Sepeda Motor Racikan Anak Bangsa, Sanggup Bersaing di Eropa

Peluang Terbuka Lebar Bagi Motor Racikan Indonesia Bersaing di Eropa – Saat ini, animo masyarakat terhadap tren penggunaan sepeda motor berkapasitas mesin kecil, sedang cukup populer di Eropa. Hal ini, tentu saja tak akan dilewatkan oleh produsen – produsen sepeda motor yang melakukan proses produksinya di Indonesia. Pasalnya, Indonesia sendiri telah enjadi negara yang dipercaya untuk melakukan perakitan atas produk dari produsen-produsen ternama seperti yange barsal dari Jepang. Namun, jika melihat situasi dan kondisinya, apakah mampu sepeda motor buatan Indonesia berlaga di pasar Eropa?

peluang terbuka lebar bagi motor racikan indonesia bersaing di eropa

Dalam kesempatannya, seperti yang dirangkum melalui KompasOtmotif, Senin (20/06/2016) selaku Ketua Umum Asosiasi Industri Sepadamotor Indonesia (AISI), Gunadi Sindhuwinata menyatakan bahwa dalam hal ini, pihaknya tidak merasa gentar. Artinya, cukup optimis untuk bersaing di pasar luar negeri seperti Eropa. Bahkan menurutnya para pesaing dari produsen sepeda motor lokal di sana, tidak perlu dikhawatirkan.

“Ini merupakan peluang besar untuk ekspor sepeda motor, jadi jangan dilewatkan. Terkait dengan persaingan terhadap produk lokal di sana, seperti Italia dan Spanyol, tidak perlu khawatir, kita memiliki kekuatan juga untuk berkompetisi,” Ujanrnya.

Gunadi lalu melanjutkan, bahwa produsen-produsen sepeda motor yang ada di Italia dan Spanyol misalnya, kebanyakan memproduksi sepeda motornya dengan mesin berkapasitas besar. Lalu, menurutnya saat mereka ingin memasuki ke segmen sepeda motor bermesin kecil, kemungkinan teknologinya tidak seperti yang dimiliki oleh kendaraan produksi Jepang yang dirakit di Indonesia. Meskipun membawa mesin yang terbilang sederhana dan kompak, namun tetap akan bisa memenuhi standar kualitas yang tinggi di Eropa.

separator

Untuk itulah, mengapa peluang besar ini harus dimanfaatkan oleh produsen-produsen sepeda motor bermesin kecil yang melakukan proses rakitannya di Tanah Air. Karena jika melihat potensi pasar, segmen ini sangat pas untuk produk-produk garapan Tanah Air.

“Lebih dari urusan mesin, mereka itu volume produksinya tidak sebesar kita. Oleh karena itu, harga yang kita tawarkan juga bisa sangat kompetitif. Jadi, kita ini memiliki peluang yang sangat besar untuk melakukan itu, ini intinya,” lanjut Gunadi.

Lalu, apakah Indonesia benar-benar memanfaatkan peluang ini? Baca juga NMax Laris Hingga Manca Negara dan Di Malaysia, Supra GTR 150 Dijual dengan Nama RS150R

Top