Begini Wujud Adik Avanza-Xenia, Si “Toyota Calya”!

Toyota Siapkan Mobil Murah dengan Nama Toyota Calya – Lama tak terdengar kabarnya, kini kabar terbaru mengenai adik Avanza-Xenia yang bernama Toyota Calya kembali mencuat ke hadapan publik. Kali ini, foto yang diduga kuat merupakan Toyota Calya telah beredar di dunia maya. Calya dalam bahasa Sansekerta diartikan tidak cacat atau sempurna. Dilihat dari penampilannya, mobil ini sekilas mirip dengan Vios atau Yaris tetapi sangat berbeda dari sang kakak Avanza.

Toyota Siapkan Mobil Murah dengan Nama Toyota Calya

Toyota Calya ini juga diklaim sebagai mobil dengan harga murah dan ramah lingkungan (low cost and green car/LCGC). Hal ini terlihat dari emblem yang digunakan oleh mobil tersebut sama dengan emblem yang terlihat pada mobil murah lainnya seperti Toyota Agya. Karena setiap produk LCGC wajib menggunakan nama dan emblem khusus Indonesia, sesuai regulasi yang berlaku pada Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 33 Tahun 2013 tentang Pengembangan LCGC.

Tidak hanya itu saja, adik dari Avanza-Xenia ini juga didukung dengan kapasitas tujuh orang. Jumlah ini dianggap sangat cocok bagi keluarga di Indonesia dan kemungkinan bisa mendulang sukses sama seperti mobil Avanza-Xenia yang juga didukung dengan kapasitas 7 orang.

Mobil murah yang merupakan adik Avanza-Xenia ini juga akan dibekali dengan performa yang mumpuni dimana mengusung mesin 3NR-FE dengan kapasitas 1.2 liter sama seperti yang ada pada Etios Valco. Perbedaannya pada mesin ini sudah didukung teknologi Dual VVT-i yang mampu mengompensasi tenaga lebih besar sesuai ukuran bodi yang berkonfigurasi 7 penumpang.

separator

Baca juga review Mas Sena mengenai Toyota Calya

Pada salah satu varian andalannya tersebut dipastikan akan menggunakan transmisi manual 5 percepatan. Seperti yang diketahui, model ini sepertinya memang menyasar pada target konsumen utama di luar pasar tradisional seperti di pulau Jawa dan Bali. Namun tidak menutup kemungkinan Toyota akan terus mengembangkan transmisi otomatis untuk mesin ini jika ke depannya penjualan bisa laku keras di pasaran.

Mengenai waktu peluncurannya, mobil ini direncanakan akan meluncur pada tanggal 2 Agustus 2016 mendatang dan bakal diperkenalkan ke publik pada ajang ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 mendatang. Baca juga Toyota Sienta Lakukan Uji Jalan di Kawasan Salemba dan Duet Kerjasama Dinamai Astra Toyota Calya.

Top