Datsun Matic Tersendat Regulasi Kendaraan LCGC di Tanah Air

Gagal Masuk JFK 2016, Datsun Matic Terganjal Regulasi LCGC – Telah cukup lama Datsun Indonesia berencana untuk mendatangkan pilihan varian transmisi otomatis untuk segmen kendaraan low cost green car (LCGC). Bahkan, sebelumnya telah beredar kabar bahwa kendaraan tersebut akan dihadirkan bertepatan dengan digelarnya Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2016 yang saat ini masih berlangsung.

gagal masuk jfk 2016 datsun matic terganjal regulasi lcgc

Namun, meskipun rencana tersebut telah dikemukakan, rupanya merek yang berada di bawah bendera PT Nissan Motor Indonesia (NMI) tersebut nampaknya masih belum siap untuk meluncurkannya. Pasalanya, hingga beberapa hari setelah JFK 2016 dimulai, belum ada tanda-tanda Datsun hendak meluncurkannya di pasaran.

Dalam kesempatannya, Head of Datsun Indonesia, Indriani Hadiwidjaja seperti yang dilansir dari Okezone Jumat (17/06/2016) mengatakan bahwa pihaknya masih harus melakukan studi lebih dalam untuk menghadirkan Datsun matic ke pasar Tanah Air.

“Kalau mau memperkenalkan sebetulnya sudah bisa. Tapi ada regulasi dan target lokalisasi yang kami harus penuhi. Jadinya hal tersebut yang membuat kami  harus (riset) lebih dalam lagi,” Ujarnya.

separator

Indri kemudian menegaskan bahwa pihaknya masih perlu menyesuaikan segala hal mulai dari spesifikasi mobil dengan regulasi yang telah dibuat oleh pemerintah untuk segmen kendaraan low cost green car (LCGC).

“Sulit bukan berarti tidak mungkin. Masalah sulit atau enggak, ada di studi kami. Karena untuk perkenalan produk transmisi otomatis, apalagi kalau memang kita mau berada di pasara LCGC, kami perlu ikut regulasi yang ada,” tutupnya.

Artinya, memang untuk saat ini Datsun bertransmisi otomatis memang masih belum bisa dipasarkan di Indonesia.

Seperti kita ketahui bersama, bahwa mobil LCGC dari Datsun seperti Datsun GO dan GO+ yang saat ini dipasarkan di Indonesia, semuanya masih menggunakan transmisi manual. Padahal, jika melihat kendaraa-kendaraan LCGC lainnya sebagian besar telah bertransmisi otomatis dan tentunya akan memudahkan pengendara yang masih pemula.

Sejauh ini, Datsun memang satu-satunya merek pada segmen LCGC yang masih belum mendatangkan mesin bertransmisi otomatis di Indonesia. Padahal, rencana mendatangkan model tersebut telah diutarakan sejak bulan Februari 2016 lalu. Lalu, akankan Datsu Matic ini akan bisa hadir di GIIAS 2016 mendatang? Baca juga Benar kah Datsun Go-Cross Bakal Dirilis Tahun Depan? dan Datsun Hadirkan 2 Mobil Andalannya di PRJ

Top