Empuk

Selanjutnya Mas Sena akan mengajak kawan-kawan untuk membahas sektor suspensi yang digunakan dalam spesifikasi Vespa Primavera ini. Sudah kita ketahui bahwa rangka dari Vespa Primavera ini terbuat dari bahan baja sehingga tentu akan memiliki bobot yang berat. Namun, tampaknya hal tersebut sudah diantisipasi oleh pabrikan Piaggio. Pasalnya, bobot dari Vespa Primavera ini akan disokong dengan kuat oleh dua suspense tangguh pada sektor depan dan belakang. Untuk suspensi depan mengusung Single arm dengan pegas helical dan double hydraulic shock absorber yang akan mampu mengimbangi dan memberikan kenyamanan pada kemudi depannya. Lalu, Vespa Primavera ini pada suspensi belakang menggunakan Shock absorber adjustable preload dengan 4 pengaturan yang akan mengurangi vibrasi sehingga akan membuat pengemudi dan penumpang merasa nyaman ketika bermanuver atau pun berkendara di medan yang cukup terjal. Selain itu, Vespa Primavera juga dilengkapi dengan sistem pengereman yang canggih. Untuk pengereman depan menggunakan disc brake (cakram) dengan piringan berdiameter 200 mm. Sementara itu, untuk pengereman belakang mengandalkan tromol (drum brake) yang berukuran 140 mm. Bahkan, untuk mendukung suspensi Vespa Primavera ini agar lebih kokoh dan nyaman dikendarai, Vespa Primavera ini dilengkapi dengan ban jenis Tubeless di mana pada ban depan memiliki ukuran 110/70-11 dan untuk ban belakang juga memiliki ukuran yang hampir sama, yaitu 120/70-11. Spesifikasi Vespa Primavera tersebut menjadi jaminan bahwa kontrol yang diberikan akan begitu gesit dan lincah ini.

harga motor vespa primavera

Mesin

Dapur Pacu Andalkan Teknologi I-Get Silinder Tunggal

Pada kesempatan ini, Mas Sena akan mengulas secara lengkap dan terperinci pada sektor permesinan atau dapur pacu dari spesifikasi Vespa Primavera ini. Sebagai motor skuter kelas menengah, tentunya tak hanya desain atau pun fitur saja yang dikedepankan. Bahkan, ruang dapur pacu pun juga harus dan wajib mendapat perhatian yang serius. Terkait hal tersebut, Vespa Primavera ini juga sudah dibekali dengan mesin yang mumpuni, yaitu mesin berteknologi I-Get, silinder tunggal, 4 strokes, dan 3 valves di mana memiliki kapasitas 154,8 cc berpendingin udara. Mesin Vespa Primavera tersebut memiliki kekuatan yang bisa mencapai 8,7 kW pada putaran ke 7.500 rpm dan juga mampu mencapai titik torsi maksimum hingga angka 12 Nm pada putaran yang ke 5.000 rpm. Lalu, kekuatan mesin yang dihasilkan tersebut akan disalurkan melalui sistem transmisi Automatic CVT sehingga akan membuat laju akselerasi dari Vespa Primavera ini menjadi lebih gesit dan cepat. Selain itu, dengan di sematkannya mesin I-Get ini tentunya akan menjadi lebih ramah lingkungan dan lebih efisien. Menariknya, mesin yang digunakan dalam spesifikasi Vespa Primavera tersebut sudah distandarkan dengan EURO 3 yang tentunya memberi bukti kemampuannya.

Fitur

Dilengkapi Fitur Pengereman Canggih

Akhirnya, sampailah kita pada pembahasan terakhir mengenai spesifikasi Vespa Primavera. Pada pembahasan terakhir ini, Mas Sena akan mengulas fitur yang dimiliki Vespa Primavera. Beberapa fitur unggulan dari Vespa Primavera ini salah satunya yaitu mengusung shock breaker depan yang berjenis tunggal dengan pedal gas helical hidrolik. Sementara itu, pada shock breaker belakang juga memiliki kesamaan dengan shock breaker depan hanya saja untuk tingkat kekerasannya bisa diatur sendiri. Sehingga, pemilik bisa menyesuaikan kondisi jalan yang lebih dominan dilewatinya setiap hari agar mudah disesuaikan dengan tingkat kekerasan bantingannya. Di sisi lain, Vespa Primavera ini juga mengandalkan sistem pengereman cakram depan dengan piringan yang berukuran 200 mm dan rem belakang berteknologi tromol berukuran 140 mm. Di sisi lain, walaupun bodi Vespa Primavera ini bisa dikatakan cukup montok namun pada kenyataannya cukup ringan jika sudah dikendarai. Pasalnya, di seluruh cover bodi motor dirancang dengan rancangan berbahan baja ringan yang kuat. Melihat hal tersebut, tampaknya spesifikasi Vespa Primavera ini memang ditujukan sebagai identitas skuter kelas atas.

Video Vespa Primavera

Berikut ini adalah official video Vespa Primavera yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari motor Vespa ini:

Spesifikasi Vespa Primavera

Dimensi
Panjang X Lebar 1852 mm x 680 mm
Jarak Sumbu 1334 mm
Tinggi Jok 780 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 8.5 L
Mesin
Tipe Mesin I-Get, single cylinder, 4 strokes, 3 valves
Volume Silinder 154,8 cc
Daya Maksimal 8.7 kW / 7500 rpm
Torsi Maksimal 12 Nm / 5000 rpm
Sistem Pendinginan Mesin Forced Air
Transmisi Automatic CVT (Continuous Variable Transmission)
Sistem Pengapian Electronic injection
Emisi Euro 3
Rangka
Tipe Suspensi Depan Single arm with helical spring and single double-acting hydraulic shock absorber
Tipe Suspensi Belakang Shock absorber with adjustable preload with 4 settings
Rem Depan 200mm disc brake
Rem Belakang 140-mm drum brake
Ukuran Ban Depan Tubeless 110/70-11
Ukuran Ban Belakang Tubeless 120/70-10

Harga Vespa Primavera

Nah, pada sesi terakhir ini, Mas Sena akan membahas harga Vespa Primavera. Namun, sebelum mengulas lebih jauh mengenai harga, Mas Sena akan sedikit memberikan kesimpulan terkait ulas spesifikasi dari Vespa Primavera. Pertama mulai dari desainnya, di mana Vespa Primavera mengusung konsep desain yang klasik namun mengedepankan gaya futuristik sehingga tampak lebih modern. Lalu, mesinnya juga dipersenjatai dengan mesin berteknologi tinggi, yaitu teknologi I-Get. Mesin yang dipasang pada skuter ini merupakan pengembangan  lebih lanjut dari generasi 3v yang tentunya akan memengaruhi perkembangan harga Vespa Primavera ini. Sebagaimana diketahui, mesin tersebut memiliki Single Cylinder, 4 Strokes, 3 Valves dengan kapasitas 154,8 cc yang mampu hasilkan tenaga dorong yang cukup besar. Selain itu, dengan adanya teknologi mesin I-Get tersebut, menjadikan Vespa Primavera ini lebih efisien dan ramah lingkungan. Namun, dengan rangka baja ringan dan bodi yang montok,tampaknya akan sedikit kesulitan jika melewati jalan yang sempit atau pun ketika akan dimasukkan ke garasi yang berukuran sedang. Lantas, kira-kira berapa ya harga Vespa Primavera ini?

harga vespa primavera

harga vespa primavera terbaru

Untuk urusan harga Vespa Primavera ini, tentunya pabrikan menyesuaikannya dengan spesifikasi yang diusung dari Vespa Primavera. Melihat spesifikasi yang dibawa Vespa Primavera ini, tampaknya harga yang dibanderol kemungkinan besar akan cukup tinggi. Dan benar saja, dari informasi yang didapat para intelijen Mas Sena, Vespa Primavera memiliki harga Rp 33.800.000. Suatu angka yang cukup mahal untuk sekelas motor Vespa. Sebagai informasi, harga Vespa Primavera tersebut merupakan harga OTR untuk wilayah Jakarta sehingga kemungkinan besar akan berubah jika berada di daerah luar Jakarta. Di samping itu, hal lain yang terkadang memengaruhi harga juga yaitu pada pilihan warna. Berkaitan dengan hal tersebut, Vespa Primavera ini menyediakan beberapa pilihan warna yang menarik, antara lain Montebianco, Rosso Dragon, Blue Midnight, Nero Vulcano, dan Grigio Seta yang bisa dipilih sesuai selera konsumen. Pilihan warna tersebut hingga sejauh ini tidak memengaruhi harga Vespa Primavera ini.

Harga Vespa Primavera
Sekitar Rp 33.800.000,- (OTR Jakarta)
Daftar Harga Motor Vespa

Jika berbicara masalah harga Vespa Primavera, memang angka tersebut tergolong tinggi. Pasalnya, spesifikasi dan  fitur yang dibawa juga tergolong canggih dan mumpuni. Namun, meskipun memiliki harga yang cukup tinggi, Vespa Primavera tetap banyak diminati, khususnya para pecinta skuter Vespa. Akan tetapi, jika melihat secara lebih luas, Vespa Primavera ini akan bersaing dengan saudaranya sendiri yaitu Vespa LXV 150 3V yang memiliki memiliki spesifikasi tak terlalu jauh dari Vespa Primavera. Menariknya, Vespa LXV 150 3V menggunakan mesin yang lebih lawas ketimbang mesin Primevera ini, namun ternyata harga Vespa Primavera masih lebih murah ketimbang varian LXV. Satu hal yang jelas dari harga dua bersaudara tersebut, bahwa tak ada satupun yang tergolong murah. Namun tentu, dengan harga tersebut semua kebaikan Vespa yang legendaris sudah dapat dipastikan masuk ke dalam Vespa Primavera ini. Itulah tadi beberapa ulasan mengenai spesifikasi dan harga Vespa Primavera. Semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa. Baca juga  Vespa LXV 150 3vPiaggio Medley ABS, dan Harga Vespa.

Top