VW Suntik Mati Puluhan Modelnya

Skandal VW Berbuntut Puluhan Model dan Merek Dimatikan – Skandal VW yang terbongkar nampaknya membuktikan bahwa pepatah ‘speandai-pandainya tupai melompat akhirnya jatuh juga’ merupakan suatu kenyataan. Pasalnya, untuk industri sebesar VW yang bahkan telah mampu menutupi skandalnya bertahun-tahu atas dieselgate-nya ternyata masih mampu terbongkar dan menyulitkan posisinya sendiri. Pasalnya, dengan keberadaan skandal tersebut konsumen pasti akan berpikir ulang dua kali yang akhirnya berbuntut pada keuangan VW yang tak apik.

vw suntik mati puluhan modelnya

Hal tersebut akhirnya memaksa VW menjajaki strategi baru. Salah satunya menyuntik mati beberapa modelnya yang kurang laku. Informasi ini didapati melalui salah saeroang narasumber surat kabar Jerman sebagaimana dilansir dari Kompas (20/6/2016). Bahkan, jumlah model yang bakal dimatikan tak main-main yakni hingga 40 model.

Advertisement

Kendati demikian, hingga saat ini belum ada kepastian model mana yang akan dimatikan. Pasalnya, sejauh ini VW merupakan perusahaan besar yang mengantongi hingga 12 merek premium global. Jika ditotal, saat ini ada 340 model yang diproduksi di bawah naungan VW dengan berbagai merek miliknya tersebut. Sebut saja saat ini terdapat merek Audi, Bentley, Bugatti, Lamborghini, Porsche, SEAT, Škoda, Ducati, MAN, Scania, Neoplan, dan Volkswagen Commercial Vehicles yang menjadi pasarannya.

Walaupun hal ini disinyalir merupakan dampak atas skandal yang dilakukannya, ternyata VW memang emmilii strategi dibalik itu pula. Pasalnya, tahun lalu VW sudah membocorkan rahasianya yang akan menjadi produsen mobil yang paling ramah lingkungan pada tahun 2025. Hal ini diwujudkan melalui cita-citanya membuat mobil listrik serta tak ketinggalan mobil futuristik otonomos.

Tentu, kedua informasi tersebut memang mengarahkan pada simpulan yang jelas bahwa VW akan memfokuskan anggarannya kepada impian tersebut, ketimbang harus merawat model-model tak laris dalam kondisi keuangan sulit seperti ini. Tentu, hal ini semakin menarik mengingat adanya kabar VW juga akan memangkas beberapa merek miliknya.

Pasalnya, Setelah Volkswagen AG menunjuk Chief Executive Officer Matthias Mueller sebagai panglima pemeriksaan seluruh lini bisnis perusahaan, Ducati dan MAN adalah merek yang disebut-sebut akan disingkirkan dari hadapan VW. Jika melihat posisi keuangan VW, masih lebih mungkin merek-merek tersebut dijual untuk mendapatkan keuntungan ekonomis ketimbang dimatikan sama sekali. Baca juga VW Luncurkan Mobil Listrik Pesaing BMW i3 dan SUV VW Tiguan New Version Segera Masuk Jalur Produksi.

Top