Siap-Siap, Mobil Cina Masuk Indonesia!

Mobil Cina Akhirnya Serius Garap Indonesia – Fanatisme masyarakat Indonesia secara umum melalui merek otomotif dari Jepang memang tak bisa dengan mudah diubah. Tentunya, hal tersebut bukan tanpa perjuangan yang berat dari vendor-vendor Jepang. Pasalnya, kehadirannya terdahulu memang kudu siap menghadapi pasaran yang lebih dulu menancap dari Eropa. Namun pada kenyataannya, saat ini semua orang akan bilang Jepang yang lebih utama di Indonesia.

siap-siap mobil cina masuk indonesia

Bukan berarti lantaran Jepang yang menjadi pikiran utama kemudian negara lain wajib undur diri. Pasalnya, semua bebas bersaing mengerahkan semua kemampuan yang ada untuk merebut hati konsumen. Kali ini, kabar yang sedikit kurang mengejutkan datang dari negeri Panda. Pasalnya, negara ini melalui perusahaan otomotifnya kan mendorong invasi otomotif non-lokal lebih marak lagi.

Advertisement

Tersebutlah pemain besar dari Cina, SAIC General Motor Wuling (SGMW) akan segera menancapkan bisnisnya di Indonesia. Kabarnya, SAIC akan bermain di Indonesia mulai tahun 2017 nanti sebagaimana dilansir dari Kompas (14/6/2016). Permainan awal SAIC disinyalir akan membawa kelas MPV dengan branding Wuling Hongguang S1 dan Baojun 730. Tentu, kelas MPV harus segera bersiap lantaran merek Cina sudah pasti terkenal berharga murah.

Kabar ini bukan isapan jempol belaka, pasalnya saat ini SAIC sudah memngucurkan investasi sebesar 700 juta dollar AS (Rp 9,7 triliun) demi pabrik di Greenland International Industrial Center, Cikarang, Jawa Barat. Selain itu, Presiden SGMW Motor Indonesia, Xu Feiyun, sudah berjanji akan berkomitmen untuk membangun paling tidak 50 diler resmi hingga 2017.

Melihat keseriusan pemain baru di Indonesia ini tampaknya akan membuat semakin sengitnya belantar otomotif Indonesia. Pasalnya, Wuling Hongguang S1 akan menyasar segmen Low MPV yang akan bersaing dengan model sekelasnya, seperti duet Avanza-Xenia, Suzuki Ertiga, dan Honda Mobilio. Melihat merek-merek beken itu saja tentunya sudah menjadi hambatan tersendiri bagi SAIC.

Selain itu, untuk Baojun 730 disediakan untuk dompet yang seidkit lebih tebal dari kelas Low MPV tersebut dengan spesifikasi yang tentunya lebih canggih ketimbang S1. Nah, tentunya kabar ini akan menjadi acuan nasib pasar otomotif di Indonesia. Sebagai replika kondisi, SAIC dikabarkan akan hadir di Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2016 pda bulan Agustus mendatang. Nah, nantikan saja kabar selanjutnya. Baca juga Mobil Hybrid Tercepat Buatan Cina dan LeSEE, Mobil Listrik Asal Cina.

Top