Cara Merawat Motor Matic

Perawatan Motor Matic – Sekarang ini anda bisa temukan banyak sekali motor matic di jalanan. Umumnya digunakan para perempuan, namun belakangan tak jarang para pria juga memilih menggunakan motor matic. Nah kali ini Mas Sena akan membagikan tips bagus yaitu cara merawat motor matic anda. Motor yang cukup mudah dioperasikan ini memang memerlukan cara khusus agar motor tetap awet. Perawatan motor matic tentunya juga agak berbeda dengan perawat motor gigi manual. Tepat nih bagi anda yang sedang mencari referensi cara merawat motor matic karena disini Mas Sena akan membagikan secara lengkap perawatan motor matic yang bagus buat motor anda. Yuk kita simak ulasan Mas Sena di bawah ini.

cara merawat motor matic

Sebelum kita lihat cara merawat motor matic sepertinya anda perlu tahu nih perkembangan motor matic yang ada di Indonesia. Para produsen motor sendiri seperti Honda, Yamaha, atau Suzukiberlomba-lomba memproduksi motor matic dengan desain termutakhir dan spesifikasi yang menggiurkan konsumennya. Namun motor jenis ini pastinya memiliki banyak kekurangan dibandingkan dengan motor bebek, diantaranya adalah tidak bisa menahan beban yang terlalu berat dan bahan bakar yang sedikit lebih boros. Namun kelemahan tersebut coba diperbaiki terus oleh para produsen motor matic dengan mengeluarkan seri baru setiap tahunnya yang tentunya penuh dengan inovasi di dalamnya. Saat ini motor matic telah menjadi jenis motor paling laris di Indonesia mengalahkan motor bebek yang telah lama bercokol di Indonesia. Nah perawatan motor matic tentunya diperlukan untuk menunjang performa motor agar tetap awet.

perawatan motor matic

Perawatan Motor Matic

Orang seringkali salah kaprah dalam cara merawat motor matic yang baik. Seringkali perawatan motor matic yang dilakukan orang-orang tidak bisa masuk semua lini sehingga dipastikan ada salah satu, dua, atau bahkan lebih komponen motor yang rusak. Nah lalu tentunya diperlukan pedoman khusus agar dalam merawat motor matic bisa masuk dalam semua sektor penting yang ada pada motor sehingga motor tetap bisa awer. Perawatannya pun terbilang gampang-gampang susah dan berbeda dengan motor bebek biasa. Berikut adalah beberapa cara merawat motor matic yang mungkin bisa anda terapkan:

1. Cara merawat motor matic yang pertama adalah selalu panasi motor matiac anda sebelum digunakan. Lakukan hal ini antara 5-10 menit sebelum siap dipakai.

2. Kondisikan kecepatan motor anda secara stabil. Janganmelakukan pengegasan yang tiba-tiba. Demikian juga sebaliknya, jangan langsung menurunkan kecepatan pada saat anda berjalan dengan kecepatan tinggi.

3. Hindari tangki bahan bakar kosong. Segera lakukan pengisian bahan bakar bila bensin sudah mulai habis. Hal ini untuk menghindari terjadinya keausan mesin.

4. Ganti oli motor anda secara teratur.

5. Perhatikan juga kondisi ACCU dan businya. Ini merupakan komponen penting dari motor matic anda angar tidak mogok dan tetap nyaman dikendarai.

6. Periksa roler dan ventbeld
Segera ganti komponen ini bila sudah tidak layak. Pennggantian spare part apapun usahakan menggunakan spare part yang asli yang direkomendasikan.

7. Periksa ruang transmisi dan oli shockbreaker.
Dalam ruang transmisi biasanya banyak debu yang menempel di sana. Selalu perhatikan dan bersihkan bila ruang transmisi sudah mulai kotor. Ganti juga Oli Shockbreaker secara berkala.

8. Servis motor matic anda secara berkala di bengkel resmi yang ditunjuk.

Selain cara merawat motor matic yang Mas Sena paparkan di atas masih ada cara lain lagi yang tentunya akan membuat motor matic anda tetap sempurna dan awet. Anda tidak mau kan motor matic anda tiba-tiba rusak atau performa turun? Maka dari itu anda harus lebih cermat dalam perawatan motor matic anda agar performa motor bisa tetap terjaga seperti saat anda membeli baru motor matic anda. Nah berikut ini cara merawat motor matic yang bagus selain cara diatas:

1. Memperhatikan Timing Belt
Timing belt merupakan bagian yang sangat vital pada motor matic. Timing belt berfungsi menggerakan roda belakang. Fungsi dari timing belt adalah sama seperti rantai pada motor bertansmisi. Anda harus selalu memperhatikan timing belt agar tidak mengeras dalam perawatan motor matic. Apabila timing belt mengeras maka motor matic Anda akan sulit berjalan dan agak terhambat dalam perjalanan.

2. Memperhatikan Oli CVT
CVT adalah kependakan Continous Variable Vransmissionyang memiliki kegunaan sebagai tansmisi pada motor matic. Cara kerja CVT adalah mengganti transmisi secara langsung sesuai kecepatan saat Anda berkendara. CVT merupakan bagian penting pada motor matic karena disinilah letak utama pergerakan motor. Untuk itu Anda sebaiknya memperhatikan oli pada cvt dan menggantinya secara berkala agar transmisi motor matic Anda tetap terjaga.

3. Mengganti Oli Mesin Berkala
Oli mesin merupakan kebutuhan motor yang harus dipenuhi, termasuk motor matic. Sebaiknya Anda selalu mengecek oli mesin motor Anda dan menggantinya berkala sesuai pemakaian agar oli senantiasa baru. Apabila oli mesin sudah kotor dan tidak diganti maka dampaknya adalah akan merusak mesin Anda. Mengganti oli mesin dilakukan apabila telah menempuh jarak 3000Km atau 3 bulan sekali untuk selalu menjaga kebersihan mesin motor Anda.

Bagaimana apakah tips yang Mas Sena tentang cara merawat motor matic cukup lengkap buat anda? Jika dirasa anda masih kurang atau menemukan tips yang baru silahkan kirim cara anda ke menu kontak yang ada di Semisena agar Mas Sena bisa menambahkan caranya dalam informasi tentang perawatan motor matic ini. Demikian beberapa tips yang mungkin bisa anda jadikan referensi dalam merawat motor matic anda. Untuk lebih jelasnya, mungkin anda bisa berkonsultasi dengan mekanik yang terpercaya.  Baca juga Cara Merawat Motor dan Tips Mengendarai Motor Saat Banjir.

  • kalau oli vct itu letaknya dimana ya? yg di deket roda bukan?bagusnya berpa lama digantinya?

  • Kardoman Tumangger

    Baru beli motor matic, masih bingung dengan bagian2nya,, hahaha

Top