Lagi, Korea Selatan Tuduh Volkswagen Lakukan Pemalsuan!

Volkswagen Dituduh Korea Selatan Karena Masalah Manipulasi Emisi – Setelah Nissan, kini giliran Volkswagen yang dituduh oleh negara Korea Selatan (Korsel). Tuduhan tersebut terkait dengan adanya manipulasi emisi dan tingkat kebisingan dari produk Volkswagen yang diedarkan di Korea Selatan. Selain itu, negera Korea Selatan juga mengancam akan memberikan sanksi untuk Volkswagen.

Volkswagen Dituduh Korea Selatan Karena Masalah Manipulasi Emisi

Sebanyak dua lusin lebih model dari produk Volkswagen diamankan guna kebutuhan pemeriksaan sebelum dilakukannya impor. Menurut kabar yang beredar, salah satu produsen mobil yang berasal dari Jerman tersebut dianggap telah memalsukan 37 laporan dari 26 model yang diajukan kepada Institute Penelitian Lingkungan Hidup Korea Selatan. Dari dereatan 26 model yang dituduh tersebut, dua model diantaranya adalah model VW Golf dan Audi RS7.

Advertisement

Pihak Jaksa yang berlokasi di Seoul Central District berencana akan melakukan pemanggilan terhadap perusahaan untuk dimintai keterangan terkait dengan adanya dugaan pemalsuan tersebut. Dan dari pihak Volkswagen Korea sendiri melalui juru bicaranya mengatakan kalau pihaknya akan memenuhi panggilan dari pihak Jaksa. Selain itu, pihak Volkswagen juga akan merespon penyelidikan yang dilakukan Jaksa. Namun saat dimintai keterangan lebih lanjut, Volkswagen masih menutup rapat-rapat dan enggan berkomentar lebih banyak terkait dengan kasus dugaan pemalsuan tersebut.

Sebagai informasi pada bulan Mei yang lalu, pihak Kejaksaan Korea Selatan telah melakukan kunjungan mendadak ke kantor Volkswagen yang berada di Seoul atas kecurigaannya melakukan pemalsuan uji emisi. Dari dua lembaga yang menangani sertifikasi uji emisi tersebut juga kena imbasnya dengan ikut digebrek.

Sebelumnya, Nissan juga pernah mengalami hal serupa seperti ini. Dimana Nissan dituduh telah melakukan manipulasi emisi model domestik serta SUV ringkas Qashqai. Nissan juga diharuskan membayar denda sebesar 279.920 dollar Amerika Serikat (Rp 3,72 miliar) jika nantinya dugaan tersebut benar-benar terbukti. Selain itu, Nissan juga diwajibkan menarik unit Qashqai yang bermasalah untuk dilakukan perbaikan. Saat ini jumlah Qashwai yang beredar di Korea Selatan masih berjumlah 814 unit. Baca juga Volkswagen Perbarui Teaser Touareg dan Volkswagen Beetle Denim Hadir dengan Desain Elegan.

Top