Yuk Kenalan Sama Motor Siluman yang Bakal Jadi Tunggangan Tentara Amerika!

Dua Motor Siluman Bertenaga Hybrid Diperkenalkan oleh DARPA – Jika akhir-akhir ini sedang begitu populer sepeda motor sport atau moge yang siap melibas jalanan dengan tenaga tangguhnya. Kali ini, informasi terbaru datang dari Badan Riset Pertahanan Amerika Serikat (DARPA) telah memperkenalkan dua sepeda motor yang disebut sebagai motor siluman. Dua motor barunya ini ditenagai oleh mesin hybrid, yaitu kombinasi dari motor listrik dengan mesin konvensional berbahan bakar minyak zaitun.

dua motor siluman bertenaga hybrid diperkenalkan oleh darpa

Seperti informasi Defence One yang dilansir melalui halaman Okezone, Selasa (31/05/2016) yang mengatakan bahwa dua motor tersebut adalah SilentHawk yang dikembangkan oleh Logos Technologies serta Nightmare yang merupakan hasil karya LSA Autonomy.

Kedua motor tersebut juga memiliki dua mode pengendaraan yaitu secara tradisional. Dimana untuk mode ini maka motor akan mengeluarkan suara normal selayaknya sepeda motor biasa. Dan mode senyap, dimana dengan mode ini sepeda motor akan digerakan dengan motor listrik. Pada saat disetel dengan mode senyap, kedua motor ini akan berjalan hanya dengan mengeluarkan suara sebesar 55 desibel.

Inilah yang membuat keduanya dikatakan sebagai motor siluman.

separator

Pihak Logas Technologies sendiri mengungkapkan bahwa keunggulan dari SilenHawk akan sanggup menjelajahi medan berat offroad dengan menggunakan tenaga listrik. Kecepatan yang dihasilkan adalah 88 km per jam. Bukan itu saja, bahkan motor ini juga dapat berkamulfase menyesuaikan kondisi lingkungan sekitarnya sehingga akan semakin sulit terdeteksi.

Yang lebih menarik, mesin konvensional dari motor tersebut juga bisa dilepas sehingga sepeda motor akan dapat melaju sepenuhnya mengandalkan tenaga listrik. Sementara untuk tenaga listrik, dengan kondisi baterai terisi penuh SilentHawk akan sanggup melaju sejauh 80 kilometer.

Meski demikian, SilentHawk sendiri saat ini masih berupa prototipe yang artinya adalah masih perlu menerima berbagai pengembangan hingga telah benar-benar bisa digunakan sesuai ekspektasinya.

DARPA mengatakan, bahwa mereka telah memulai proyek pengembangan motor siluman ini sejak tahun lalu. Menggandeng Logos Technologies, DARPA menargetkan agar motor siluman tersebut akan bisa menjalani proses pengujian dalam kurun waktu 18 bulan mendatang. Nantinya, kendaraan ini akan khusus digunakan untuk operasi militer AS. Baca juga Sepeda Motor BMW Termurah G310R Meluncur di Malaysia dan Ducati Indonesia Luncurkan Motor Sport Bernama Ducati Xiavel

Top