Sebentar Lagi, Desain Mobil F1 Usung Kokpit Tertutup

Desain Rancangan Mobil F1 akan Dilengkapi Pelindung Kokpit – Saat ini ajang balap Formula 1 merupakan salah satu kompetisi balap mobil paling bergensi di dunia. Kompetisi ini diikuti oleh mobil Formula yang mengusung desain rancangan kokpit terbuka sampai sekarang, dan hal inilah yang menimbulkan banyak kekhawatiran karena sangat beresiko bagi pebalap. Dimana kepala pembalap bisa mengalami cedera karena resiko terkena serpihan benda yang melayang di lintasan sangat besar.

Desain Rancangan Mobil F1 akan Dilengkapi Pelindung Kokpit

Untuk itu, sebagai penyelenggara F1 akan melakukan sesuatu yang bisa mengurangi resiko yang bisa menghantam pembalap saat berada di lintasan. Salah satu upaya yang dilakukannya adalah dengan mengubah desain kokpit mobil F1 yang dilengkapi dengan adanya pelindung sehingga resiko bagi pebalap terkenal serpihan sangat kecil dan bisa meningkatkan keamanan pembalap itu sendiri saat akan melakukan balap.

Advertisement

Konsep ini pertama kalinya dihadirkan oleh Alfa Romeo yang merupakan pemasok mesin F1 pada era 1950-1988. Seorang desainer dari Alfa Romeo yang bernama Tuncay Karabulut menggambar desain virtual dari mobil balap yang terlihat lebih modern dan aman. Konsep tersebut sering disebut dengan AW30. Namun sampai saat ini, dari pihak FIA selaku Regulator balap dunia masih dipikir ulang. FIA masih terus menguji dua model kokpit yang rencananya baru akan digunakan mulai musim depan. Untuk model pertamanya adalah Halo yang sedang dikembangkan oleh Ferrari. Selanjutnya untuk model kedua adalah aeroscreen yang masih dikembangkan oleh Red Bull.

Model kokpit Halo yang dikembangkan oleh Ferrari ini merupakan desain pelindung kokpiy dimana hanya tertutup sebagian saja. Fungsi utamanya adalah melindungi pembalap dari puing-puing yang terbang di area pembalap. Sementara model Aeroscreen yang dikembangkan oleh Red Bull ini sekilas mirip dengan kaca yang sengaja diletakkan tepat di bagian depan mata pembalap. Dari kedua jenis kokpit yang akan diuji tersebut, Race Director Charlie Whiting memberikan pendapatnya jika kokpit Halo lebih masuk akal jika dibandingkan model kokpit Aeroscreen. Hal ini terlihat dari Halo yang dianggap lebih aman dan tidak akan membuat pembalap cidera. Namun, keputusan final yang nantinya akan digunakan baru akan diumumkan pada tanggal 1 Juli 2016 mendatang. Baca juga Honda RC213V-S Resmi Hadir di Indonesia dengan Harga Milyaran dan Rio Haryanto Catatkan Waktu Memuaskan pada Tes Perdana F1.

Top