Jadi, Aston Martin dan McLaren Hanya Sebagai Ikon Ajang GIIAS 2016?

Dua Supercar Aston Martin dan McLaren Gagal Hadir di Ajang GIIAS 2016 – Bagi penggemar supercar di Indonesia nampaknya akan kecewa dengan ketidak hadirannya dua supercar Aston Martin dan McLaren dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Kedua supercar yang sudah dinantikan tersebut telah pasti tidak akan hadir meramaikan ajang GIIAS 2016. Menurut keterangan dari agen pemegang merek kedua pabrikan mobil asal Inggris ini, supercar tersebut hanya akan menjadi ikon saja di pameran.

Dua Supercar Aston Martin dan McLaren Gagal Hadir di Ajang GIIAS 2016

Irmawan Poedjoadi selaku CEO Aston Martin Jakarta dan McLaren Jakarta menjelaskan alasan tidak hadirnya kedua supercar yang telah dinanti tersebut. Dalam keterangannya, Irmawan mengatakan jika volume penjualan supercar berbeda dengan mobil lainnya yang diproduksi secara massal. Sehingga, jika kedua supercar tersebut mengikuti ajang pameran seperti GIIAS maka akan tidak efektif bagi penjualan mereka. Selain itu, terkait dengan masalah biaya penyewaan booth untuk pameran juga dinilai tidak sebanding dengan penjualan supercar yang lebih sedikit dibandingkan dengan penjualan mobil-mobil pada umumnya.

“Kita enggak ikutan GIIAS. GIIAS itu untuk produk mass production kalau kita masukkan di sana enggak efektif. Volume kita enggak banyak. Kita cuma jadi ikon doang. Makanya supercar jarang ikut pameran kecuali pameran besar seperti Beijing Auto Show. Mahal buat ikut serta di GIIAS. Kalau kita harapin bisa jual 10, kita jalanin. Kalau jual 1-3 unit enggak ketutup,” ujar Irmawan.

Tidak hanya itu saja, alasan lainnya yang disampaikan oleh Irmawan adalah karena karakter pembeli supercar berbeda dengan mobil pada umumnya. Biasanya, pembeli akan lebih senang untuk membeli mobil melalui telepon dibandingkan harus mengikuti pameran yang notabene nya banyak dipenuhi oleh para pengunjung sehingga tidak leluasa dalam memilih.

“Kalau kita buka showroom, ada pembelinya? Ga ada. Hanya lewat telepon saja. Apalagi kalau mau crowded-crowded gitu (seperti pameran). Itu hanya jadi ruang pamer saja. Kita jadi magnet pendatang buat orang-orang,” ungkapnya. Baca juga Supercar McLaren 570GT Meluncur Mei di London Motor Show dan Beijing Motor Show Tampilkan Kendaraan-kendaraan Bertenaga Listrik.

Top