Terbukti! Honda Sonic Kalahkan Satria

Angka Penjualan Honda Sonic Salip Satria – Beberapa waktu yang lalu, kabar mengenai strategi penjualan Honda Sonic memang santer terdengar di masyarakat. Pasalnya, Honda Sonic menyasar kelas bebek sport di tengah dominnasi Suzuki Satria selama ini. Terlebih, kegagalan City Sport 1 beberapa tahun silam menjadi pertimbangan sendiri yang kudu diperhatikan dalam prediksi perlawanan Sonic terhadap Satria.

terbukti honda sonic kalahkan satria

Nyatanya, prediksi kemenangan Sonic atas Satria kali ini sudha tak mampu dibendung lagi. Dilansir dari Kompas (13/6/2016), Sonic secara nyata telah melampaui angka penjualan Satria hingga bulan Mei 2016 ini. Pernyataan ini bukan merupakan isapan jempol belaka. Pasalnya, data tersebut didapatkan dari Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) yang senantiasa menerima laporan dari pemain industri kendaraan roda dua di Indonesia.

Advertisement

Jika ditilik, penjualan Suzuki Satria melonjak pada Februari 2016 yang lalu dengan angka mencapai 10.065 unit terjual. Padahal, pada bulan yang sama Honda Sonic hanya mengantongi 2587 unit terjual. Tentunya wajar apabila pesimistis atas Honda Sonic beberapa waktu yang lalu bukan tanpa alasan. Sayangnya, posisi Satria segera terjun bebas pada Maret 2016 di angka 3.120 unit terjual. Sebaliknya, Honda Sonic malah mulai memimpin di angka 4.813 unit.

Melihat angka tersebut, tentulah terlihat bahwa estimasi pasar atas Satria mulai beralih kepada Honda Sonic yang sebelumnya sempat diremehkan. Kejadian penurunan penjulan Satria setiap bulan semakin parah. Bahkan, pada bulan Mei 2016 yang lalu, Satria hanya mengantongi 1.208 unit terjual. Di sisi lain, Honda malah mendominasi lebih besar 4 kali lipat dari penjualan Satria di angka 4.860 unit.

Kegagalan Satria tersebut terpaksa mendepak Satria dengan perolehan penjualan selama 5 bulan terakhir di angka 19.139 unit. Sedangkan Honda walaupun terpaut sedikit di angka 20.562 unit, namun tetap dinyatakan lebih unggul dari Satria Sonic berdasarkan data tersebut. Entah apa yang terjadi dengan Satria yang sudah lama merajalela di jalanan dengan jargon rajanya bebek sport, yang jelas Honda saat ini sudah berada di puncak Satria.

Sayangnya, perjuangan Honda di puncak kejayaan bebek sport masih belum mulus. Pasalnya, Yamaha memberikan data yang lebih mencengangkan. Tersebut angka 45.256 unit MX King terjual dalam tempo Januari-Mei 2016. Pencapaian ini 2 kali lipat dari pencapaian Sonic yang artinya perjalanan Honda menjadi merek tak terkalahkan masih sangat panjang. Baca juga Penjualan Suzuki Satria Injeksi Kalahkan Honda Sonic dan Persaingan Metode Trade-In Antar Merek.

Top