Honda Pikirkan Pasar Diesel Indonesia

Honda, Pasar Diesel Indonesia Prospektif – Melihat geliat mobil Honda di tanah air sudah mulai stabil, Honda melalui Honda Prospect Motor mulai berpikir untuk menyerobot pasar diesel di tanah air. Jika melihat sepak terjang HPM selama ini, memang bisa dikatakan bahwa taget pasarannya selalu pada konsumen mesin bensin. Itupun tak pernah menyasar pada kendaraan niaga yang digunakan untuk sektor komersial. Artinya, peluang Honda untuk bermain di pasar tersebut masih sangat terbuka lebar.

honda pikirkan pasar diesel indonesia

Sayangnya, rencana tersebut bukan tanpa kendala. Dilansir dari Kompas (8/6/2016), Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM, Jonfis Fandy, menyatakan kendala utama sektor diesel adalah perspektif masyarakat yang berfikir bahwa mesin diesel lebih murah ketimbang bensin. Padahal, secara realistis, teknologi, perawatan dan harga bahan bakar diesel cenderung lebih mahal ketimbang mesin bensin.

Advertisement

Jonfis sendiri mengaku bingung denagn perspektif masyarakat tersebut. Walaupun demikian, kondisi di Indonesia sekarang memang menguntungkan pasar diesel. Pasalnya, pemerintah saat ini masih mendukung varian diesel dengan Solar bersubsidi. Artinya, dari segi bahan bakar diesel memang dapat dianggap lebih murah ketimbang bensin saat ini.

Selain itu, memang secara teori mesin diesel lebih mumpuni dalam hal torsi. Torsi sendiri merupakan hal yang penting bagi mesin yang diperuntukkan mengangkat beban berat. Itulah sebabnya mengapa varian diesel masih sangat populer di kelas niaga. Jika melihat kondisi saat ini, celah permainan varian diesel dapat memanfaatkan jargon solar yang murah tersebut.

Namun, hingga kini HPM masih belum memastikan apakah biduk permainan Honda di kelas diesel akan didominasi mobil penumpang ataukah niaga. Pasalnya, perilaku konsumen saat ini masih saja mau membeli harga mobil yang mahal asalkan BBM-nya murah. Alhasil, varian diesel pada mobil penumpang masih bisa laris di pasaran.

Jika melihat kemampuan Honda dalam merakit mesin Diesel sebenarnya sudah dibuktikan melalui kiprahnya di India. Di sana, Honda Jazz, Honda Amaze (Honda Brio sedan), Honda Mobilio, bahkan yang terbaru, Honda BR-V punya pilihan yang menggunakan mesin diesel. Meskipun terbilang sedikit kuno, namun mesin diesel yang digunakan Honda merupakan teknologi terbaru dengan 4-silinder i-DTEC DOHC yang lebih efisien. Baca juga CR-V New Generation Bakal Debut Tahun Depan dengan Mesin Diesel dan Suzuki Belum Memastikan Kapan Akan Menjual Ertiga Diesel di Indonesia.

Top