Takata Siap Dilego?

Takata Sudah Ditawar Perusahaan Lain – Nasib Takata di dunia industri otomotif memang bisa dikatakan memrihatinkan. Pasalnya, setelah bertahun-tahun kredibilitas Takata dibangun dengan susah payah, kali ini karena satu kesalahan fatalnya perusahaan ini dikhawatirkan sulit bangkit dari keterpurukan. Terang saja, sebagai perusahaan yang memroduksi alat keamanan, produknya sendiri dalam bentuk airbag telah dituduh sebagai biang kecelakaan yang mengakibatkan kematian setidaknya hingga 13 orang sebagaimana dilansir dari Kompas (16/6/2016).

takata siap dilego

Hal ini tentunya membuat para pelanggan Takata yakni kalangan pemain industri otomotif menyatakan enggan menggunakan produk Takata kembali. Hal ini secara terang diungkapkan oleh Honda selaku partner setia Takata. Jika melihat alasan Honda, tentunya memang masuk akal. Pasalnya, Honda juga kudu menanggung biaya recall akibat produk Takata yang dibenamkan dalam mobilnya. Logikanya, jika Honda yang sudah sekian lama ambil bagian dalam kerja sama dengan Takata saja mengundurkan diri, bagaimana nasib hubungan Takata dengan vendor yang baru?

Beberapa hal tersebutlah yang menyebabkan Takata mengalami keterpurukan dana hingga saat ini. Menariknya, dalam keadaan terpuruk ini Takata malah mendapat banyak tawaran untuk ditanami investasi. Parahnya lagi, tawaran investasi tersebut malah datang dari berbagai pemain industri otomotif yang walau hingga kini belum diketahui secara lengkapnya. Dilansir dari sumber yang sama, bahkan sedikitnya ada 30 perusahaan otomotif besar yang siap mengucurkan dana investasi kepada Takata.

Jika dilihat lebih mendalam, tentunya pemain industri otomotif tak akan mau berinvestasi pada perusahaan yang akan bangkrut. Jika melihat polanya, ada kemungkinan Takata masih punya potensi yang besar untuk bangkit sehingga investor berduyun-duyun menawarinya. Memang jika melihat posisi bisnis Takata saat ini, produk sabuk keselamatan dan kemudi dari Takata masih laris manis di pasaran. Itu artinya, masih banyak lini dari Takata yang bisa digarap lebih luas.

separator

Sayangnya, kejadian Takata ini walaupun tidak persis di awalnya, namun kemungkinan akhirnya akna bernasib layaknya Mitsubishi. Sebagaimana diketahui, sebelumnya Mitsubishi terkena dampak keruntuhan perusahaan akibat skandal emisinya dan akhirnya kudu berakhir di tangan Nissan untuk dibenahi. Walaupun Takata tidak melakukan skandal melainkan telah membuat produk gagal, bukan tak mungkin Takata kudu bersiap takluk oleh perusahaan besar sekelas Nissan atau lebih besar lagi. Baca juga 120 Ribu Unit BMW di AS Harus Ditarik Kembali  Akibat Airbag Merek Takata dan Kacaunya Airbag Takata Menulari Roda Dua.

Top