Nissan Kembangkan Mobil Hidrogen Berbahan Etanol

Nissan Ciptakan Mobil Berbahan Bakar Unik – Saat ini, memang sudah banyak produsen mobil yang mulai memproduksi mobil hidrogen, salah satunya Nissan. Perusahaan mobil tersebut saat ini tengah garap kendaraan hidrogen fuel cell. Mobil dengan sistem penggerak yang sama pun sudah lama dikembangkan oleh Toyota, Honda, dan Hyundai. Akan tetapi, perbedaan yang cukup menonjol yaitu sumber hidrogen yang digunakan oleh Nissan bersal dari etanol. Nissan sendiri sangat berharap dan fokus supaya teknologi ini segera bisa digunakan dan dikomersialkan pada tahun 2020 mendatang.

nissan ciptakan mobil berbahan bakar unik

Pelu diketahui bahwa etanol yang digunakan untuk menghasilkan hidrogen tersebut diperoleh dari tanaman seperti tebu dan jagung. Prosesnya diklaim lebih terjangkau jika dibandingkan dengan teknologi hidrogen yang digunakan Toyota, Honda, dan Hyundai. “Biaya dan energi yang dihasilkan untuk memproduksi hidrogen sangat tinggi. Ini juga membutuhkan investasi yang besar untuk membuat infrastrukturnya,” kata Executive Vice President Nissan Motor, Hideyuki Sakamoto, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (16/6/2016).

Akan tetapu, ia juga menambahkaan bahwa dengan menggunakan etanol pastinya akan lebih bermanfaat dan bisa mengurangi biaya. Hal tersebut dikarenakan bahwa bahan untuk membuatnya pun relatif mudah untuk didapatkan dan dirasa lebih aman. Selain itu, Sakamoto juga menambahkan bahwa keunggulan lainnya yaitu jika tangki etanol penuh mampu memperpanjang daya jelajah kendaraan menjadi 800 km. Lebih jauh jika dibandingkan degan bahan bakar minyak dengan daya tampung bahan bakar sama, yaitu hanya mencapai 600 km.

Dilansir dari Okezone.com dikatakan bahwa dengan adanya pengembangan teknologi ini maka Nissan akan segera bergabung dengan Toyoa dan Honda dalam program ‘komunitas hidrogen’. Selain untuk mobil, teknologi hidrogen ini juga bisa digunakan sebagai salah satu sumber listrik sehari-hari di rumah tangga. Dengen demikian, Jepang bisa mengurangi import bahan bakar dan meminimalisasi penggunaan nuklir sebagai penghasil energi. Baca juga Produk Honda Berbahan Bakar Hidrogen di Kirim Ke AS dan Hyundai Tengah Siapkan Produksi Mobil Ramah Lingkungan Berbahan Bakar Hidrogen.

Top