Esemka Masuk Pabrik Agustus Ini

Penantian Panjang Esemka Terbayar Bulan Agustus – Timbul tenggelam mobil nasional di era reformasi nyatanya dapat dipatahkan oleh branding Esemka. Melalui perjuangan panjang selama bertahun-tahun, pelan tapi pasti Mobil Esemka dipastikan akan segera mengaspal di jalanan tanah air. Tentu, dalam industri otomotif kata segera tidak dapat diartikan mutlak sebagai besok atau lusa lantaran perlu ada tahapan yang diselesaikan.

esemka masuk pabrik agustus ini

Setelah semua tahapan administrasi diselesaikan, dikabarkan melalui Kompas (3/6/2016), mobil Esemka akan memasuki pabrik pada Agustus 2016 ini. Produksi tersebut akan berada pada tanggun jawab PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH) yang memang sudah menaungi Esemka semenjak boomingnya beberapa tahun silam. Saat ini, PT ACEH tengah sibuk mempersiapkan seluruh fasilitas produksinya pada pabriknya sendiri yang terletak di Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Advertisement

Hosea Sanjaya, Managing Director PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH) menyatakan bahwa semua proses terkait mobil Esemka selama ini berjalan lancar dan berharap bahwa ke depannya akan tetap lancar dan sesuai rencana. Jika ditanya model, Hosea menuturkan bahwa semua kendaraan dengan branding Esemka kali ini akan tertuju pada kelas mobil komersial. Menariknya, tidak tanggung-tanggung sebanyak tiga jenis mobil disiapkan untuk mengikuti produksi massal pada Agustus besok.

Hosea membocorkan bahwa salah satu dari ketiga varian tersebut berjenis pick-up. Sedangkan kedua kendaraan lainnya masih dalam tataran rahasia perusahaan yang tak dibocorkannya. Menurut Hosea, kapasitas produksi pabrik PT. ACEH tersebut hingga 30.000 unit pertahunnya. Hal ini tentu memberikan bocoran berapa jumlah Esemka yang akan mengaspal di tanah air beberapa waktu ke depan.

Sebagai informasi, sebelumnya Esemka sudah mendapatkan Nomor Induk Kendaraan yang diberikan oleh Kementerian Perindustrian. Branding Esemka ini memang terdaftar dipertanggungjawabkan oleh PT. ACEH. Jika melihat tahapannya, setelah memperoleh nomor tersebut maka perusahaan bisa segera membuat prototype. Setelah Prototype jadi, maka akan dilakukan tipe dengan mekanisme daftar TPT (Tanda Pendaftaran Tipe Kendaran Bermotor). Baru setelah itu boleh diproduksi massal.

Jika melihat serangkaian alur tersebut yang tak pernah digembar-gemborkan oleh media, maka cocok jika Esemka diaku sebagai mobil yang pelan tapi pasti. Bukan tak mungkin strateginya ini akan menjadi senjata ampuh untuk menguasai pasar Indonesia di tahun yang akan datang. Baca juga Esemka, Mobil Lokal yang Siap Bersaing di Pasaran Indonesia dan Undangan Sudah Diterima, Esemka Belum Siap.

Top