Jeep Cherokee Melaju Sendiri Sebabkan Kematian

Fiat Sudah Recall Jeep Cherokee Penyebab Kematian – Entah bagaimana, industri otomotif global berkali-kali dihebohkan dengan berita recall. Pasalnya, recall yang terjadi malah bukan hanya masalah sepele. Bisa dikatakan, recall besar-besaran memang menyangkut hal-hal prinsipal dari otomotif yang mampu memengaruhi nyawa pengemudi dan penumpangnya sekaligus.

jeep cherokee melaju sendiri sebabkan kematian

Jika Honda disibukkan dengan masalah airbag yang meledak, kali ini Fiat disibukkan masalah tuas transmisi yang bisa dikatakan liar. Pasalnya, sekalipun tuas transmisi sudah berada dalam posisi netral dan mobil dalam keadaan berhenti, entah bagaimana Jeep Cherokee masih dapat melaju dengan sendirinya. Hal ini telah mengakibatkan 212 kasus kecelakaan yang menimbulkan korban luka sebanyak 41 orang, dan 308 laporan kerusakan.

Advertisement

Tentunya laporan tersebut tak ditanggapi sepele oleh Fiat yang kemudian langsung mengumumpkan recall terhadap variannya tersebut. Sayangnya, recall nampaknya tak kemudian langsung menyelesaikan masalah. Mekanisme recall yang pada prinsipnya menarik peredaran mobil yang sudah ada di masyarakat. Namun, karena sudah terlanjur beredar maka bisa dikatakan bahaya yang mengancam atas kegagalan produk tersebut juga sudah terlanjur diedarkan. Bisa jadi, bahaya tersebut belum sempat tertarik dalam proses recall.

Kasus Jeep Cherokee kali ini menimpa aktris Star Trek, Anton Yelchin. Pasalnya, mobil tersebut menghimpit badan Anton yang mengakibatkan dirinya mengalami afiksia. Afiksia sendiri merupakan keadaan di mana penderita kekurangan oksigen. dalam kasus ini Anton disinyalir mengalami kekurangan oksigen akibat himpitan Jeep tersebut.

Juru Bicara Fiat Chrysler Eric Mayne mengungkapkan melalui Okezone (21/6/2016), pihaknya akan berkerja sama dan melakukan penyelidikan atas tewasnya pria asal Rusia kelahiran 11 Maret 1989 itu. Menurutnya, karena hasil investigasi belum selesai, maka masih terlalu dini untuk memutuskan penyebab kematian Anton apakah benar karena Jeep ataupun sebab lain.

Untuk itu tim investigasi juga akan melakukan penyelidikan apakah Anton sebelumnya mengonsumsi obat-obatan tertentu atau tidak. Rencananya, investigasi akan dilakukan hingga enam pekan ke depan. Meskipun proses investigasi belum dilaksanakan sehingga belum dapat disimpulkan, namun yang jelas Jeep tersebut secara nyata memang berjalan sendiri tanpa pengemudi. Artinya, walaupun tak menjadi penyebab kematian, namun kegagalan fungsi tetap diperkirakan bakal terbukti. Baca juga Alami Masalah Transmisi, 1,1 Juta Mobil Ditarik Fiat Automobiles dan Fiat Diselidiki Karna Masalah Emisi.

Top