Harga Honda Supra X 125 FI 2017, Review, Spesifikasi & Gambar

Harga Honda Supra X 125 FI dan Spesifikasi – Salah satu motor bebek pabrikan Honda yang hingga sekarang masih eksis dan diminati yaitu Supra X. Kini Supra X hadir menjawab kebutuhan konsumen dengan menghadirkan motor bebek yang bertenaga 125 cc dengan mengusung nama Honda Supra X 125 FI. Bahkan, motor bebek garapan Honda ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi sistem pembakaran FI atau Fuel Injeksi yang tentunya berkorelasi dengan singkatan FI pada nama motor ini. Sebgagaimana diketahui, teknologi Fuel Injeksi yang ditanam dalam komponen dapur pacu Honda Supra X 125 FI tersebut mampu menjadikannya menjadi salah satu motor bebek paling irit di Tanah Air dan tentunya bakal memberikan performa yang cukup bertenaga di kelasnya. Oleh sebab itu, tak salah jika Honda Supra X 125 FI ini mendapat julukan sebagai “Rajanya Motor Bebek”. Sebab, varian Supra X tetap menduduki tingkat tertinggi dalam hal penjualan di kelas motor bebek meskipun harus bersaing melawan motor bebek garapan pabrikan lain, seperti Yamaha, Suzuki, dan beberapa pabrikan lokal yang berasal dari India. Tentunya semakin penasaran kan dnegan ketangguhan Honda Supra X 125 FI terbaru ini?

honda supra x 125 fi

Bisa dipastikan apabila kualitas Honda Supra X 125 FI ini masih senafas dengan kualitas produk lain dari Honda yang terkenal keawetannya. Mengingat Honda Supra X 125 FI ini dibekali dengan mesin canggih yang berteknologi Fuel Injection yang semakin memantapkan posisi dari Honda Supra X 125 FI ini di pasar industri motor bebek Indonesia. Selain itu, Honda juga memberikan penawaran pada gaya desain dari Honda Supra X 125 FI yang tampak lebih sporty dan maskulin jika dibandingkan dengan Supra X 125 versi sebelumnya yang masih mengandalkan pembakaran dengan sistem karburator. Bahkan, Honda Supra X 125 FI ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur teranyar yang akan memberikan kenyamanan dan keamanan serta keselamatan pengendara dari motor bebek ini. Terlepas dari itu, Honda Supra X 125 FI terbagi dalam 2 versi, yaitu CW dan SW di mana keduanya sama mengandalkan mesin berkapasitas 125 cc dan teknologi Fuel Injeksi. Lantas, kira-kira apa saja ya keunggulan yang dimiliki Honda Supra X 125 FI ini? Nah, berhubungan dengan hal tersebut, kali ini Mas Sena akan membahas secara detail mengenai spesifikasi dan harga Honda Supra X 125 FI. Yuk kita simak bersama!

honda supra x 125

Review Honda Supra X 125 FI

Desain

Desain Simple Tampilkan Kesan Sporty

Untuk mengawali pembahasan mengenai spesifikasi Honda Supra X 125 FI, Mas Sena akan memulainya dengan membahas sektor terluar dari Honda Supra X 125 FI. Sektor luar atau eksterior dari Honda Supra X 125 FI ini hadir dengan tampilan desain baru yang tampak lebih slim dan sporty. Kesan tersebut makin diperjelas dengan adanya garis-garis melintang tegas pada bodinya yang menjadi ciri khas tersendiri dari motor bebek ini. Mulai dari depan, desain bodi Honda Supra X 125 FI ini tampak lebih sporty dengan bentuk yang sedikit meruncing ke depan. Apalagi, disematkan pula headlamp berbentuk segitiga yang meruncing ke bawah sehingga menampilkan kesan yang tajam. Selain itu, lampu sein juga terpasang dengan manis pada bodi depan samping kiri dan kanan dengan bentuk yang tajam. Menginjak pada sektor bodi samping Honda Supra X 125 FI, memiliki kombinasi garis tegas dan halus yang memperlihatkan kesan sporty dan elegan. Pada bodi samping ini juga sudah dilengkapi dengan jok  di mana kunci kontak joknya hadir dengan teknologi baru yaitu mengintegrasikan kunci kontak dan jok menjadi 1 lubang saja pada sektor dashboardnya sehingga akan lebih mudah dibuka dan tentunya lebih praktis. Selain itu, Honda Supra X 125 FI juga memiliki kapasitas tangki yang mampu menampung bahan bakar 4 liter. Lalu, berpindah pada sektor buritan atau bodi belakang, Honda Supra X 125 FI ini dibekali fitur terbaru, yaitu berupa stoplamp yang sudah mengandalkan teknologi LED dan menyatu dengan lampu sein sehingga mampu mengoptimalkan pencahayaan ketika dikendarai di waktu malam hari atau di daerah yang minim penerangan. Tampaknya, desain yang diusung dalam spesifikasi Honda Supra X 125 FI ini cukup simpel namun tetap memberikan kesan yang sporty.

spesifikasi honda supra x 125 fi

Speedometer

Dilengkapi Panel Indikator yang Sporty dan Informatif

Setelah kita mengulas spesifikasi Honda Supra X 125 FI pada bagian eksterior, kini kita akan mengulas pada sektor indikator yang merupakan salah satu fitur dari Honda Supra X 125 FI. Terkait hal tersebut, motor bebek garapan Honda ini mengusung panel indikator terbaru yang dibangun dengan konsep desain yang tampak sporty dan informatif. Pasalnya, panel indikator Honda Supra X 125 FI ini tampil dengan memperlihatkan desain yang tampak elegan meskipun mengandalkan panel analog. Pada panel indikator ini, terbagi dalam 3 bagian. Pada sisi kiri panel Honda Supra X 125 FI ini, menampilkan informasi indikator bahan bakar. Lalu, pada sektor tengahnya menampilkan kecepatan/speedometer dan tanda lampu sein. Lalu, pada sisi sebelah kanan memberikan informasi perpindahan gigi. Selain itu, di bawah speedometer juga dilengkapi dengan informasi mengenai sinyal injeksi. Jika melihat fitur panel indikator yang disematkan dalam paket spesifikasi Honda Supra X 125 FI, sangat tampak panel yang informatif dan bergaya sporty.

spesifikasi honda supra x 125

Dimensi

Dimensi Kokoh dengan Rangka Tulang Punggung

Gaya sporty dan stripping modern menjadi ciri khas yang dibawa pada spesifikasi Honda Supra X 125 FI ini. Desain tersebut dibangun di atas rangka Tulang Punggung yang sangat kuat dan sudah teruji ketahanannya. Selain itu, desain dari Honda Supra X 125 FI juga dibentuk dengan dimensi yang memiliki panjang 1.918 mm, lebarnya 709 mm, dan ketinggian joknya mencapai 1.101 mm. Dengan dimensi tersebut, pastinya akan membuat pengendaranya lebih nyaman ketika mengendarai motor bebek ini. Apalagi, Honda Supra X 125 FI ini memiliki bobot yang cukup mantap di mana untuk versi CW memiliki beban 106 kg dan untuk versi SW berbobot 103 kg yang akan menjadikan Honda Supra X 125 FI ini akan mudah dikontrol dan lincah ketika bermanuver dan menikung. Bahkan, dengan ground clearance atau jarak terendah dengan tanahnya yang mencapai 136,5 mm ini akan membuat motor bebek ini lebih gesit dan lincah ketika dikendarai di medan yang berlubang atau pun berbatu. Dari hal tersebut, spesifikasi Honda Supra X 125 FI ini memang bisa dibilang kokoh untuk sekelas motor bebek.

review honda supra x 125 fi

Suspensi

Suspensi Empuk dengan Sistem Pengereman Canggih

Menginjak pada pembahasan selanjutnya, kali ini Mas Sena akan membahas mengenai sektor suspensi yang dibenamkan dalam spesifikasi Honda Supra X 125 FI ini. Langsung saja, untuk suspensi dari Honda Supra X 125 FI ini mengandalkan 2 suspensi, yaitu pada bagian depan dan belakang. Untuk suspensi depan mengusung tipe teleskopik dan untuk suspensi belakang mengandalkan tipe lengan ayun yang disangkutkan pada suspensi ganda yang akan mengurangi goncangan ketika Honda Supra X 125 FI ini dikendarai, khususnya di jalanan yang berlubang atau pun bergeronjal. Sehingga, akan memberikan kenyamanan kepada pengemudi maupun penumpangnya. Lalu, suspensi tersebut juga didukung dengan sistem pengereman yang canggih. Di mana untuk sistem pengereman, pada rem depan dan belakang mengusung rem cakram hidrolik dengan piston tunggal yang dikhususkan untuk Honda Supra X 125 FI versi CW sehingga akan meningkatkan keselamatan ketika berhenti mendadak saat melaju dengan kecepatan yang begitu tinggi. Sementara itu, untuk Honda Supra X 125 FI versi SW pada rem depan juga menggunakan sistem pengereman cakram hidrolik piston tunggal namun untuk rem belakangnya mengandalkan sistem pengereman tromol. Jadi, akan sangat wajar jika versi SW ini nantinya akan dibanderol dengan harga yang lebih murah dari versi CW. Tak sampai di situ saja, Honda Supra X 125 FI ini juga sudah dilengkapi dengan ban depan yang berukuran 70/90-17M/C 38P dan untuk ban belakangnya memiliki ukuran lebih besar yaitu 80/90-17M/C 44P. Namun, sayangnya spesifikasi Honda Supra X 125 FI ini belum menggunakan ban tubeless.

harga motor honda supra x 125 fi

Mesin

Performa Mesin Gahar Andalkan Mesin SOHC Silinder Tunggal dan Teknologi PGM-FI

Spesifikasi Honda Supra X 125 FI pada sektor ruang permesinannya sudah menerapkan teknologi PGM-FI atau biasa disebut dengan Injeksi. Dengan adanya teknologi tersebut, tidak hanya memberikan performa terbaik namun juga akan mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar dan pastinya ramah lingkungan. Hal tersebut dibuktikan bahwa Honda Supra X 125 FI hanya membutuhkan 1 liter bahan bakar untuk menempuh jarak 61,8 liter. Sementara itu, menginjak pada mesinnya, Honda Supra X 125 FI mengandalkan mesin 4 langkah yang berteknologi SOHC PGM-FI yang memiliki kapasitas mesin 124 89 cc. Mesin tersebut mampu menyemburkan daya hingga 10,1 Ps pada putaran ke 8.000 rpm dan mampu mencapai maksimum torsi hingga 9,30 Nm pada putaran ke 4.000 rpm. Semburan tenaga mesin Honda Supra X 125 FI tersebut akan disalurkan melalui sistem transmisi 4 kecepatan rotary sehingga mampu memberikan performa dorongan mesin yang tangguh dan teratur. Menengok spesifikasi pada sektor dapur pacu tersebut, tampaknya memang spesifikasi Honda Supra X 125 FI ini telah diramu agar tetap irit bahan bakar.

Fitur

Dilengkapi Fitur Kenyamanan yang Canggih

Menginjak pada pembahasan terakhir dari spesifikasi Honda Supra X 125 FI, kali ini kita akan mengulas secara detail seputar fitur-fitur yang dimiliki Honda Supra X 125 FI ini. Pertama, untuk fitur keamanan, Honda telah membekali motor bebek besutannya ini dengan memberikan pengaman kunci kontak bermagnet atau disebut dengan Secure Key Shutter yang sangat berguna untuk mencegah dan mengurangi resiko diambilnya secara melawan hukum Honda Supra X 125 FI ini. Tak hanya itu saja, motor bebek besutan pabrikan Jepang ini juga dilengkapi dengan sistem buka jok yang canggih di mana kunci jok menjadi satu dengan lubang kontak yang ditempatkan pad sisi dari dashboard Honda Supra X 125 FI. Bahkan, Honda Supra X 125 FI juga dilengkapi dengan socket charger untuk smartphone atau pun perangkat elektronik lainnya. Kemudian, untuk sistem pengapiannya, Honda Supra X 125 FI ini sudah mengandalkan teknologi Full Transisterized dengan menggunakan baterai MF 12V-3.0 Ah dan busi NGK CPR6EA-9 / ND U20EPR9. Seluruh fitur-fitur tersebut dipadukan dalam satu kesatuan yang membuat pernyataan bahwa spesifikasi Honda Supra X 125 FI tersebut merupakan spesifikasi motor bebek yang dilengkapi dengan beragam fitur canggih.

Video Honda Supra X 125 FI

Berikut ini adalah official video Honda Supra X 125 FI yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari motor Honda ini:

Honda Supra X 125 FI

Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi 1.918 x 709 x 1.101 mm
Jarak Sumbu 1.235 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 136,5 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 4.0 liter
Berat Kosong 106 kg
Mesin
Tipe Mesin 4-Langkah, SOHC, Silinder Tunggal
Volume Silinder 124.89 cc
Bore X Stroke 52,4 x 57,9 mm
Kompresi 9,3 : 1
Daya Maksimal 7,40 kW (10,1 PS) / 8.000 rpm
Torsi Maksimal 9,30 Nm (0,95 kgf.m) / 4.000 rpm
Sistem Suplai Bahan Bakar PGM-FI
Kopling Multiple wet Clutch with Coil Spring
Gigi Transmisi 4 – Speed Manual, Rotary
Pola Gigi N – 1 – 2 – 3 – 4 – N
Sistem Start Electric and Kick Starter
Kapasitas Oli Mesin 0.7 liter pada penggantian periodik
Rangka
Tipe Rangka Tulang punggung
Tipe Suspensi Depan teleskopik
Tipe Suspensi Belakang Lengan ayun dengan suspensi ganda
Rem Depan Cakram hidrolik dengan piston tunggal
Rem Belakang Cakram hidrolik dengan piston tunggal (CW)/ Tromol (SW)
Ukuran Ban Depan 70/90 – 17 M/C 38P
Ukuran Ban Belakang 80/90 – 17 M/C 44P
Kelistrikan
Tipe Pengapian Full Transisterized
Tipe Baterai MF 12 V, 3.0 Ah
Tipe Busi NGK CPR6EA-9 / ND U2DEPR9

Harga Honda Supra X 125 FI

Akhirnya, sampailah kita pada pembahasan mengenai harga Honda Supra X 125 FI. Tapi tunggu dulu, seperti biasanya, Mas Sena akan memberikan sedikit kesimpulan dari pembahasan mengenai spesifikasi Honda Supra X 125 FI. Motor bebek garapan Honda yang bertajuk Honda Supra X 125 FI ini memang hadir dengan gaya desain yang sederhana namun memberikan kesan aura yang sporty dan cukup stylish, mulai dari bodi depan, samping, hingga pada bodi belakangnya. Bahkan, Honda Supra X 125 FI ini juga dibekali mesin canggih berteknologi Fuel Injeksi yang mampu menghemat bahan bakar walaupun memiliki performa tangguh serta ramah lingkungan. Sebagaimana diketahui secara umum, ongkos produksi motor Fuel Injeksi masih tergolong mahal ketimbang sistem karbu biasa. Hal ini memberikan indikasi positif terhadap harga Honda Supra X 125 FI ini. Apalagi, Honda Supra X 125 FI ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur menarik, antara lain Secure Key Shutter yang akan meningkatkan keamanan dan mencegah tindak pencurian tentunya tak mungkin tanpa diimbangi dengan peningkatan biaya produksi. Selain itu, keberadaan socket charger pun juga turut hadir dalam Honda Supra X 125 FI ini untuk menggenapi ongkos produksinya tersebut. Dengan spesifikasi tersebut, bisa dibayangkan kan berapa harga Honda Supra X 125 FI ini?

harga honda supra x 125 fi

harga honda supra x 125

Oke, langsung saja, berdasarkan informasi yang didapat dari para intelijen Mas Sena, harga Honda Supra X 125 FI ini terbagi dalam 2 varian. Pertama untuk varian dual cakram, Honda Supra X 125 FI CW dibanderol dengan harga Rp 17.400.000. Sementara itu, untuk varian cakram depan saja yakni versi SW dibanderol dengan harga Rp 16.200.000. Kedua harga Honda Supra X 125 FI tersebut merupakan harga OTR (On The Road) untuk wilayah Jabodetabek saja. Sehingga, untuk daerah lain harga sangat dimungkinkan akan berbeda. Di samping itu, Honda Supra X 125 FI juga menawarkan beberapa pilihan warna yang unik dan elegan. Sebut saja Sporty Aggressive Energetic Black, Sporty Aggressive Razor White, Sporty Luxury Fabulous White, dan Sporty Luxury Quantum Black mengisi deretan panjang untuk mewarnai Honda Supra X 125 FI ini. Namun tenang saja, tidak satupun warna tersbeut yang akan memengaruhi harga Honda Supra X 125 FI ini.

Harga Honda Supra X 125 FI

Tipe Harga
New Supra X 125 FI CW Rp17.400.000,-
New Supra X 125 FI SW Rp16.350.000,-
Daftar Harga Motor Honda

Masih berhubungan dengan harga Honda Supra X 125 FI ini, jika menengok spesifikasi canggih dan beragam fitur menarik yang diusungnya, sepertinya memang harga tersebut dinilai cukup sesuai dan cocok. Namun, untuk banderol Honda Supra X 125 FI tersebut, memang masih dirasa cukup mahal untuk mencakup semua kalangan mengingat motor bebek garapan Honda tersebut memang menyasar pada semua segmen  termasuk segmen bawah. Logikanya, seharusnya harga Honda Supra X 125 FI ini menyesuaikan kelas terbawah agar dapat terjangkau oleh berbagai kalangan tersebut. Oleh karenanya, tampaknya Honda Supra X 125 FI juga harus berhati-hati dengan pesaing-pesaingnya yang sama-sama memproduksi motor sejenis dan sekelas Honda Supra X 125 FI dengan spesifikasi yang sama pula, seperti Yamaha Jupiter MX, maupun motor bebek lain besutan Suzuki, Kawasaki, ataupun TVS yang biasanya menawarkan harga lebih murah. Tetapi, semua tergantung dari pilihan konsumen. Demikian ulasan mengenai spesifikasi dan harga Honda Supra X 125 FI. Sekian dan terimakasih. Baca juga Honda Supra GTR 150 dan Honda Blade 125.

  • Mr. X

    Review nya mantap kang Sena.
    Supra X 125 fi Luxury Agressif saya kemarin dipake ke luar kota tembus 73,2 km/L dengan kecepatan yg tampil di spidometer rata-rata 40-63 km/jam. Angka yg sangat fantastis. Kemungkinan karena jalanan lancar karena perjalanan di malam hari.

    Tapi saya kurang puas dengan konstruksi joko nya yang bisa dibilang tipis kang. Bujur ane cepet meraung-raung pengen cepat-cepat sampai tujuan

    • rival jarum

      Pret 73,2 km/liter, jangan terlalu lah

Top