Cara Merawat Ban Mobil

Cara Merawat Ban Mobil – Merawat ban mobil memang suatu keharusan bagi pemiliknya karena ban merupakan komponen utama dan sangat berpengaruh dalam berkendara. Walaupun ban mobil memiliki waktu kadaluarsa, hal ini tidak perlu dikhawatirkan apabila Anda mampu merawatnya dengan baik. Nah kali ini Mas Sena ingin berbagi tips merawat ban mobil sehingga ban mobil anda tetap awet dan tentunya aman digunakan saat berkendara. Seperti yang kita tahu ban mobil adalah komponen yang vital dalam mobil karena digunakan sebagai kaki-kaki mobil. Layaknya suatu ban sangat mempengaruhi performa mobil anda saat digunakan untuk melenggang di jalanan. Sehingga diperlukan cara merawat ban mobil secara benar agar ban tetap bisa berfungsi dengan maksimal. Yuk kita lihat cara-caranya yang benar dalam sesi kali ini.

cara merawat ban mobil

Tips Merawat Ban Mobil

Sebelum kita masuk dalam cara merawat ban mobil sebaiknya kita mengetahui dulu nih akibat fatal dari ban yang tidak pernah di cek oleh pemiliknya. Tentunya sebagai komponen utama ban mobil haruslah diberikan perlakuan khusus dalam perawatannya dan tidak boleh dibiarkan begitu saja tanpa di cek up kondisinya. Ban yang kondisinya sudah uzur dan tidak layak akan berakibat fatal kepada mobil anda seperti kecelakaan yang dapat membahayakan jiwa Anda. Ban yang sudah uzur atau tipis bisa berbahaya buat stabilitas mobil anda dan mengakibatkan mobil tidak berjalan selayaknya. Untuk itu diperlukan tips merawat ban mobil yang benar agar awet. Nah berikut ini cara-cara yang tepat dalam merawat ban mobil anda:

Tekanan Udara Ban Mobil

Cara merawat ban mobil yang pertama adalah memperhatikan tekanan udara. Tekanan udara sangat berpengaruh terhadap lama penggunaan ban. Tekanan ban yang terlalu kecil akan membuat ban Anda cepat rusak, sedangkan apabila tekanan ban mobil Anda terlalu keras akan membuat ban mudah robek serta membayakan keselamatan Anda karena jika terkena gesekan panas terlalu sering ban mobil bisa saja meledak. Untuk itu tekanan ban mobil harus sesuai dengan kondisi perjalanan Anda agar tetap nyaman selama perjalanan.

Spooring dan Balancing

Kemudia tips merawat mobil yang kedua adalah perhatikan Spooring dan Balancing. Spooring dan Balancing merupakan cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kestabilan ban mobil Anda. Biasanya ban mobil yang sering digunakan akan cepat berubah posisi menjadi kurang stabil untuk itu setiap pemakain 5000Km Anda disarankan untuk melakukan spooring dan balancing untuk menjaga kestabilan ban mobil Anda selama berkendara.

Berkendara yang Baik dan Benar

Menerapkan perilaku berkendara yang baik dan benar dapat menjaga keawetan ban mobil yang Anda gunakan. Contoh berperilaku berkendara yang baik dan benar seperti tidak mengubah kecepatan secara drastis, tidak melakukan pengereman secara mendadak, dan mengeluarkan barang-barang didalam mobil yang tidak penting agar beban yang ada pada mobil senantiasa terjaga. Perilaku seperti ini terbukti dapat membuat ban mobil lebih awet dari biasanya.

tips merawat ban mobil

Nah Itulah beberapa tips merawat ban mobil yang dapat Anda terapkan terhadap ban mobil anda, sehingga ban mobil Anda semakin nyaman dalam digunakan dan tidak mudah rusak. Cobalah untuk melakukan cara-cara diatas secara rutin sehingga ban mobil anda tetap awet dan terhindar dari kecelakaan fatal yang membuat anda rugi dikemudian hari. Paragraf terakhir ini mengakhiri perjumpaan kita dalam sesi cara merawat ban mobil dengan benar. Baca juga Tips Membeli Mobil Bekas dan Cara Merawat Mobil Diesel.

Top