Lima Bulan Berturut-turut Penjualan Isuzu Masih Lesu!

Isuzu Mengalami Penurunan Penjualan di Lima Bulan Pertama Tahun 2016 – Penjualan terhadap produk dari Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) nampaknya masih lesu. Pasalnya, menurut data penjualan pada lima bulan pertama di tahun 2016 tercatat dominasi penurunan pangsa pasar yang terjadi. Bahkan penurunan ini terjadi pada seluruh segmen produk Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI).

Isuzu Mengalami Penurunan Penjualan di Lima Bulan Pertama Tahun 2016

Menurut keterangan yang disampaikan oleh Keiji Takeda selaku Presiden Direktur IAMI, total penjualan Isuzu pada lima bulan terakhir di tahun 2016 ini hanya mencapai total 6.750 unit. Untuk segmen light truck hanya terjual sebesar 4.100 unit, kemudian untuk segmen GIGA atau medium truck hanya terjual sebesar 600 unit.

“Terkait dengan pangsa pasar light truck (year to date, Januari-Mei 2016) ada di posisi 19 persen. Angka ini mengalami kenaikan 2 persen dari tahun lalu pada periode yang sama, yakni 17 persen. Sementara medium truk YTD 2016 posisi market share di 11 persen, atau turun 7 persen dari tahun lalu yang mencapai 18 persen,” ujar Takeda.

Takeda juga menambahkan keterangan terkait penurunan dari produk yang dijualnya, untuk produk light commercial vehicle (LCV), Panther pikap di bulan Januari sampai bulan Mei 2016 hanya terjual sebanyak 619 unit. Sedangkan untuk minibus hanya terjual 580 unit sementara produk D-MAX hanya terjual 773 unit.

separator

Untuk market share dari pikap turun dari 7,6  persen di tahun 2015 menjadi 5,4 persen di tahun 2016 ini. Kemudian untuk Panther ada di posisi 2,1 persen. Sementara hal yang bertolak belakang dirasakan oleh D-MAX yang mengalami kenaikan signifikan dari 4,9  persen dalam lima bulan pertama 2015 menjadi 17,3 persen di tahun 2016.

“Market Isuzu sedikit menurun, kami sedang coba merubah pola kami. Kami ingin menjajal segmen yang lebih matang. Terkait dengan pasar semester pertama ini memang tidak mengembirakan dan ada di luar prediksi kami. Namun, harapan kami masih positif pada semester kedua nanti,” ujar Takeda. Baca juga Isuzu Perpanjang Masa Bakti Panther Meski Penjualannya Menurun dan Isuzu MU-X Tambah Varian SUV ke Indonesia.

Top