Skuter Listrik Daimler Muncul Lagi

Hilang Ditelan Angin, Daimler Muncul Tanpa Pemberitahuan – Berbicara tentang varian motor listrik bisa dibilang tak ada habisnya. Pasalnya, teknologi ini sebenarnya sudah lama diumbar ke depan publik dalam dasawarsa ini. Hanya saja memang, segala sesuatu untuk membuatnya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bahkan, dibeberapa bagian membutuhkan investasi yang lebih besar ketimbang varian motor konvensional. Hal tersebut tentunya butuh keseriusan tingkat dewa untuk mampu mewujudkan varian ini ke publik.

skuter listrik daimler muncul lagi

Setelah terakhir kabar dari Daimler terhadap skuter listrik buatannya dihembuskan dari tahun 2010, nyatanya hingga saat ini bentuk jadinya juga belum terlihat. Entah apa masalah Daimler hingga vakum selama 6 tahun, yang jelas informasi mengenai model motor listriknya kembali mencuat akhir-akhir ini sebagaimana dirangkum dari Kompas (22/6/2016).

Kabar ini sekaligus memberikan secercah harapan dari Daimler setelah PHP yang dilakukannya pada 2012 lalu. Pasalnya, 4 tahun sebelumnya Daimler sempat menjanjikan motor listriknya masuk pabrik dan akan dijual pada tahun 2014 yang lalu. Namun buktinya, hingga saat ini motor ini juga tak tampak batang hidungnya.

Namun, kabar kali ini nampaknya benar-benar serius. Pasalnya, European Union Intellectual Property Office, lembaga pendaftaran hak kekayaan intelektual Eropa mengumumkan sebuah konsep motor bernama eScooter Smart. Jika melihat sosoknya, memang sosok ini mirip-mirip dengan apa yang diusung Daimler beberapa tahun silam. Alhasil, spekulasi kebangkitan Daimler memang menjadi sangat kuat.

Walaupun terbilang mirip, nyatanya eScooter ini memiliki beberapa perbedaan dengan konsep Daimler terdahulu. Sebut saja, keberadaan garpu teleskopik, yang sebelumnya dikatakan akan mengusung model konsep yang pakai suspensi tunggal menjadi perbedaan mencolok dari sisi depan. Begitu juga di belakang, lengan ayun tampak bermodel ganda, dibalut motor elektrik dengan logo Smart untuk menampakkan identitasnya.

Menariknya, jika berdasarkan konsep terdapat display yang terpasang secara built-in, kali ini konsep desain malah menyajikan tempat meletakkan telepon pintar. Itu artinya, pengemudi diwajibkan menggunakan telepon pintar untuk menggantikan posisi konsep display sebelumnya yang mmapu melihat informasi seputar kondis eScooter tersebut. Walaupun demikian, eScooter tetap menyematkan layar digital yang dipakai untuk menunjukkan sisa baterai dan kecepatan.

Sayangnya, mengkonfirmasi hal tersebut, Smart Global PR Chief Willem Spelten malah menyatakan masih akan mencari mitra yang cocok. Artinya, konsep ini masih saja belum dapat dipastikan tanggal lahirnya saat ini. Baca juga Mission Motorcycle Buat Moge Listrik dan Gesits, Motor Listrik Hasil Kalaborasi Garasindo dengan ITS.

Top