Yamaha Indonesia Recall Masal

Yamaha Seriusi Recall Perbaikan YZF-R25 dan MT25 – Jangan dikira jika urusan recall hanya terjadi pada industri otomotif luar negeri. Pasalnya, semenjak produksi masal menjadi basis utama dunia industri, banyak cacat produksi yang tak begitu kentara hingga protes konsumen meraja lela. Walaupun sebenarnya kontrol kualitas merupakan hal yang wajib dalam bagian industri,  namun nampaknya untuk masalah recall malah lebih ke arah spesifikasi teknis yang berbeda antara prototype dan hasil jadinya.

yamaha indonesia recall masal

Kali ini, industri otomotif tanah air perlu sedikit bersedih karena menjadi korban recall yang selanjutnya. Recall kali ini menimpa Yamaha dengan seri YZF-R25 dan MT25. Varian motor mahal ini entah mengapa malah menjadi pesakitan dari kejadian ini. Muhammad Abidin, GM After Sales & Motorsport YIMM mengatakan, saat ini urusan recall sudah masuk ke dalam tahap finalisasi draft terkait dengan penarikan kembali (recall) terhadap kedua produk tersebut.

Rencananya recall yang dilakukan hanya sekedar recall untuk perbaikan. Perbaikan tersebut rencananya akan dilakukan melalui R Shop. Artinya, jika draft recall tersebut sudah disepakati maka para pemilik kedua varian tersebut tinggal hadir saja ke R Shop untuk meminta perbaikan sebagaimana yang dicatatkan dalam draft dimaksud, sebagaimana dirangkum dari Kompas (22/6/2016).

Mneuru sumber yang sama, ada dua komponen yang akan menjadi fokus pergantian. Pertama, pompa oli atau lebih spesifikanya pada bagian gearnya yang kurang presisi yang mengakibatkan tidak sempurnanya diklus oli dalam mesin YZF-R25 dan MT25 tersebut. Sedangkan untuk komponen kedua adalah bearing pada kopling. Pasalnya, bearing tersebut dinyatakan terlalu kecil sehingga tak kuat menahan tenaga mesin tersebut.

separator

Abidin menjamin bahwa nanti pada 12 Juli 2016, seluruh komponen penggantinya tersebut akan tersedia di seluruh pulau Jawa. Untuk ketersediaan di wilayah lainnya akan emnyesuaikan lantaran banyak daerah yang lokasinya berjauhan. Hal ini tentunya menjadi indikasi bahwa penerima recall di luar Jawa perlu lebih bersabar lagi menghadapi kendala pada kuda besinya.

Abidin menginformasikan, setidaknya ada 20 ribu unit total kedua produk tersebut yang akan menempuh jalur recall tersebut. Sebagai update informasi resminya, pelanggan dapat melakukan pemantauan via website resmi Yamaha. Baca juga Mitsubishi Indonesia Recall Massal dan Empat Tersangka Penyebab Mitsubishi Wajib Recall.

Top