Roda Dua Ikut Direcall Takata

Kacaunya Airbag Takata Menulari Roda Dua – Bicara masalah recall tentu menjadi suatu hal yang menarik dan panas untuk dibahas. Di satu sisi, kehancuran reputasi dan kepercayaan dari konsumen tentunya menjadi sisi yang tak akan pernah mampu dihindari dari proses recall. Di sisi lain, kesetimbangan keuangan perusahaan yang telah dibangun bertahun-tahun juga menjadi momok yang menakutkan hingga mampu berujung pada kebangkrutan.

roda dua ikut direcall takata

Memang untuk memangkas biaya produksi tidak semua komponen dalam sebuah kendaraan akan dibuat dalam satu pabrik. Tentunya untuk menutupi kekurangan suku cadang tertentu, pabrikan mobil terbiasa melempar pekerjaan pada rekanan yang dipercayanya. Mungkin hal tersebutlah yang menjadikan Takata terkenal selaku pembuat airbag di berbagai branding otomotif dunia.

Nyatanya, terkenal tidak membuatnya lepas dari kealpaan. Kemampuannya untuk merancang airbag selama bertahun-tahun, akhirnya kandas lantaran ciptaannya dinilai gagal produksi. Melingkupi kesalahannya, selain perangkat airbag yang dibuatnya malfungsi, airbag tersebut disinyalir berbahaya bagi penggunanya lantaran punya potensi ledakan. Hal tersebut yang memaksa Takata dan vendor terkait untuk menarik kembali setidaknya 28.8 juta unit produknya di Amerika Serikat. Nyatanya, angka tersebut masih awal. Pasalnya, hingga 2019 Takata telah menjadwalkan recall sebanyak 35-40 juta unit produknya. Parahnya, asumsi produk tersebut hanya untuk varian mobil adalah isapan jempol belaka.

Keinginan untuk membuat kendaraan roda dua lebih aman dengan penanaman airbag di dalamnya malah berujung sekaratnya perusahaan. Sebagaimana dilansir dari Kompas (2/6/2016), National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) selaku otoritas keselamatan jalanan di Amerika memiliki data gagal produk Takata pada unit roda dua. Unit tersebut ternyata tak jauh-jauh dari vendor terdekatnya yakni Honda. Melalui Varian Honda Gold Wing yang bisa dibilang roda dua kelas premium, penderitaan Takata dapat dibilang masih sangat panjang.

separator

Pasalnya, setidaknya ada 2701 produk yang sudah menanti untuk direcall Takata dalam waktu sesegera mungkin. Padahal, dengan kondisi recall roda empat kemarin, Takata sudah mengantongi catatan kerugian bersih sebesar 120 juta Dollar Amerika Serikat. Bukan tak mungkin angka ini berubah menjadi miliaran Dollar Amerika ketika masalah recall ini selesai.

Pihak Honda sendiri selaku vendor siap bertanggung jawab melakukan penggantian unit airbag. Sayangnya, hingga saat ini persediaan airbag habis ludes lantaran kasus ini. Perkiraan nanti baru di akhir 2016 atau kuartal pertama 2017 persediaan tersebut akan diperbaharui. Bukan tak mungkin, jika kehabisan persediaan tersebut merupakan pertanda seretnya keuangan yang dialami Honda lantaran kasus ini. Baca juga 120 Ribu Unit BMW di AS Harus Ditarik Kembali  Akibat Airbag Merek Takata dan Perbaikan dan Penggantian Airbag Merek Takata Belum Beres.

Top