Esemka Siap Jadi Anggota Ke-26 Gaikindo

Esemka Siap Di Bawa PT ACEH Ke Gaikindo – Diskriminasi atas produk lokal seringkali terjadi bahkan oleh bangsa sendiri. Apalagi, jika menyangkut isu-isu berteknologi canggih, logika umumnya pasti memberikan stigma negatif ketimbang dukungan positif. Hal ini mungkin juga terjadi pada mobil Esemka yang mengangkat branding awalnya melalui pengorbanan siswa SMK dalam menggaet mobil tersebut ke permukaan pasar otomotif Indonesia.

esemka siap jadi anggota ke-26 gaikindo

Walaupun demikian, nyatanya Esemka mampu membuktikan eksistensinya di dunia otomotif. Walaupun memang tidak dapat dikatakan kilat, namun eksistensi ini memberi bukti yang jelas bahwa produk lokal mampu bertahan di tengah gempuran pandangan-pandangan negatif yang seringkali terjadi. Alhasil, selain mendongkrak nama bangsa dalam bidang ootomotif, Esemka menjadi ikon bahwa Indonesia bisa bersaing di apsaran teknologi otomotif dunia.

Untuk menguatkan eksistensinya, tentu Esemka melalui penanggungjawabnya PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH) perlu untuk bergaul dengan sesama pemain industri otomotif utamanya pada tataran nasional. Hal ini selain untuk memperkuat jaringan, bisa menjadi ajang tukar ilmu yang tak mungkin didapatkan dari sekolah manapun.

Salah satu perkumpulan pemain industri otomotif nasional adalah Gaikindo. Dilansir dari Kompas (4/6/2016), Hosea Sanjaya, Managing Director PT Adiperkasa Citra Esemka Hero, menyatakan bahwa Esemka via PT ACEH siap untuk masuk sebagai anggota Gaikindo. Tentu hal tersebut dilakukan sejalan dengan status PT ACEH sebagai pemain industri otomotif di Indonesia ke depannya. Masalah kapan, Hosea menjelaskan bahwa menjadi anggota Gaikindo akan dilakukan setelah semua urusan Esemka selesai.

separator

Sebagaimana diketahui, mobil Esemka baru akan memasuki tahap pabrikan pada bulan Agustus 2016 ini. Tentunya, memang PT ACEH ini akan menghadapi banyak kesibukan yang tak bisa dibilang remeh temeh. Namun demikian, bagai gayung bersambut, Ketua Umum Gaikindo, Johannes Nangoi, memang menyatakan bahwa Gaikindo siap menerima anggota dari merek apapun juga. Pertimbangan Johannes terbilang sederhana, semakin banyak anggota Gaikindo maka pertumbuhan industi otomotif dapat lebih berkembang lagi.

Saat ini, member Gaikindo berjumlah 25 Agen Pemegang Merk, yakni Daihatsu, UD Truck, Renault, Chery, MAN Truk, Ford, Chrysler, Jeep, Dodge, Fiat, Alfa Romeo, Audi, Volkswagen, FAW, Geely, Chevrolet, Jaguar, Land Rover, Bentley, Honda, Hyundai, Isuzu, Kia, Mitsubishi, Mazda, Proton, Suzuki, Tata, Subaru, BMW, dan Peugeot. Melihat situasinya, bukan tak mungkin Gaikindo adalah anggota ke-26 asosiasi pemain otomotif nasional ini ke depannya. Baca juga Undangan Sudah Diterima, Esemka Belum Siap dan Penantian Panjang Esemka Terbayar Bulan Agustus.

Top