Esemka Absen Tahun Ini Di GIIAS

Undangan Sudah Diterima, Esemka Belum Siap – Berbicara mobil nasional tentunya menjadi suatu hal yang menarik. Selain karena kudu mencintai produk-produk dalam negeri, mobil nasional bisa menjadi parameter menarik kemampuan teknis Indonesia dalam menerapkan teknologi di masa kini. Untuk itu, semenjak gembar-gembor mobil Esemka muncul ke permukaan, bisa dibilang semua mata tertuju kepadanya.

esemka absen tahun ini di giias

Walaupun di awal penuh dengan gembar-gembor lantaran melibatkan siswa SMK, namun untuk pengembangannya saat ini memang tak bisa dipungkiri sedikit banyak diambil oleh pemain industri otomotif yang lebih berpengalaman. Sebagai puncaknya, PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH) muncul sebagai pion terdepan dalam produksi mobil ini. Oleh karenanya, keraguan proyek ini bakal mandeg sepertinya sudah sirna sejak lama.

Advertisement

Melihat sepak terjang pelan nan pasti yang dilalui Esemka, ternyata memang menarik hati pemain Industri tanah air secara menyeluruh. Buktinya, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia sampai mau mengirimkan undangan kepada penanggung jawab mobil Esemka untuk ikut dalam kegiatan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Tentunya, jika melihat kelas GIIAS bisa dikatakan Esemka sudah siap untuk bersaing di pasar nasional melawan roda empat asing lainnya.

Namun, Hosea Sanjaya, Managing Director PT. ACEH, secara halus menolak tawaran tersebut dengan menyatakan kepastian Esemka tak akan hadir dalam pameran bergengsi tersebut. Alasannya terbilang sederhana, Hosea menyatakan bahwa Esemka belum siap untuk dipamerkan saat ini. Pasalnya, Esemka baru akan masuk ke tahap produksi masal pada Agustus 2016 ini. Tentunya, melihat jadwak pameran tersebut rasanya tak mungkin bagi Esemka untuk hadir dengan alasan waktu mepet, demikian dilnasir dari Kompas (3/6/2016).

Hosea menambahkan bahwa saat ini menejemen Esemka tengah sibuk melakukan pembenahan internal terlebih dahulu. Namun Esemka dipastikan bakal ikut ajang bergengsi tersebut pada jadwal di tahun depan. Pernyataan Hosea ini bisa dibilang meluruskan pendapat Ketua Umum Gaikindo, Johannes Nangoi, yang menyatakan secara umum merek nasional masih belum percaya diri untuk tampil bersama dengan merek-merek asing lainnya.

Tentu, jika diperhatikan secara timeline dan janji Hosea, seharusnya mobil Esemka akan siap dipasarkan tahun depan. Walaupun demikian, sangat disayangkan Esemka tak dapat hadir pada GIIAS tahun ini. Padahal ajang ini dapat digunakan sebagai jalur promosi yang tak akan terbantahkan. Baca juga Mobil Esemka Lulus Uji Tipe Kendaraan dan Segera Diproduksi Massal dan Esemka, Mobil Lokal yang Siap Bersaing di Pasaran Indonesia.

Top