Honda Supra GTR 150 Cuma 36km/liter?

Honda Supra GTR150 Jalani Pengetesan Pengguna – Bisa dibilang merek Honda merupakan merek yang sangat berpengaruh di masyarakat. Paslanya, selin perspektif keawetannya yang tak tertandingi, perspektif iritnyapun bukan menjadi suatu hal yang patut untuk diperdebatkan. Hal tersebut sebenarnya berlaku untuk varian bebeknya yang sebelumnya memang telah lama merajai pasar motor di Indonesia.

honda supra gtr 150 cuma 36kmliter

Terakhir, bebek terkenal dari Honda selalu dibesut dengan branding Supra. Bahkan saking larisnya, varian ini mendapatkan kehormatan untuk dibuat dalam berbagai varian, baik model hingga sepsifikasi mesin. Baru-baru ini, Supra telah mendapatkan kehormatan kembali untuk naik kelas ke mesin 150 cc yang lebih kuat. Bahkan varian Supra kali ini diusung sebagi motor on-road penjelajah jalanan yang artinya punya kekuatan tangguh.

Tentunya dengan spesifikasinya yang sekarang, logikanya varian Supra kali ini tak akan lebih irit daripada varian Supra lainnya. Hal ini menjadi menarik untuk diuji coba lantaran melalui web afiliasinya hingga saat ini belum ada klaim keiritan varian yang satu ini. Pengujian yang dilansir dari Kompas ini (20/6/2016) dilakukan dengan mekanisme penjajalan jalanan tanpa melibatkan laboratorium pengujian.

Alat ukur yang digunakan mengandalkan tachometer digitalnya. Metode pengujiannya terbilang sederhana. Pasalnya, Supra GTR 150 hanya tinggal diisi dengan bahan bakar hingga tangki full. Selanjutnya angka di tachometer di catat sebagai angka start. Setelah itu Supra GTR 150 dikemudikan dijalanan seperti biasa. Berdasarkan informasi penguji, angka start berada pada angka 827 km. Setelah dijalankan, angka di tachometer berubah ke angka 881 km. Artinya Supra GTR 150 sudah menjajaki jalanan sepanjang 54 km.

separator

Setelah perjalanan tersebut, Supra GTR 150 diisi kembali dengan bensin hingga tangki penuh kembali. Ternyata, dari hasil mesin SPBU didapati angka 1,483 liter telah dikucurkannya untuk memenuhi tangki Supra GTR 150 tadi. Atu artinya, untuk menempuh jarak 54 km hanya diperlukan 1,483 liter BBM. Angka jarak per liter tersebut dibagi yang menghasilkan formula 36,41 km/liter.

Jika melihat porsinya, nampaknya Supra GTR150 terbilang lebih boros ketimbang Supra generasi lawasnya. Pasalnya, jika sedikit mengingat ke belakang, varian Supra tertentu pernah diklaim mampu menjajaki aspal 60km/liter. Namun bagi Mas Sena, hasil pengujian tersebut tak dapat dijadikan pegangan lantaran banyak variabel yang memungkinkan memengaruhinya. Baca juga Di Malaysia, Supra GTR 150 Dijual dengan Nama RS150R dan Sehari Setelah Peluncuran, Supra GTR 150 Langsung Tempuh Rute Spesial ke Bandung.

Top