Cara Merawat Mobil Diesel

Cara Merawat Mobil Diesel – Mobil diesel sebagai salah satu kendaraan roda empat semakin lama semakin diminati banyak kalangan. Bukan hanya dari harganya yang bervariasi dan makin bisa dijangkau, kini para produsen mobil juga berlomba-lomba menciptakan beragam variasi jenis dan model mobil diesel sesuai dengan kemajuan teknologi dan kebutuhan peminatnya. Nah tentunya para pemilik mobil diesel juga harus terus memperhatikan mobilnya agar mobilnya tetap awet dan nyaman untuk diajak jalan-jalan. Di momen kali ini Mas Sena akan memberikan beberapa tips cara merawat mobil diesel dengan mudah. Perawatan mobil diesel tentunya harus anda lakukan dengan konstan agar performa mobil anda inginkan dapat di dapatkan dari mobil diesel yang anda miliki. Cara merawat mobil diesel yang akan Mas Sena berikan kali ini merupakan cara-cara yang mudah dan bisa anda ikuti. Yuk langsung saja kita simak.

cara merawat mobil diesel

Sebelum kita lihat cara merawat mobil diesel sebaiknya Mas Sena mengenalkan terlebih dahulu apa itu mobil Diesel. Diesel sejatinya adalah salah satu jenis minyak, di Indonesia lebih kenal dengan nama Solar. Penggeraknya sendiri dinamakan sebagai mesin diesel. Jika dulu mesin diesel biasa dipakai untuk kendaraan besar seperti truck dan sejenisnya, kini passanger car juga banyak yang bermesin diesel. Apalagi teknologi mesin diesel sekarang mampu menghasilkan suara mesin yang tidak lagi kasar dengan asap yang tidak terlalu hitam  dan kotor. Nah lalu bagaimana cara merawat mobil diesel yang mudah?

Jika anda termasuk salah satu pemilik mobil bermesin diesel, ada baiknya anda tahu benar bagaimana cara merawat mobil bermesin diesel agar awet dan nyaman dikendarai.

Berikut Mas Sena berikan beberapa cara merawat mobil diesel yang bisa anda jadikan referensi.

  • Selalu panasi mesin mobil diesel anda sebelum digunakan.

Pemanasan mesin kurang lebih 10 menit berfungsi untuk memberikan pelumasan pada seluruh bagian mesin. Disamping itu juga menghindari terjadinya “kaget” pada komponen mesin yang bergesekan

  • Gunakan selalu oli mesin yang sesuai dengan kebutuhan jenis mobil diesel anda.

Gunakan oli yang memang direkomendasikan untuk mobil anda.

  • Gunakan solar yang berkualitas baik meskipun harganya sedikit mahal.

Biasanya adalah Solardex dari Pertamina.

  • Ganti filter solar secara berkala.

Penggantian filter solar secara rutin akan meminimalkan kotoran yang masuk ke mesinmobil diesel anda.

  • Hindari memakai mobil sampai tanki solar anda minim atau bahkan kosong.

Hal ini karena pada tanki solar yang minim atau kosong, akan terjadi pengembunan yang bisa  merusak filter solar mobil anda.

  • Jangan langsung mematikan mesin mobil diesel anda begitu selesai digunakan.

Paling tidak berkan waktu 5 menit mesin tetap menyala baru kemudian anda matikan. Mematikan mesin secara langsung berarti tidak memberikan waktu pendinginan pada komponen mesin yang memuai pada saat perjalanan. Hal ini menyebabkan mesin “stress” sehingga memperpendek umur penggunaannya.

  • Bila harus mengganti spare part mesin mobil diesel anda, pakailah hanya spare part yang asli yang direkomendasikan untuk mesin mobil anda.

Nah itulah cara mudah merawat mobil diesel anda. Namun apabila anda khawatir pada kondisi mobil diesel anda, jangan ragu membawanya ke bengkel resmi. Terus lakukan perawatan mobil diesel anda secara terus-menerus dan cek kondisi mobil walaupun tidak ada masalah yang terjadi pada mobil diesel anda, niscaya mobil diesel anda akan memberikan performa maksimal bagi anda dan tentunya terhindar dari masalah mobil-mobil diesel yang sering menghampiri. Itulah ulasan lengkap Mas Sena mengenai cara merawat mobil diesel dengan mudah. Baca juga Cara Merawat Mobil dan Cara Mencuci Mobil.

  • rudi

    knp BMW diesel seri 5 begitu di buka tutup nya ada penahan tp ga mau ke buka begitu di masukin selang solar yah..tank

Top