Yes! Mitsubishi Bagi-Bagi 12 Juta Rupiah

Korban Skandal Emisi Mitusbishi Mendapat Kompensasi – Skandal emisi besar-besaran yang telah dilakukan oleh Mitsubishi, menuntutnya untuk bergerak cepat dalam menyelesaikan masalahnya tersebut. Selain masalah dengan otoritas terkait, masalah dengan relasi bisnis, tentunya masalah dengan konsumen adalah hal utama yang harus segera diselesaikan. Dari segi bisnis, penempelan Mitsubishi pada pangkuan Nissan nampaknya memang hal yang tepat, namun tak berarti masalah begitu saja bisa selesai.

yes mitsubishi bagi bagi 12 juta rupiah

Hal inilah yang menuntut Mitsubishi untuk siap mengucurkan dananya kepada konsumen yang telah dikecewakannya. Dana ini merupakan dana kompensasi yang diberikan oleh Mitsubishi lantaran kecurangan yang dilakukannya dalam menerbitkan informasi spesifikasi atas emisi yang tak sesuai dengan kenyataan. Kompensasi tersebut kabarnya akan berada di angka 100.000 Yen atau setara 12 jutaan Rupiah sebagaimana dilansir dari Kompas (18/6/2016).

Advertisement

Kompensasi itu dipastikan hanya akan mengenai konsumen pembeli ek Wagon dan Ek Space, Nissan Day dan Dayz Roox yang jumlahnya mencapai 625.000 unit. Angka kompensasi tersebut dirancang dari range kerugian yang telah ditelaah oleh para analis pada angka 46.000-146.000 yen. Artinya, jika Mitsubishi siap mengganti kerugian tersebut, maka Mitsubishi saat ini telah mengantongi uang setidaknya 8 triliun Rupiah untuk dibagi-bagikan secara gratis kepada konsumennya tersebut di atas.

Dilansir pada sumber yang sama, Osamu Masuko, CEO Mitsubishi berharap bahwa pengucuran dana tersebut tak akan mengganggu kerjasama Mitsubishi dan Nissan yang sebagaimana telah diketahui bahwa Nissan telah mencaplok setidaknya 34 persen penguasaan perusahaan asal Jepang tersebut. Hal ini dapat dipahami, lantaran pengucuran dana yang tak sedikit tersebut akan memengaruhi kekayaan perusahaan.

Terutama dalam keadaan seperti sekarang, perusahaan tentunya sangat membutuhkan dana likuid yang sangat besar. Hal ini tentunya akan beralih menusuk Nissan, apabila ke depannya ternyata Mitsubishi tak mampu menyediakan dana liquid yang ditujukan untuk pembayaran kompensasi, bahkan hukuman dari pemerintah setempat. Bahkan jika melihat luasnya kasus ini, bukan tak mungkin apabila pertanggungan denda tersebut menyangkut hukuman negara lain.

Pasalnya, Mitsubishi dikabarkan juga memasarkan model serupa yang terkait dengan skandal tersebut di seluruh dunia. Rasanya hal ini memang benar menjadi kecemasan besar Mitsubishi akan statusnya terhadap Nissan. Baca juga KTB Lakukan Penarikan 124.435 Unit Kendaraannya dan Empat Tersangka Penyebab Mitsubishi Wajib Recall.

Top