Honda PCX Tak Terpengaruh Yamaha NMAX

Honda Santai Saja Hadapi Yamaha NMAX – Tampaknya, geliat pasar motor model skuter matik (skutik) 150 cc makin menarik perhatian para konsumen. Bahkan, bisa dibilang bahwa perminataannya pun terus bertambah. Berhubungan dengan hal tersebut, 2 agen pemegang merk (APM) sepeda motor pabrikan raksasa, yaitu Honda dan Yamaha memiliki produk andalan masing-masing untuk mengisi segmen maxi scooter.

honda santai saja hadapi yamaha nmax

Masih terkait hal tersebut, hingga kini masih bisa dianggap bahwa Yamaha NMAX memang berhasil mengungguli Honda PCX. Hal tersebut didasarkan dari Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) di mana penjualan untuk Yamaha NMAX sendiri telah mencapai 68 ribu unit selama kurun waktu 4 bulan pertama di tahun 2016. Lalu, jika dirata-rata, skutik NMAX garapan Yamaha ini bisa mencapai 17 ribu unit per bulannya. Sementara itu, untuk Honda PCX terjual tapi tidak lebih darri 500 unit perbulan.

Advertisement

Sebenarnya, jika dicermati lebih dalam, ada banyak hal yang membrikan pengaruh yang berbeda pada penjualan 2 skuter 150 cc tersebut. Perbedan yang paling menonjol dan jelas terlihat yaitu perbedaan pada harga keduanya yang memiliki selisih cukup jauh. Untuk Honda PCX memiliki harga Rp 39,8 juta OTR Jakarta. Sementara itu, Yamaha NMAX NON-ABS Rp 24 juta dan Yamaha NMAX ABS Rp 27,4 juta OTR Jakarta.

Di sisi lain, Margono Tanuwijaya selaku Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan pernyataan tegas bahwa penjualan Honda PCX sejauh ini bisa dikatakan cukup stabil di kisaran 300-400 ribu unit untuk setiap bulannya. “Ada NMAX atau tidak, jualan kami (PCX) tetap stabil. Karena tidak akan ada satu pun pemakai PCX itu pindah,” kata Margono, belum lama ini.

Ia menjelaskan, pemakai PCX merupakan orang-orang yang sudah loyal dengan merek. Selain itu, sebagai produk completely built up (CBU) dari Vietnam, PCX dibuat untuk menyasar segmen atas. Sehingga, pasarnya memang tidak besar. Baca juga Lebih Murah, NMAX Unggul Penjualannya Dibanding PCX dan AHM Beberkan Alasan Mengapa PCX Kalah Saing dengan NMAX.

Top