Apa Fungsi Kotak Hitam yang Disematkan pada Tesla?

Diam-diam Tesla Sematkan Kotak Hitam Pesawat, Untuk Apa? – Jika Anda merupakan seseorang yang sering bepergian menggunakan pesawat, tentu saja sudah tak asing lagi dengan perangkat kotak hitam yang memiliki fungsi untuk membaca rekaman percakapan pilot sebelum terjadi kecelakaan. Kemajuan teknologi yang semakin canggih ini tentu sangat mendukung untuk segi keamanan penerbangan. Sehingga penyebab kecelakaan pada pesawat akan mudah diketahui. Rupanya, Tesla secara diam-diam menyematkan perangkat sejenis. Apakah fungsinya sama?

diam diam tesla sematkan kotak hitam pesawat untuk apa

Berdasarkan informasi Inautonews, yang dilansir melalui Okezone, Selasa (21/06/2016) tertulis bahwa perangkat yang mirip kotak hitam tersebut akan terintegrasi dengan sistem navigasi dan autopilot pada layar di bagian tengah dasbor. Perangkat ini, memungkinkan Tesla untuk mengetahui segala kondisi yang terjadi selama perjalanan, baik meliputi cara berkendara pengemudi hingga perintah untuk penggunaan setiap tombol yang digunakan oleh pengemudi.

Sebelumnya, Tesla pernah juga dituntut oleh konsumen karena kendaraan yang tengah melaju dalam status mode autopilot tiba-tiba meningkatkan kecepatannya secara otomatis. Akibat dari kejadian tersebut, mobil mengalami kecelakaan dengan menabrak gedung.

Advertisement

Pengaduan yang dilakukan oleh konsumen itu, rupanya bisa disanggah dengan sangat santai oleh pihak Tesla dengan sejumlah data yang diberikan pemilik mobil listriknya. Tesla memperlihatkan data yang rupanya terekam pada saat pengendara mengemudikan mobil tersebut. Secara jelas, data yang dimiliki Tesla memperlihatkan peningkatan kecepatan justru dilakukan oleh pemilik kendaraan.

Kejadian tersebut akhirnya menguak perangkat rahasia yang disematkan Tesla pada mobilnya itu. Teknologi yang tidak diketahui secara pasti namanya itu sengaja diciptakan untuk mengumpulkan data analisis ketika mobil terjadi kecelakaan. Nah, dari data tersebutlah akhirnya diketahui penyebab kecelakaan yang terjadi serta perangkat keamanan apa saja yang tidak dapat difungsikan pada kendaraan saat kecelakaan terjadi.

Itu artinya, fungsi dari kotak hitam pada Tesla, sebetulnya memiliki mekanisme yang sama seperti kotak hitam pada pesawat. Gunanya untuk mengidentifikasi kejadian-kejadian yang terjadi sebelum kecelakaan terjadi. Dengan begitu, selain mempermudah penyelidik jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan besar, perusahaan juga akan tehindar dari tuduhan atau kelihan-keluhan palsu seperti yang terjadi sebelumnya. Baca juga Toyota Prius Hybrid Diklaim Bisa Hemat Bensin Sampai 10% dan Sosok Sedan Penantang Tesla Motors Muncul

Top