Suzuki Ertiga Diboyong Proton Ke Malaysia

Fix, Proton Ambil Ertiga Untuk Malaysia – CEO Proton Malaysia, Datuk Ahmad Fuad Kenali kali ini menyatakan dengan lantang bahwa Proton memang akan membawa Suzuki Ertiga ke Malaysia di bawah naungan mereknya. Tepatnya pada bulan Oktober 2016 nanti, Suzuki Ertiga rasa Proton akan segera mengaspal ke negeri jiran tersebut. Kabar yang dilansir dari Kompas ini (15/6/2016) menjadi bukti nyata pernyataan Suzuki Indonesia pada bulan Januari 2016 yang lalu.

suzuki ertiga diboyong proton ke malaysia

Walau demikian, CEO bersangkutan belum mau menyebutkan dengan branding apa Ertiga akan dipasarkan. Namun yang jelas, kelas MPV sudah diamini oleh pihak Proton yang mana juga sudah terlihat kehadirannya melalui serangkaian pengujian di jalanan Malaysia.

Untuk memenuhi permintaan Proton tersebut, dikabarkan Suzuki Indonesia siap mengekspor Ertiga ke ke Malaysia dalam dalam bentuk completely knocked down (CKD) alias bentuk jadi pada kuartal kedua 2016. Jumlah unit yang akan diekspor masing-masing sebanyak 1.500 unit per bulan. Artinya jika dalam jangka waktu setahun akan ada sebanyak 18.000 unit yang siap diterima Proton Malaysia. Menariknya, seluruh unit tersebut diproduksi di pabrik Suzuki di Cikarang, Jawa Barat yang menjadi bukti bahwa rakitan Indonesia tak kalah dengan negara lain.

Advertisement

Hal yang tak disangka, ternyata Suzuki Ertiga juga laris manis di negara tetangga dalam lingkup ASEAN. Tersebut Filipina, Thailand, Vietnam, dan Brunei menjadi pelanggan tetap kendaraan roda empat ini. Bahkan, secara terus menerus negara-negara tetangga tersebut siap menerima ekspor hingga 400 unit perbulan. Tentunya, hal ini semakin memperkuat eksistensi produk yang dibuat di Indonesia pada pasaran internasional.

Kerjasama antara Suzuki dan Proton dalam Ertiga ini ternyata tidak hanya masalah produk kendaraannya. Pasalnya, dilansir dari sumber yang sama baik Proton dan Suzuki akan berkolaborasi dalam berbagai bentuk pengembangan bisnis. Sebut saja, penambahan diler, vendor, tenaga kerja ahli, berbagai platform, dan tentunya alih teknologi (know-how).

Jika melihat aktivitas tersebut, dapat diartikan bahwa baik Filipina, Thailan, Vietnam, dan Brunei juga mendapatkan hal yang sama melalui kerja samanya dengan Suzuki. Hal inilah yang mendorong Suzuki Ertiga lebih eksis lagi hingga siap dipinang oleh Proton di negeri Jiran tersebut. Baca juga Kerjasama  dengan Proton Edar, Malaysia Pasarkan Ulang Suzuki Ertiga dengan Emblem Proton dan Seperti Kompakan Antara Nissan dan Proton.

  • rizki

    ya lah… bagus itu ertiga…

Top