Canggih! Helm Ini Bisa Panggil Ambulans Saat Kecelakaan

Helpmet, Helm Canggih yang Dapat Memanggil Bantuan Saat Terjadi Kecelakaan – Jika dikabarkan sebelumnya BMW telah menawarkan teknologi darurat yang akan bisa melakukan pemanggilan bantuan ketika pengendara sepeda motor mengalami kecelakaan, kali ini berita terbaru hadir dari Thai Health yang baru saja meluncurkan helm dengan teknologi yang sama seperti teknologi milik BMW tersebut. Helm canggih ini diberi nama Helpmet.

helpmet helm canggih yang dapat memanggil bantuan saat terjadi kecelakaan

Namun, Jika pada BMW untuk menjalankan fungsi tersebut pengendara harus terlebih dahulu mengaktifkan tombol bantuan yang terdapat pada sepeda motor. Nah, untuk teknologi yang diciptakan pada Helpmet ini akan dapat secara otomatis memanggil bantuan saat pengendara mengalami kecelakaan dan jatuh pingsan.

Advertisement

Informasi ini seperti yang berasal dari Visordown dan dilansir dari Okezone, Selasa (14/06/2016) tertulis bahwa teknologi Helpmet merupakan proyek yang menggabungkan antara GPS yang terdapat pada handphone, sensor, serta kartu SIM. Lalu, untuk sistem pemanggilan otomatis pada Helpmet ini akan bekerja pada saat helm mengalami benturan hingga 95 likogram atau lebih tinggi. Setelah mendapat benturan tersebut, barulah rangkaian sensor tersebut akan bekerja dan bantuan akan segera datang sesuai dengan titik koordinat yang telah tertera pada telepon genggam milik pengendara.

Namun, ketika helm hanya terbentur pada bobot kurang dari 95 kg atau terjadi kecelakaan yang tidak membahayakan maka sistem Helpmet tidak akan memberikan kerja apapun.

Itu artinya, Helpmet baru akan mengirimkan bantuan darurat jika pengendara memang terindikasi dalam kondisi parah atau tak sadarkan diri akibat benturan yang tinggi.

Sistem yang tertanam pada Helpmet juga akan memiliki data pribadi para pengguna Helpmet. Seluruh informasi yang didaftarkan pemilik akan menjadi acuan dari petugas untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam memberikan bantuan atau pertolongan pertama pada kecelakaan.

Dengan terciptanya sistem keamanan tersebut, tentu akan sangat membantu pengendara jika suatu ketika terjadi kecelakaan di area-area yang jauh dari keramaian. Dengan begitu, korban akan langsung terdeteksi dan bantuan akan segera datang.

Sejauh ini belum diketahui secara pasti, kapan Helpmet akan diproduksi secara masal dan akan membidik sasaran pasar di negara mana saja. Baca juga Arai Luncurkan Helm RX-7X IOM TT 2016 di Indonesia dan Helm Lulus SNI Bukan Berarti Aman untuk Balapan

Top