Tanggapan Datsun Atas Calya-Sigra

Datsun Galau Hadapi Calya-Sigra – Duet Toyota dan Daihatsu dalam segmen LCGC tentu akan menghadirkan pemikiran tersendiri bagi pemain lain dunia otomotif di Indonesia. Pasalnya, jika ditinjau dari segi merek, siapa yang tak akan mengakui bahwa baik Toyota dan Daihatsu punya rasa tersendiri di hati konsumen. Itu artinya, secara start kedua merek tersebut sudah lebih unggul ketimbang merek anyar yang belakangan datang. Hal tersebut nampaknya akan semakin parah lantaran varain LCGC yang akan mereka buat.

Datsun Galau Hadapi Calya-Sigra

Salahs atu pemain yang bisa dibilang lebih baru ketimbang Daihatsu dan Toyota adalah Datsun. Selama ini Datsun lebih condong bermain di kelas seputar LCGC yang tentunya akan mendapatkan goyangan kuat dari Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Hal ini tentunya membuat was-was Datsun sebagaimana diungkapkan Indriani Hadiwidjaja, Head of Datsun Indonesia melalui Kompas (20/6/2016).

Advertisement

Menurutnya pula, kehadiran Toyota Calya dan Daihatsu Sigra yang berada di kelas LCGC 7-seater bukan hanya akan menggoyang posisi pasar LCGC. Hal ini lantaran segmen 7-seater selama ini dimainkan melalui kelas MPV baik kelas MPV maupun low-MPV. Tentunya, jika kedua model tersebut nantinya masuk ke pasaran dapat dipastikan kemeriahan goyangan MPV atas LCGC tersebut.

Baca juga review Mas Sena mengenai Toyota Calya

Namun menurut Indri, hal tersebut akan mengakibatkan mucnulnya sisi posistif dari lahan LCGC sendiri. Hal tersebut terjadi lantaran pasar LCGC akan naik seiring waktu dibandingkan kelas mobil lainnya yang tentunya berpotensi meningkatkan peluang Datsun lebih baik di masyarakat ketimbang kelas-kelas lainnya. Tentu, potensi tersebut tak akan terjadi paabila kebutuhan akan mobil baru terus bertambah setiap tahunnya.

Walaupun pada tahun 2015 lalu Datsun bisa dibilang untung besar lantaran mampu menjual 150 ribuan unit, namun nampaknya tahun ini Datsun sedikit mengerem diri untuk menembak target besar. Pasalnya, memang kehadiran Calya dan Sigra perlu diwaspadai secara signifikan karena disinyalir punya potensi kuat menggoyang pasaran Datsun. Namun, Indri memastikan bahwa Datsun tetap akan melampaui angka penjualan tahun lalu di tahun ini.

Jika Datsun yang menawarkan mobil murah saja sampai was-was, bukan tak mungkin pemain LCGC lainnya akan keok duluan mendengar nama Calya-Sigra. Baca juga Calya Belum Jadi Ancaman Serius Suzuki dan Toyota Siapkan Mobil Murah dengan Nama Toyota Calya.

Top