Tersandung Kasus Bahan Bakar, Bos Suzuki Mundur

President Suzuki Segera Mengundurkan Diri – Dilansir dari Okezone.com, disebutkan bahwa Osamu Honda selaku Executive Vice President Suzuki Motor belum lama ini diberitakan akan segera mengundurkan diri dari jabatannya tersebut. Pengunduran diri yang dilakukannya tersebut tak lain adalah sebagai bentuk tanggung jawabnya atas kesalahan pada penggunaan metode pengujian konsumsi bahan bakar untuk produk Keicar. Akan tetapi, sampai saat ini pihak Suzuki sendiri masih belum memberikan konfirmasi atau pernyataan resmi terkait hal tersebut.

president suzuki segera mengundurkan diri

Sementara itu, dilaporkan juga bahwa ada sejumlah 14-16 kendaraan produksi Suzuki yang menjalani tes uji bahan bakar dengan menggunakan metode yang dinilai tidak sesuai dengan peraturan yang sudah berlaku di Jepang. Di sisi lain, sejumlah 12 model di antaranya dipasarkan dengan menggunakan merk lain.

Advertisement

Di samping itu, pada bulan Mei 2016 lalupihaknya telah menggunakan data kompilasi hasil pengujian untuk indoor. Bahkan, Suzuki sendiri belum pernah menerapkan sistem coasting teest yang merupakan pengujian standar yang memang diberlaukan di negeri Bunga Sakura. Coasting test sendiri merupakan ujia standar yang mengharuskan setiap kendaraan dilajukan dalam kecepatan tertentu lalu pedal gas dilepas tanpa rem hingga kendaraan berhenti dengan sendirinya.

Sementara itu, mobil yang terdampak skandal tersebut mencapai 2,1 juta unit yang dipasarkan hanya di Jepang sejak 2010. Di sisi lain, Suzuki merupakan produsen kendaraan spesialis keicar atau mobil bermesin 660 cc di Jepang. Produsen automotif berlogo S itu menguasai sepertiga pasar keicar di Negeri Matahari Terbit itu. Baca juga Ditabrakan, Suzuki Ciaz Malah Dapat 4 Bintang dan Suzuki Swift Generasi Ke-4 Bakal Meluncur di Paris Motor Show 2016

Top