Sematkan Panel Surya di Atap, Prius Hybrid Diklaim Lebih Hemat BBM

Toyota Prius Hybrid Diklaim Bisa Hemat Bensin Sampai 10% – Kabar terbaru hadir dari Toyota. Kini, generasi baru dari mobil hybrid Toyota Prius diklaim bakal lebih hemat bahan bakar. Pasalnya, kendaraan terbaru ini telah disemati dengan fitur baru. Toyota Motor melengkapinya dengan panel surya yang akan diletakkan pada bagian atap mobil. Fitur inilah yang akan membuat konsumsi BMM bisa lebih ditekan.

toyota prius hybrid diklaim bisa hemat bensin sampai 10 %

Untuk konsep kerja dari panel surya pada Toyota Prius hybrid ini adalah menyerap panas matahari pada saat mobil sedang diparkir. Energi matahari tersebut kemudian akan dikonversikan menjadi energi listrik, sehingg penggunaan bahan bakar pada mobil menjadi lebih hemat sampai 10 persen.

Bukan itu saja, aliran listrik yang dihasilkan oleh panel surya juga akan bisa dipakai untuk menghidupkan lampu, power window, bahkan juga bisa digunakan untuk mengoperasikan pendingin kabin atau AC.

Jadi, selain akan menghemat konsumsi bahan bakar, aliran listrik yang dihasilkan oleh panel surya juga akan membantu mengotimalkan fitur lainnya pada kendaraan.

Dalam kesempatannya, Chief Engineer Toyota, Koki Toyoshima seperti yang dirangkum melalui Okezone dari Carscoop, Senin (20/06/2016) mengungkapkan bahwa untuk permulaan, Toyota Hybrid dengan panel surya akan menyasar pangsa pasar di negara Jepang dan negera-negara di Eropa, baru kemudian akan disusul pemasaran untuk Amerika Serikat.

“Kami ingin memperkenalkan ini, setidaknya dalam line-up model saat ini. Teknologi ini mungkin akan sangat bermanfaat dan bisa terisi penuh di tempat-tempat seperti California atau Arizona, Ujarnya.

Untuk pemasarannya di Amerika Serikat memang terhitung lebih lama dibandingkan dengan Jepang dan Eropa. Hal ini mengingat untuk Toyota Prius berpanel surya ini tidak lulus dalam uji tabrak. Pelapisan yang dikatakan kurang kuat antara atap kaca dan panel surya akan bisa berdampak parah ketika mobil mengelami kecelakaan dan mendapat benturan keras.

Sejauh ini, memang masih belum diungkap secara jelas seperti apa komponen-komponen atau spesifikasi yang dibawanya. Bahkan baru sebatas fitur panel surya itu saja yang telah dibocorkan. So, nantikan saja teaser-teaser yang kemungkinan akan bermunculan beberapa waktu ke depan. Baca juga Small Sedan Toyota Corolla Terbaru Menyapa Rusia Pekan Lalu dan SUV Terbaru Volvo XC60 Terlihat Tengah Jalani Uji Coba

Top